Soloensis

Pasar Ayam Silir, Satu – satunya Pasar Khusus Ayam Di Surakarta

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
AR-SA

MicrosoftInternetExplorer4

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:Arial;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Banyak yang sudah kita dapati, pasar merupakan tempat jual beli antara pembeli dengan penjual. Ada beberapa jenis pasar diantaranya pasar Swalayan, pasar Tradisional, pasar Modern. Walaupun dengan perkembangan zaman mengalami peningkatan dari pasar tradisional sampai pasar swalayan bahkan pasar modern, pasar Tradisional ternyata masih menjadi tujuan utama bagi masyarakat  yang ingin membeli kebutuhan sehari – hari. Kebanyakan pasar yang kita ketahui yaitu tempat menjual bahan makanan, sayuran, buah – buahan, ikan, dll. Namun kali ini ada pasar khusus menjual ayam, tepatnya di daerah Silir, kelurahan Semanggi, kecamatan Pasar Kliwon, Solo merupakan satu – satunya pasar khusus ayam yang ada di Surakarta. Atau lebih dikenal dengan Pasar Ayam Silir ini, komoditas dagangannya antara lain ayam, bebek, menthok.

Jenis – jenis ayam yang dijual disini ada ayam betelur, ayam boiler, ayam kampong dan ayam super yakni hasil persilangan antaran ayam Bangkok dengan sumtik yang masa panennya 2 bulan. Rata – rata harga ayam di pasar ini dijual per ekor untuk ayam kampong sesuai dengan besar kecilnya dan ayam boiler dijual perkilo. Menurut bapak Basuki (40) salah satu pedagang, asal pemasok di pasar ini dari wilayah Solo sekitarnya dan beberapa daerah lain yaitu kertasano,Tulung Agung, Ponorogo untuk dikirim ke wilayah Jakarta dan juga dikirim ke  beberapa restoran serta rumah makan.

Selain tempat menjual berbagai unggas, di pasar ini ada juga tempat untuk pemotongan unggas. Jadi kita bisa dimudahkan dengan adanya tempat pemotongan unggas ini, tinggal nanti siap untuk di masak tanpa susah – susah membersihkan dari bulunya. Pasar Ayam Silir ini juga berdekatan dengan pasar Kambing, pasar Besi, dan pasar Klithikan Notoharjo.

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Nur Sholihah

    Mahasiswa

    View all posts

    Add comment