Soloensis

Cara Mengatasi Laptop Agar Tidak Lemot

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tak jarang orang ketika merasakan Laptop lelet , mereka langsung membawanya ke tukang service atau bahkan langsung menjualnya dan membeli Laptop baru , pedahal ada cara yang mudah untuk mengatasi perpermasalahanan ini .

Untuk dapat memperbaiki Laptop yang lelet , kamu mesti tau dulu apa pemicu Laptop lelet ? karena pemicunya ada banyak dan bermacam-macam , untuk itu kamu dapat tonton pemicunya dibawah sini :

 

Penyebab Laptop Lemot

Laptop yakni barang elektronik yang sensitiv , jika kamu tak merawatnya dengan cara baik telah tentu akan banyak sekali perpermasalahanan yang muncul .

Umumnya Laptop kamu menjadi lama atau Lemot itu karena :

  • Laptop kamu penuh debu dan tak pernah di bersihkan
  • Harddisk kamu penuh atau bahkan kena bad sector
  • Sistem operasi kamu telah kadaluarsa
  • Terlantas banyak software  /  program yang di install
  • Ada kerusakan komponen pada Laptop
  • Ram kamu terlantas kecil

Cara Mengatasi Laptop Agar Tidak Lemot

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi Laptop Agar Tidak Lemot :

 

1. Bersihkan sisi dalam Laptop dari debu dan kotoran

Suatu PC ketika beroprasi akan memunculkan panas , umumnya panas muncul pada power supply , processor , VGA , Chipset , RAM dan Hard disk , dengan cara karena itu setiap Laptop umumnya di lengkapi dengan cara kipas untuk menyuplai udara yang mendinginkan komponen yang panas , jika Laptop kamu berdebu , maka udara tak akan mendinginkan komponen yang panas bahkan udara panas akan terperangkap di dalam Laptop kamu .

Untuk itu kamu mesti secara rutin membersihkan Laptop kamu dari debu dan kotoran , untuk menjaga suhu tetap stabil dan memperpanjang usia pemakaian Laptop kamu .

 

2. Update atau Ganti sistem operasi kamu ke yang ringan

Dengan Cara memakai sistem operasi yang  ringan , tentu kerja hardware akan dapat ringan juga hal ini membangun kamu dapat leluasa dalam memakai resource dari Laptop kamu .

 

3. Kurangi program yang berjalan pada saat startup

Aplikasi startup adalah program-program yang akan secara secara sendiri berjalan ketika Laptop di nyalakan , untuk menonaktifkan program-program yang berjalan pada startup Laptop kamu , dapat lewat Task Manager , atau lewat run > ketik msconfig lantas tentukan tab startup.

Dengan Cara meninaktifkan program pada startup , Laptop atau PC kamu akan terasa dapat cepat khususnya ketika akan dinyalakan .

 

4. Uninstal program yang tak diperlukan

Jika ingin PC atau Laptop kamu terasa dapat cepat , uninstal program-program yang telah lama tak kamu update dan gunakan . Hal ini akan membangun ruang kosong pada sistem PC kamu bertambah dan tentu akan membangun peforma PC dapat ringan .

 

5. Periksa dan perbaiki komponen yang rusak

Periksa komponen Laptop kamu seperti motherboard , graphic adapter , processor , ram dan harddisk apakah semua komponen bertujuan secara normal ? tentukan komponen-komponen tersebut tak merasakan korsleting atau over voltage dan kurang voltage , selantas periksa peforma hardware Laptop kamu dan tentukan bekerja secara maksimal .

 

6. Tambah RAM

RAM PC ini yang paling berpengaruh , umumnya Laptop lemot karena memakai sistem operasi keluaran baru sedangkan kapasitas RAM Laptop kamu hanya 1 GB , selekasnya lakukan upgrade jika kamu telah tau bagaimana cara memasang ram , kamu dapat membelinya langsung disini saat membeli ram harap perhatikan macam dan type nya , jika kamu tak yakin silahkan berkomentar dengan cara mengetikkan macam Laptop kamu .

 

Penutup

Demikian artikel tentang Cara Mengatasi Laptop Agar Tidak Lemot . Semoga artikel di atas bisa bermanfaat bagi pembaca. Jika ada kesalahan mohon maaf, Terima Kasih.

sumber : andalas

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Add comment