Soloensis

Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal Nikmat

Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal Nikmat – Bakso merupakan salah satu jajanan makanan yang paling vaforit dan terkenal diseluruh nusantara. Kebanyakan dikalangan masyarakat kita paling doyan dan paling suka dengan santapan bakso, apalagi kalau rasa baksonya enak dan kenyal untuk makan anda akn ketagihan dengan rasanya, maka tak heran kalau bakso menjadi makanan tervaforit diseluruh wilayah nusantara.

Karena hal itu banyak orang yang berjualan bakso sebagai mata pencaharian hidup mereka. Namun begitu, apakah bakso yang banyak dijual pedagang kuliner bakso yang sehat dan higienis, apakah baso itu terdapat campuran bahan kimia atau tidak….? anda tidak tahukan proses pembuatannya, untuk itu saya akan berbagi info resep cara membuat baso sapi kenyal yang enak dan higienis, tentunya terjamin kebarsihannya. Mari kita lihat penjelasan uraian barikut ini.

Bahan-bahan membuat bakso kenyal sapi :

          Daging sapi sebanyak 500 gram

          Air sebanyak 2 liter

          Tepung kanji 50 gram

          Bawang merah goreng sebanyak 2 sendok makan

          Bawang putih goreng sebanyak 1 sendok makan

          Lada bubuk setengah sendok teh

          Garam sebanyak 1 sendok teh

          Es batu sebanyak 40 gram

Bahan kuah sapi bakso kenyal

          Tulang sapi sebanyak 200 grm

          Sediakan air 3 liter

Bumbu kuah bakso sapi kenyal :

          Kaldu sapi instan sebanyak 2 sendok teh

          Bawang merah 5 siung iris halus, goreng

          Bawang putih 7 siung iris halus, goreng

          Bawang goreng halus sebanyak setengah sendok makan

          Merica setengah sendok teh

          Gula pasir sebanyak 2 sendok teh

          Daun bawang 4 batang, iris kecil-kecil

          Garam sebanyak 1 sendok makan

Cara membuat baso sapi kenyal :

Pertama kita siapkan wadah untuk mencampurkan tepung kanji, bawang putih, bawang merah, daging sapi yang telah dihaluskan, tambahkan garam dan lada, kemudian aduk-aduk uleni dengan tangan atau bisa juga di uleni dengan alat food processor, terus giling sampai bahan adonan menyatu tercampur rata dan halus.

Kemudian kita tambahkan es batu bubuk, agar adonan tidak lembek dan tidak susah untuk dibentuk.

Berikutnya setelah adonan sudah jadi, kita buat adonan menjadi bentuk bulat, gunakan dengan sendok makan atau juga dengan cara menggunakan kepalan tangan, lalu masukkan bulatan bakso kedalam air panas agar tidak mengepal Lakukan dengan cara seperti itu hingga adonan habis.

Kemudian kita siaapkan panci besar, lualu tuangkan air kedalamnya rebus air hingga mendidih.

Setelah itu kita masukkan bulatan-bulatan bakso kedalam air yang mendidih, rebus diatas api yang besar hingga bulatan bakso mengapung ke permukaan air dan matang, kemudain angkat dan tiriskan.

Cara membuat kuah bakso :

Siapkan panci untuk merebus air hingga mendidih kemudian kita masukkan bahan-bahan dan bumbu kuah bakso, selanjutnya kita tunggu sampai tulang-tulang sapi menjadi lunak dan matang, kemudian tambahkan sisa air rebusan baakso.

Kita biarkan kuah bakso diatas kompor dan gunakan api yang kecil agar tetap panas atau hangat supaya kuah lebih sedap dan nikmat.

Selengkapnya cek https://hoteloceanicdakar.com/

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment