Soloensis

Tips Mengatasi Kulit Berminyak dan Berjerawat!

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Dengan kulit berminyak dan jerawat, Anda mungkin tidak selalu menyukai kulit Anda. Tapi kulit berminyak tidak semuanya buruk. Satu bonus — kulit berminyak Anda tidak terlalu rentan terhadap kerutan dibandingkan jenis kulit kering.

 

Tetap saja, kulit berminyak dan jerawat yang sering muncul bisa membuat frustasi. Dengan perawatan yang tepat, Anda dapat mengatasi kilap minyak, menghilangkan jerawat, dan mempelajari jenis kulit Anda.

 

Bersihkan Wajah Sedikitnya Dua Kali Sehari

Cara sederhana untuk menjaga kulit berminyak adalah dengan membersihkan wajah secara teratur. Basuh wajah dua kali sehari, baik pagi maupun malam.

 

Gunakan sabun berbusa atau pembersih wajah di atas pembersih berbahan dasar krim atau lotion. Pembersih berbusa bekerja lebih baik dalam membersihkan minyak berlebih dan membuat kulit Anda terasa segar dan bersih.

 

Anda juga harus membersihkan wajah (dan tubuh, jika timbul masalah pada tubuh) setelah berkeringat, seperti setelah kelas gym atau berolahraga. Keringat dapat mengiritasi jerawat dan menyebabkan jenis jerawat tertentu yang disebut acne mechanica.

 

Jika sabun dan air tidak segera tersedia, simpan sisa kain pembersih yang telah dibasahi di dalam tas untuk membersihkan kulit Anda. Ada banyak kain pembersih wajah di pasaran, tetapi tisu bayi bebas pewangi pun bisa digunakan.

 

Waspadalah terhadap pembersihan berlebihan. Membersihkan wajah terlalu sering dapat mengiritasi kulit Anda. Dan karena jerawat tidak disebabkan oleh wajah yang berminyak atau kotor, hanya mencuci lebih sering tidak akan menghilangkan jerawat.

 

 

2

Gunakan Astringent

Astringent adalah cara lain yang baik untuk mengontrol minyak. Astringents seperti toner, kecuali mereka dibuat khusus untuk jenis kulit berminyak. Astringents membantu menghilangkan minyak berlebih dari kulit dan mengencangkan pori-pori (setidaknya untuk sementara).

 

Untuk menggunakan, aplikasikan ke bola kapas atau kapas dan usapkan ke seluruh area wajah dan leher. Lakukan ini setelah pembersihan tetapi sebelum mengoleskan pelembab atau obat jerawat topikal.

 

Astringents juga bagus digunakan di antara waktu mencuci untuk membersihkan minyak berlebih dan menghilangkan kilau berminyak yang muncul di siang hari. Beberapa zat mengandung bahan, seperti asam glikolat atau asam salisilat yang juga dapat membantu menghilangkan jerawat.

 

Tetapi Anda tidak membutuhkan merek mewah. Bahkan witch hazel sederhana berfungsi untuk menghilangkan minyak berlebih, dan harganya sangat murah (sekitar satu dolar untuk 16 ons).

 

 

3

Gunakan Produk Bebas Minyak dan Berbasis Air

Jelas, Anda tidak ingin mengoleskan minyak lagi ke kulit Anda daripada yang sudah ada di sana. Carilah label “bebas minyak”, terutama untuk produk tanpa bilas seperti pelembab, tabir surya, dan riasan.

 

Anda mungkin juga ingin menggunakan produk berlabel nonkomedogenik. Ini berarti mereka cenderung tidak menyebabkan penyumbatan pori (komedo), dan cenderung tidak memicu munculnya jerawat.

 

Produk berbahan dasar air adalah pilihan bagus lainnya untuk jenis kulit berminyak. Produk berbahan dasar air menggunakan basis gel dan tidak meninggalkan residu berat di kulit. Mereka merasa hampir tidak berbobot di kulit.

 

Anda bisa menemukan gel pelembab berbahan dasar air, tabir surya, dan alas bedak riasan. Periksa labelnya; banyak di antaranya dipasarkan kepada orang-orang dengan kulit berminyak dan mudah berjerawat.

 

Obat jerawat topikal Anda juga memiliki pilihan berbasis air. Differin, Retin-A, Onexon, dan lainnya semuanya hadir dalam bentuk gel. Jika obat jerawat Anda saat ini terasa terlalu berat atau berminyak sesuai keinginan Anda, tanyakan kepada dokter kulit Anda apakah ada pilihan gel.

 

 

4

Jangan Gosok Kulit Anda

Kita yang memiliki kulit berminyak tampaknya secara khusus dikondisikan untuk membersihkan diri, dan ini bisa menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan. Lagi pula, tidakkah menggosok kulit membantu membersihkan pori-pori, membersihkan jerawat, dan mengurangi sifat berminyak?

 

Anehnya, tidak. Menggosok kulit dengan scrub, pembalut, atau waslap yang abrasif tidak akan membuat kulit Anda tidak terlalu berminyak dan tidak akan memperbaiki jerawat. Itu akan mengiritasi kulit. Berminyak atau tidak, perlakukan kulit Anda dengan lembut.

 

5

Eksfoliasi dan Gunakan Perawatan Jerawat

Perawatan jerawat dan produk eksfoliasi mengurangi minyak berlebih, dan juga dapat memperbaiki tampilan pori-pori besar. Kulit berminyak dan pori-pori besar sering kali berjalan seiring dan bisa membuat frustasi seperti jerawat itu sendiri. Meskipun Anda tidak dapat mengecilkan ukuran pori secara permanen, Anda dapat membuatnya terlihat lebih kecil.

 

Banyak obat jerawat yang berfungsi ganda dan mengurangi pori-pori yang membesar saat membersihkan jerawat. Retinoid topikal, khususnya, bagus untuk meminimalkan pori-pori besar. Asam salisilat yang dijual bebas adalah pilihan lain

 

Jika jerawat bukan masalah besar bagi Anda tetapi Anda ingin mengecilkan tampilan pori-pori besar Anda, produk pengelupas adalah cara yang tepat. Asam alfa hidroksi, seperti asam glikolat, menjaga pori-pori bersih dari kotoran sehingga terlihat lebih kecil.

 

Sebuah Kata Dari Sangat Baik

Sama seperti semua hal baik lainnya, perbaikan membutuhkan waktu, apakah Anda ingin menghilangkan jerawat atau hanya mengurangi jumlah kilau berminyak pada kulit Anda. Rutinitas perawatan kulit yang baik yang disesuaikan dengan jenis kulit berminyak Anda akan membantu Anda melakukannya. Jangan ragu untuk menghubungi dokter kulit Anda jika Anda membutuhkan bantuan.

Referensi :

https://oksbanget.com/sariayu-kulit-berminyak/
https://niazona.com/sariayu-berminyak/

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Wida Ulfatum

Add comment