Soloensis

Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Bluberry sebagai salah satunya tipe buah berry yang pantas Anda coba, selain strobery yang telah lebih terkenal. Buah yang memiliki bentuk serupa anggur tetapi warna biru tua ini rupanya kaya kandungan gizi dan memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Blueberry yang memiiki nama latin Cyanococcus ini umumnya jadi rekan makan yogurt, topping untuk kue, atau pemanis pie. Buah ini bisa juga dimakan berbentuk juice atau selai buah yang rasanya menganakemaskan lidah. Dikutip dari situs Share Healthy, selain rasanya yang sedap, blueberry rupanya kaya kandungan nutrisi yang memberikan manfaat sehatkan pada tubuh.

Berdasar kandungan nutrisi yang ada didalamnya, buah blueberry berportensi memberi manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

 

Mampu Menurunkan Risiko Kanker

Buah blueberry kaya anti-oksidan, seperti vitamin C, lycopene, lutein, dan zeaxanthin. Antioaksidan yang kuat ini bisa mencegah radikal bebas, yaitu molekul yang ada pada asap rokok atau pencemaran yang dapat mengakibatkan depresi oksidatif yang memacu infeksi dan kerusakan pada sel.

Dampaknya juga bisa memacu perkembangan beberapa sel kanker pada esofagus, paru-paru, pankreas, atau usus. Nah, dengan konsumsi buah yang kaya anti-oksidan ini, Anda dapat memperoleh manfaat pelindungan dari penyakit kanker.

Kandungan folat pada blueberry berperanan dalam sintesis dan pembaruan DNA, yang dapat menahan pembangunan sel kanker karena perubahan DNA.

 

Mampu Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Selain antioksidan, kandungan kalsium pada blueberry rupanya mempunyai manfaat dalam mempertahankan kesehatan tulang. Study tahun 2019 pada FEBS Open Bio memperlihatkan jika gizi blueberry dapat menolong pembangunan tulang dan menantang depresi oksidatif.

 

Study berbasiskan hewan memperlihatkan ada kekuatan suplemen buah bluebberry dalam menahan osteoporosis, yaitu pelapukan tulang yang biasanya terjadi pada lanjut usia.

 

Mampu Menjaga Kesehatan Kulit

Paparan radikal bebas dapat memberi dampak jelek pada kesehatan kulit, diantaranya memacu penuaan awal. Buajh blueberry yang kaya anti-oksidan seperti vitamin C dapat mencegah radikal bebas.

Selain itu, vitamin C pada blueberry memberi manfaat pada kolagen, yaitu zat pembangun kulit dan tulang. Vitamin ini bisa menggairahkan kekuatan kolagen dalam melembutkan keriput dan tingkatkan kekenyalan kulit.

 

Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Dikutip dari situs Harvard Medical School, konsumsi 200 g blueberry (seputar secangkir) tiap hari bisa tingkatkan peranan pembuluh darah dan turunkan penekanan darah sistolik. Itu maknanya, konsumsi buah blueberry memberi manfaat dalam menahan hipertensi (penekanan darah tinggi).

Manfaat dari blueberry ini berawal dari antosianin, yaitu fitokimia yang mewarnai gelap pada blueberry. Antosianin tingkatkan peranan sel endotel dalam tubuh. Sel endotel ini melapis permukaan sisi dalam pembuluh darah, menolong saluran darah, dan peraturan penekanan darah.

 

Mampu Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat buah blueberry dalam turunkan penekanan darah, berpengaruh pada resiko penyakit jantung yang turun. Masalahnya hipertensi ialah satu factor resiko dari penyakit jantung. Penekanan darah yang tinggi dapat memberatkan kerja jantung dan selanjutnya mengakibatkan penyakit jantung.

Blueberry yang kaya anti-oksidan dapat menahan infeksi selanjutnya pada pembuluh darah di seputar jantung. Karakter antihipertensi dan antiradang berikut yang membuat buah blueberry benar-benar bagus untuk jantung.

 

Untuk Menjaga Kesehatan Otak

Kesehatan otak seiring berjalannya waktu akan makin turun. Walau tidak dapat dihindari seutuhnya, Anda bisa perlambat proses pengurangan peranan otak ini. Triknya dengan tingkatkan konsumsi buah-buahan, seperti blueberry.

Argumennya, karena buah bluebbery mempunyai senyawa aktif anti-oksidan dan antiradang yang dapat kurangi depresi oksidatif dan infeksi pada otak. Maka konsumsi buah blueberry dan tipe berikan yang lain dengan teratur memberikan manfaat dalam tunda penuaan peranan kognitif sampai dua tahun.

 

Untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan

Serat dalam buah blueberry menolong memperlancar mekanisme pencernaan. Serat dapat melunakkan feses Anda hingga menghindar Anda dari keluh kesah sulit buah air besar.

Tidak itu saja saja, serat dan vitamin C pada blueberry memberikan manfaat untuk Anda yang jalani diet sehat. Serat membuat perut Anda kenyang semakin lama hingga menolong mendesak kemauan untuk ngemil.

 

Tips Mengkonsumsi Buah Blueberry

Manfaat buah blueberry pasti sayang sekali bila Anda terlewat, kan? Tenang, Anda dapat memperoleh keseluruh manfaat buah ini dengan konsumsi blueberry dengan teratur. Anda dapat menikmatinya langsung, dibikin juice, atau digabungkan dengan yogurt, oatmeal, atau puding.

Walau sehatkan, seharusnya ingat tidak konsumsi buah blueberry terlalu berlebih. Selain itu, bersihkan buah lebih dulu saat sebelum Anda konsumsi atau olah. Anda lebih bagus pilih buah yang fresh, bukan buah manisan karena kandungan gulanya lumayan tinggi.

 

Itulah barusan sejumlah manfaat buah blueberry untuk kesehatan tubuh yangjarang dijumpai orang. Dengan bermacam manfaat yang bagus untuk tubuh itu, tidak aneh bila buah blueberry sangat populer untuk dikonsumsi dan dijadikan hiasan hidangan makan malam.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment