Soloensis

Tahukah Kamu, Bahwa Sehat Bisa Kamu dapatkan Ketika di Pasar

            Tahukah kamu bahwa salah satu tempat transaksi jual membeli paling ramai masyarakat itu adalah Pasar. tidak salah kalau pasar menjadi pusat kerumunan masyarakat. Disitulah masyarakat mulai meraimaikan isi rumahnya dengan membeli barang-barang di pasar. Mulai dari harga yang murah, hingga harga yang sangat fantastik. Namun tidak dipungkiri, masyaraka umumnya lebih memilih brang yang di jual dengan harga yang murah, tetapi dengan kualitas yang tidak terlalu buruk. Manusiawi bukan??

            Pasar sendiri terdapat beberapa macam nama. Ada pasar tradisional yang sering kita jumpai ketika kita sendak membeli sayur-mayur, buah-buahan, peralatan rumah tangga, dan lain-lain. Namun, tempat pasar tradisional ini lebih terlihat kekeluargaannya, karena disitu terdapat tawar-menawar, tempatnya juga bersahabat untuk berbicara dan bercanda dengan pedagang kanan kiri depan juga belakang. Nah ada juga pasar modern, pasar modern ini biasanya disebut dengan Mall. Karena tempatnya yang bersih, bangunannya yang mewah, barang yang dijual juga sedikit berbeda dengan pasar tadisional, ada wahana bermain, cara pembayarannya pun juga menggunakan mesin kasir modern, dan lain-lain. Pasar pameran, yang biasanya menjual barang pameran. Barang yang dijua biasanya sama hanya saja setiap penjual memiliki jenis dan penawarannya masing-masing. 

            Berbicara soal pasar, kita tidak asing lagi mengenai “Jalan-Jalan”. Karena selain kita ke pasar untuk membeli kebutuhan atau keinginan kita, pasti kita juga sekalian melihat-lihat di pasar itu sendiri atau yang biasa disebut dengan jalan-jalan. Tidak semua manusia yang berkunjung ke pasar akan membelanjakan uangnya. Ada juga beberapa dari manusia yang datang ke pasar hanya untuk melihat-lihat dan sekedar melepas penat mereka dengan bercuci mata. Sekedar melihat-lihat sesuatu yang indah seperti di pasar modern atau pasar pameran. Karena hanya dengan berjalan-jalan melihat-lihat di pasar, anda pasi sudah merasakan bahagia. Perasaan galau, sedih, dan penat pun juga bisa hilang. Kebahagiaan sejenak dengan cara kita merelakskan otak dengan refresing ke pasar yang kita suka. 

            Tahukah kamu bahwa kebahagiaan dalam diri manusia dapat memberikan efek kesehatan bagi tubuh kita. Menurut artikel mengenai kesehatan yang di publish dari Merdeka.com pada November 2012, kebahagiaan bisa mendatangkan sisi kesehata yang baik bagi tubuh kita. Pertama, Rasa bahagia dapat menyembuhkan rasa sakit kepala. Rasa sakit kepala bisa disebabkan oleh stres. Dengan merasa bahagia, Anda dapat menyingkirkan rasa nyeri di kepala, yang bisa dipicu stres dan depresi. Kedua, orang bahagia terhindar dari kram. Yang ketiga, orang bahagia punya jantung yang lebih sehat dibandingkan mereka yang sering stres. Namun, itu tidak berarti bahwa semua orang bahagia akan terhindar dari risiko serangan jantung. Hanya saja, kesehatan emosional yang buruk dapat meningkatkan tekanan pada jantung Anda. Keempat, ketika Anda merasa bahagia, ada hormon yang terus memacu Anda untuk bersemangat. Tiada rasa lelah. Bahkan, Anda bisa merasakan dorongan energi baru yang terus muncul.

            Itulah efek dari kita berjalan-jalan untuk merefresh otak dan tubuh ketika kita berkunjung ke pasar. Jangan pernah kita memandang buruk atau sebelah mata mengenai pasar. Karena dengan ke pasar maka kamu akan merasakan bahagia yang berujung pada kesehatan. Yukk ke pasar walau hanya untuk berjalan-jalan (berbahagia). (IKR)

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Intan Kartika Rahadian

    Komunikasi Penyiaran Islam 161211102

    View all posts

    Add comment