Soloensis

10 Mitos dan Fakta Mencengangkan Mengenai Kopi

Banyak yang tidak tahu bahwa stigma yang beredar di masyarakat apakah fakta atau hanya sekedar mitos belaka tentang kopi. Sebagai pencinta kopi kamu wajib tahu 10 mitos dan fakta mencengangkan tentang kopi.

Tahukah kamu jika kopi memiliki sepuluh mitos dan fakta menarik yang wajib kamu tahu? kamu belum sah dikatakan sebagai pecinta kopi sejati, jika kamu melewatkan info mengenai kopi yang satu ini. Kopi memiliki magnet yang luar biasa namun keberadaannya terkadang bisa memberikan efek negatif, jika kita mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Untuk itu mengkonsumsi kopi hendaknya jangan terlalu sering agar kamu dapat menghindari efek  negatif yang bisa saja muncul.

 

 Adapun 10 mitos dan fakta menarik mengenai kopi yang dilansir dari situs https://majalah.ottencoffee.co.id/ :

 

 1. Mitos : Ada yang mengatakan bahwa mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan sakit kepala.

Fakta : Jika kamu menyukai kopi maka kamu jangan khawatir mengenai mitos yang kamu dengar tadi. Hal ini karena faktanya mengkonsumsi kopi tidak akan menyebabkan sakit kepala. Bahkan konsumsi kopi dapat meringankan derita sakit kepala. Untuk sakit kepala sebelah (migrain) ringan maka kamu bisa menyembuhkannya dengan mengkonsumsi secangkir kopi hangat.

 

2. Mitos : Anak-anak di larang mengkonsumsi kopi karena dapat menyebabkan anak menjadi hiperaktif.

Fakta : Apabila kamu mengkontrol konsumsi kafein pada anak kamu maka tidak akan menyebabkan anak menjadi hiperaktif. Konsumsi kafein pada ukuran normal 40-200 mg akan dapat bermanfaat untuk anak-anak tersebut. Manfaat yang akan di dapat antara lain yaitu tambahan energi yang akan berpengaruh pada anak sehingga tidak cepat lelah dan meningkatkan konsentrasi sehingga mempermudah anak menjawab pertanyaan disekolah ataupun dikehidupannya.

 

 3. Mitos : Mengkonsumsi kopi bagi ibu hamil akan dapat berpengaruh buruk terhadap pertumbuhan janin pada ibu hamil.

Fakta : Konsumsi kafein 7,5 cangkir kopi perhari atau sekitar 600 mg memang bisa menunda kehamilan selama setahun. Namun jika kamu pada kondisi hamil dan hanya mengkonsumsi kopi tiga cangkir atau 300 mg dalam sehari tidak akan berpengaruh pada janin. Tapi kamu harus tetep berkonsultasi kepada dokter karena konsumsi 300 mg tidak akan berpengaruh pada janin apabila kondisi janin normal.

 

 4. Mitos : Mengkonsumsi kopi akan dapat mempengaruhi tekanan darah tinggi yang kamu alami.

Fakta : Mengkonsumsi kopi tidak akan mempengaruhi tekanan darah tinggi yang kamu derita.

 

 5. Mitos : Mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan bau nafas kamu menjadi kurang sedap.

Fakta : Dengan mengkonsumsi kopi maka bisa membuat nafas kamu menjadi lebih harum dan juga segar. Hal ini karena di dalam kopi terdapat kandungan khusus yang dapat mencegah nafas kamu terhindar dari bau tak sedap.

 

 6. Mitos : Konsumsi kopi dapat membuat tubuh menjadi kecanduan.

Fakta : Mengkonsumsi kopi dalam takaran wajar tidak akan membuat kita menjadi kecanduan. Namun hal ini bisa terjadi jika konsumsi dalam sehari sekitar 200-300 mg atau sekitar dua hingga tiga gelas dalam sehari.

 

 7. Mitos : Kandungan kafein pada kopi dapat menyebabkan kanker payudara.

Fakta : Kandungan kafein pada kopi tidak akan menyebabkan kanker payudara. Hal ini tidak ada hubungannya antara kandungan kafein dengan kanker payudara.

 

 8. Mitos : Kopi tidak baik bagi kamu yang sedang melakukan diet.

Fakta : Mengkonsumsi kopi saat Anda diet akan menekan nafsu makan. Dengan begitu maka diet kamu akan berlangsung dengan sukses.

 

 9. Mitos : Kopi dapat menyebabkan penyakit jantung.

Fakta : Mengkonsumsi kopi dapat mengurangi resiko penyakit jantung bagi kamu yang sehat.

 

 10. Mitos : Mengkonsumsi kopi secara terus menerus dapat menyebabkan pengeroposan tulang.

Fakta  : Mengkonsumsi kopi lima cangkir kopi atau setara dengan 100-400 mg perhari tidak akan menggangu pertumbuhan tulang pada remaja atau dewasa.

 

Nah sekarang sudah tau kan apa saja 10 mitos dan fakta menarik mengenai kopi yang wajib kamu ketahui,nah semoga bisa menjawab semua keraguan mu selama ini ya dan membuat kamu makin mencintai kopi.

Tahu kah kamu? ada kopi kekinian yaitu Kopi M by Merry Riana. Kamu bisa mencobanya. Kopi M juga bisa dipesan melalui Go Food & Grab food. Berbeda dengan kedai kopi pada umumnya. Kedai kopi milik Miss Merry Riana ini mengusung konsep revolusioner. Dimana revolusi hidup itu dimulai dari segelas kopi.Merry Riana (Entrepreneur, Influencer, Educator) ingin menunjukkan bahwa motivasi bukan hanya melalui sesi seminar saja. Bukan hanya melalui kata-kata saja namun memotivasi dapat dilakukan lewat bidang F&B. Karena sang pemilik adalah seorang Motivator muda yang tentunya kamu pun akan ikut termotivasi setelah meminum kopinya. Jadi rasakan kesegaran kopi dengan sensasi semangat berjuang.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Rudi Harto

    - Passionate Runner
    - Training Specialist

    View all posts

    Add comment