Soloensis

Ada Rencana Mau Membeli HP Bekas? Berikut Tipsnya Agar Tidak Tertipu

Selain membeli ponsel baru, membeli ponsel bekas juga populer akhir-akhir ini karena berbagai alasan. Selain harganya yang lebih murah, ponsel bekas biasanya juga memiliki kualitas yang hampir tidak berbeda dengan ponsel baru. Kali ini saya akan mengulas beberapa tips agar Anda dapat membeli ponsel bekas berkualitas tinggi dan tidak menjadi korban penipuan.

Kondisi Fisik HP

Ya, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah fisik. Pastikan layar tidak tergores dan penutup belakang tidak mudah terlepas. Pastikan juga bahwa baterainya masih tertutup rapat dan tidak ada cacat fisik seperti retak, dll. Perhatikan juga lubang koneksi di sekitar ponsel dan pastikan pelatnya tidak berubah warna. Karena perubahan warna piring biasanya disebabkan oleh terlalu banyak air.

Karena hampir semua ponsel sekarang memiliki kamera, pastikan lensa tidak menunjukkan goresan karena ini akan mempengaruhi kualitas foto. Terakhir, pastikan tidak ada celah atau tanda lain di semua bagian ponsel cerdas yang biasanya disebabkan oleh jatuhnya ponsel.

Spesifikasi HP

Beli ponsel bekas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ya, jika Anda ingin menonton video dan menjelajahi internet, beli smartphone dengan layar besar. Namun, jika Anda suka mengambil gambar, beli smartphone dengan kualitas kamera yang bagus. Kunjungi situs web resmi terlebih dahulu untuk mengetahui spesifikasi dan manfaat ponsel sebelum Anda membelinya.

Bahkan jika smartphone yang ingin Anda beli terlihat baru, Anda harus memastikan bahwa semua fungsi berfungsi dengan baik. Pastikan layar sentuh berfungsi dengan benar dan tidak ada penundaan saat menggunakannya, karena masalah penundaan dapat mengindikasikan kerusakan pada bagian internal smartphone.

HP Bukan Hasil Curian

Selanjutnya, sangat penting untuk memastikan bahwa smartphone yang ingin Anda beli bukan hasil curian. Alasannya adalah Anda dapat dihubungi oleh polisi jika ponsel bekas tersebut dilaporkan oleh pemiliknya karena sangat mudah bagi pihak berwenang untuk menemukannya. Selain itu, pemilik sebelumnya mungkin telah memblokir smartphone setelah pembelian sehingga Anda tidak dapat menggunakannya sama sekali.

Bagaimana Anda mengetahui smartphone yang dicuri atau tidak? Tanyakan nomor IMEI, ESN, atau MEID penjual. Setelah itu, Anda dapat terlebih dahulu memeriksa angka-angka di beberapa situs web yang menyediakan layanan verifikasi untuk angka-angka itu. Anda dapat dengan mudah menemukan situs dengan mencari kata kunci “IMEI check” atau “ESN check”. Anda juga dapat memeriksa informasi lengkap smartphone di situs web CheckMEND dengan membayar $2,99.

Sistem Operasi HP

Di dunia sekarang ini, memilih sistem operasi smartphone terkadang menjadi dilema. Selain Android dan iOS, kehadiran Windows Phone dan sistem operasi BlackBerry juga membuat calon pembeli pusing. Jika Anda mencari ponsel bekas yang mudah digunakan dan memiliki penampilan cantik, pilih iPhone. Namun, jika Anda menginginkan ponsel cerdas yang dapat diatur sesuka hati, pilih ponsel cerdas Android.

Garansi HP

Meskipun sangat jarang bagi penjual ponsel bekas untuk memberikan jaminan pada ponsel mereka, tidak ada salahnya bagi Anda untuk menanyakan pertanyaan ini. Meskipun tidak ada jaminan hingga satu tahun, mintalah jaminan setidaknya satu bulan untuk memastikan bahwa smartphone masih sesuai untuk digunakan dan tidak memiliki masalah yang berarti.

Itulah beberapa tips penting menarik yang bisa Anda lakukan jika Anda ingin membeli ponsel bekas.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Cep Setiawan

    Mencoba berbagi informasi, syukur ada manfaatnya untuk diri sendiri dan pembaca Soloensis. Jika tidak bermanfaat, silakan di skip saja tulisannya!

    View all posts

    Add comment