Soloensis

Cara Urus Biaya PPN Mobil Batam Paling Mudah dan Cepat

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Rental mobil Batam harganya murah. Selain murah, Anda bisa memboyongnya ke daerah masing-masing. Dengan syarat, Anda mesti melakukan balik nama kepemilikan kendaraan. Pada sisi lain, Anda harus bayar biaya PPN mobil Batam.

Berapakah jumlahnya? Pemerintah telah menetapkan di kisaran 10% dari harga barang. Misalnya, mobilmu seharga Rp.90.000.000. Berarti PPN di kisaran Rp.9000.000. Dengan itu, Anda harus bayar sekitar 99 juta.

Cara Urus Biaya PPN Mobil Batam Paling Mudah

Biasanya setiap barang yang diimpor telah dikenakan PPN 10%. Oleh karenanya, harga menjadi meningkat. Kemudian pihak importir telah membayar pajak satu ini ke pemerintah. Sehingga Anda tidak perlu memikirkan lagi terkait ini.

Beda cerita jika Anda ingin memboyong barang dari Batam. Anda harus menyetorkan Ppn manual. Tentu menyita waktu karena Anda harus mendatangi tempat tertentu. Buat prosedurnya sendiri, antara lain:

1.         Melengkapi Persyaratan Administrasi Kendaraan

Anda harus melengkapi persyaratan administrasi sebelum mengurus biaya PPN mobil Batam. Buat contohnya, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Pastikan semua dokumen tersebut asli karena pihak samsat akan mengeceknya. Kalau disuruh untuk fotokopi berkas penting ini, Anda harus melakukannya. Itu berguna untuk menjaga berkasmu dari hal-hal tidak diinginkan.

2.         Bayar Pajak dan Buat Surat Jalan

Langkah selanjutnya adalah membayar pajak kendaraan. Hal ini bisa Anda lakukan lewat perantara internet. Setelah itu, Anda harus membuat surat jalan di Kepolisian. Jangan lupa, berikan sejumlah uang sesuai ketentuan pemerintah.

3.         Cetak fisik PPFTZ

Saat pajak terbayar dan surat jalan jadi, datangi Kantor Keimigrasian setempat. Serahkan dokumen asli kendaraan. Kemudian ambil formulir PPFTZ dan isi sebaik mungkin .

4.         Pemeriksaan Fisik Kendaraan

Langkah keempat adalah memeriksa fisik kendaraan. Berguna untuk memastikan bahwa kendaraan tidak mengalami kelecetan sama sekali. Jika ada cacat, Anda bisa memperbaikinya di bengkel kesayangan. Bisa juga memperbaiki secara manual.

5.         Penerbitan SPPB

Terakhir, Anda akan mendapatkan Surat Persetujuan Pengeluaran Barang (SPPB). Dikeluarkan oleh Kantor Keimigrasian setempat.

Dengan hal tersebut, proses bayar biaya PPN mobil Batam selesai. Anda dapat memakai kendaraan di tempat lain.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Zamhari S, Kom. I

Hanya manusia yang suka belajar

Add comment