Soloensis

Mengenal Burung Murai Batu dan Jenisnya, Terlengkap!

Mengenal Burung Murai Batu dan Jenisnya-df8b8bf4

Mengenal Burung Murai Batu dan Jenisnya – Tahukah anda, burung murai batu saat ini menjadi salah satu burung kicau termahal di Indonesia. Karena burung murai batu telah menjadi primadona di kalangan pecinta burung kicau. Selain memiliki fisik yang menawan, burung murai batu juga memiliki suara yang cukup merdu.

Di berbagai kontes perlombaan burung kicau, kontes burung murai lah yang paling bergengsi. Biasanya orang yang memiliki burung murai batu dari kalangan atas. Karena harganya yang cukup mahal. Burung murai batu atau kucica hutan yang bernama latin chopychus malabaricus.

Di Indonesia sendiri jenis burung murai batu sangatlah beragam serta sesuai dengan habitat aslinya. Ciri-ciri fisik dan kicauannya pun sangat berbeda-beda. Banyaknya peminat burung murai batu, menjadikan hewan yang satu ini terancam punah. Berikut akan kami jabarkan lebih lengkap mengenai burung murai batu dan jenis-jenisnya.

Pengertian Burung Murai Batu

Burung murai batu adalah salah satu jenis burung kicau yang biasanya dikenal dengan nama kucica hutan. Burung murai batu sendiri juga termasuk dalam keluarga Muscicapidae atau burung cacing. Jenis burung murai batu banyak tersebar di pulau Sumatera, sebagian kecil yang ada di pulau jawa bahkan hingga tersebar di semenanjung Malaysia.

Namun ada pula yang berasal dari Kalimantan utara dan merupakan spesies tersendiri. Untuk gaya hidupnya, burung murai batu lebih suka tinggal di hutan alam yang rapat atau biasanya disebut hutan sekunder. Jenis burung tersebut juga dikenal dengan burung territorial yang cukup kuat apalagi dalam mempertahankan wilayahnya.

Keunggulan yang dimiliki burung murai batu adalah suara kicauannya yang cukup merdu dan unik. Bahkan burung murai batu pernah mendapatkan penghargaan karena kicauannya yang merdu. Jika burung murai batu di kabarkan hampir punah, anda masih bisa melihatnya dengan berkunjung di Taman nasional ujung kulon atau Taman nasional meru betiri.

Jenis-Jenis Burung Murai Batu

  1. Murai batu aceh
  2. Murai batu medan
  3. Murai batu nias
  4. Murai batu jawa
  5. Murai batu borneo (Kalimantan)
  6. Murai batu lampung
  7. Murai blorok
  8. Murai batu mentawai

Akhir Kata

Demikian itu pengertian burung murai batu dan jenis-jenisnya. Karena dilansir dari www.bangparid.com, burung murai batu memang menjadi primadona di kalangan kicau mania. Suaranya yang merdu dan unik membuat penampilannya semakin menarik. Apalagi burung murai batu mempunyai fisik yang sangat cantik, tentu saja membuat banyak orang terpikat dengan keindahannya.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment