Soloensis

Setuju Jika Dunia Tanpa Suara?

Pasar? siapa yang tidak pernah ke pasar?. Menurut wikipedia pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur tempat usaha menjual barang, jasa, dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Menurut saya sendiri pasar terbagi menjadi dua yaitu, pasar tradisional dan pasar modern, walaupun ada pasar internet sekarang, tapi itu saya kategorikan sebagai pasar modern. Pasar tradisional dan pasar modern pastinya memiliki kesamaan dan perbedaannya, kesamaan kedua pasar tersebut mungkin berada pada fungsi utama pasar tersebut yaitu sebagai tempat interaksi jual beli. sedangan perbedaannya sangat banyak dari harga, sistem jual beli, dan lain-lain.

Berbicara kesamaan dan perbedaan, tulisan kali ini saya ambil tentang perbedaan yang sangat nampak, yaitu sistem jual beli. Dimana sistem jual beli pasar tradisional mengharuskan kbersosialisasi, ada pertanyaan dan jawaban, ada musyawarah yang akan menjadi mufakat. Sedangkan pasar modern lebih sederhana, karena pasar modern mengutamakan waktu, agar  waktu yang digunakan tidak terbuang sia-sia, hal ini membuat hampir tidak adanya komunikasi yang dilakukan saat bertransaksi.

Menurut saya, adanya pasar-pasar modern di Indonesia sangat baik, selain dapat meminimalisir waktu yang sia-sia tapi yang utama juga dapat mempermudah keperluan masyarakat kapanpun dan dimanapun. Tapi, sangat amat lebih baik jika masyarakat tidak melupakan pasar tradisional yang notabennya salah satu cara menaikan perekonomian masyarakatnya. dan yang sangat saya sesalkan dari adanya pasar modern, membuat manusia satu dengan yang lain menjadi manusia yang anti sosial. Seperti belanja di mart sebut saja begitu, tanpa kita berkata sepatah kata pun kita bisa membeli apa yang mau kita beli, berbeda dengan pasar tradisional kita harus bermufakat paling tidak kita menyampaikan bahwa ingin membeli sesuatu dan itu sudah termasuk sebuah komunikasi.

Intinya, saya setuju jika Indonesia memiliki pasar-pasar modern. Tapi alangkah baiknya jika masyarakat Indonesia lebih sadar bahwa pasar tradisional lebih bermanfaat dan menguntungkan bagi pembeli maupun penjual. Jadi jangan pernah gengsi untuk kepasar tradisional agar dunia tetap damai dan mengumandangkan suaranya.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    putri kemala ariyani

    anak bontot yang mandiri
    suka tantangan yang berat bukan tantangan yang ringan
    cinta bangsa dan tanah air INDONESIA

    View all posts

    Add comment