Soloensis

3 Benefit Minum Kopi Di Pagi Hari

Bagi para pecinta kopi, minum kopi di pagi hari memiliki dua sisi. Di satu sisi memberikan banyak manfaat, tapi di sisi lain juga berisiko mengkatalis berbagai keluhan.

Pada akhirnya,semuanya tergantung pada takaran. Umumnya, kopi akan memberikan efek samping jika dikonsumsi terlalu sering dan berlebihan. Ini berlaku pada pecinta kopi sekalipun.

Takaran yang dimaksud bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung sensitivitas masing-masing. Ada yang secangkir saja sudah membuat jantung berdebar-debar, tetapi ada juga yang sampai 3 cangkir masih biasa saja.

Nah, berikut ini beberapa manfaat kopi apabila diminum setiap hari, seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Menurunkan risiko penyakit kronis

Dikutip dari The Healthy, minum tiga sampai lima gelas kopi setiap hari bisa menurunkan risiko penyakit kanker, diabetes tipe 2, penyakit parkinson (kerusakan atau kematian sel saraf di bagian otak), demensia (penurunan daya ingat), dan penyakit hati. Beberapa ahli mengatakan minum kopi sebagai resep panjang umur alami. Namun, perlu diingat jenis kopi yang sehat adalah kopi hitam tanpa krim, susu, dan gula.

2. Memperbaiki suasana hati

Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan konsentrasi, kewaspadaaan, memperbaiki daya ingat, serta meningkatkan suasana hati. Sebuah studi di Harvard’s School of Public Health pada 2013, melaporkan efek kafein dapat meningkatkan suasana hati sehingga menurunkan risiko depresi dan bunuh diri

.3. Meningkatkan performa olahraga 

Kafein alami dalam kopi bisa meningkatkan kinerja fisik, terutama saat olahraga jenis aerobik atau ketahanan. Jumlah kafein yang disarankan untuk meningkatkan performa olahraga adalah 2-6 miligram kafein per kilogram berat badan.

Ngomong-ngomong apakah kalian sudah pernah mampir ke Kedai Kopi milik Merry Riana? Wanita cantik yg memiliki julukan wanita sejuta dollar ini pun ikut meramaikan bisnis kopi dengan Brand Kopi M by Merry Riana. Berbeda dengan kedai kopI pada umumnya,kedai kopi milik Merry Riana ini mengusung konsep revolusioner. Dimana revolusi hidup itu dimulai dari segelas kopi. Merry Riana ingin memotivasi lewat bidang F&B bahwa kita sebagai seseorang yang sedang berjuang. Apapun yang sedang kita perjuangkan baik Pendidikan,karir,asmara dan lai-lain. Merry Riana ingin mengingatkan bahwa kamu tidak berjuang sendirian namun ada kopi M yang akan selalu menemani sehingga Kopi M pun memiliki tagline #BERJUANGBERSAMAMU.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Rudi Harto

    - Passionate Runner
    - Training Specialist

    View all posts

    Add comment