Soloensis

Minum Kopi Efektif Hempaskan Lemak Tubuh Pada Wanita

 Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak digemari masyarakat di seluruh penjuru dunia. Kopi bisa dinikmati panas atau dingin, dengan gula atau tanpa gula atau dengan varian rasa yang lain. Kopi juga multi benefit.

Baru baru ini menurut hasil riset yang dilakukan oleh para peneliti dari Anglia Ruskin university di Inggris menunjukkan bahwa perempuan minum kopi dua hingga tiga cangkir perhari kemungkinan memiliki lebih sedikit lemak dalam tubuh,seperti dilansir dari world of Buzz,sabtu,16 mei 2020.

Para peneliti merujuk data yang dikumpulkan dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) di Amerika Serikat. NHANES adalah studi jangka panjang yang dilakukan oleh Centre for Disease Control (CDC) dan selama studi itu, mereka telah mensurvei lebih dari 190 ribu orang Amerika sejak tahun 1960-an.

Seluruh peserta studi memiliki rentang usia antara 20-69 tahun. Mereka dikelompokan ke dalam beberapa kategori berdasarkan berapa banyak kopi yang mereka minum dalam sehari.

Kategori-kategori tersebut adalah tidak minum kopi, minum 0 hingga 0,25 gelas per hari, 0,25 hingga satu cangkir per hari, satu cangkir per hari, dua hingga tiga cangkir per hari dan lebih dari empat cangkir per hari.

Selain melihat asupan kopi, para peneliti melihat jumlah lemak perut mereka dan obesitas. Mereka membuat korelasi antara kedua hal tersebut dan mempublikasikan hasilnya di The Journal of Nutrition.

Temuan mereka mengungkapkan bahwa perempuan yang minum lebih banyak kopi cenderung memiliki lebih sedikit lemak tubuh dan perut dan hubungan ini tergantung dosis.

Temuan menunjukkan bahwa perempuan yang minum dua hingga tiga cangkir kopi per hari memiliki tingkat lemak tubuh rata-rata keseluruhan 2,8 persen lebih rendah daripada kelompok lain yang mengonsumsi lebih sedikit.

Selain itu, perempuan yang berusia antara 20-44 tahun yang minum kopi dua hingga tiga cangkir per hari memiliki tingkat obesitas terendah (3,4 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak minum kopi). Selain itu, perempuan berusia antara 45 dan 69 yang minum lebih dari empat cangkir kopi per hari memiliki tingkat obesitas 4,1 persen lebih rendah

Bagaimana dampaknya pada Pria? Sebaliknya, kopi tampaknya tidak terlalu berdampak pada pria. Namun, pria berusia 20-44 tahun yang minum dua hingga tiga cangkir kopi per hari memiliki lemak total 1,3 persen lebih sedikit dan lemak perut 1,8 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa mungkin ada senyawa bioaktif dalam kopi selain kafein yang mengatur berat badan dan yang berpotensi digunakan sebagai senyawa antiobesitas,” pungkas Lee Smith, penulis senior penelitian tersebut.

Ia menambahkan bahwa sangat penting untuk menafsirkan temuan penelitian ini mengingat keterbatasannya karena penelitian ini pada titik waktu tertentu.

Selain itu, kopi juga telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan lainnya seperti dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, kanker tertentu, penyakit alzheimer, depresi.

Ngomong-ngomong apakah kalian sudah pernah mampir ke Kedai Kopi milik Merry Riana? Wanita cantik yg memiliki julukan wanita sejuta dolar ini pun ikut meramaikan bisnis kopi dengan Brand Kopi M by Merry Riana. Berbeda dengan kedai kopi pada umumnya,kedai kopi milik Merry Riana ini mengusung konsep revolusioner. Dimana revolusi hidup itu dimulai dari segelas kopi. Merry Riana ingin memotivasi lewat bidang F&B bahwa kita sebagai seseorang yang sedang berjuang. Apapun yang sedang kita perjuangkan baik Pendidikan,karir,asmara dan lain-lain. Merry Riana ingin mengingatkan bahwa kamu tidak berjuang sendirian namun ada kopi M yang akan selalu menemani sehingga Kopi M pun memiliki tagline #BERJUANGBERSAMAMU.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Rudi Harto

    - Passionate Runner
    - Training Specialist

    View all posts

    Add comment