Soloensis

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Agar Tetap Produktif Saat WFH

Tidak terasa sudah hampir satu bulan ya melakukan semua aktivitas #dirumahaja. Apa saja nih yang sudah kamu lakukan?

Nah berikut 5 hal yang bisa kamu lakukan agar tetap produktif selama WFH:

1.       Set Target

Target sangat dibutuhkan dalam mengerjakan apapun. Dengan menentukan target goal kamu akan lebih terarah, ibarat kompas yang akan menuntunmu ke tempat yang kamu tuju, target juga yang akan membuatmu terpacu, terlecut dan terdorong untuk mengeluarkan energi terbaik dalam mencapai goal apa yang sudah kamu set atau tetapkan di awal. Tetapkan target misalnya dalam sehari berapa pekerjaan yang harus kamu selesaikan.

 

2.        Buat action plan

Planning sangatlah dibutuhkan dalam kegiatan apapun, ada pepatah yang mengatakan “if you fail to plan you plan to fail“, artinya jika kamu gagal merencanakan sama saja dengan kamu merencanakan untuk gagal. Begitu pentingnya perencanaan karena suatu keberhasilan pun tidak bisa instan, harus direncanakan dengan matang. Contoh nyata yang dapat kamu lakukan dalam membuat plan tersebut yaitu kamu dapat menyusun to do list atau daftar tugas apa saja yang harus kamu selesaikan setiap harinya. Urutkan dari yang paling urgent atau mendesak sampai yang kurang urgent atau kurang mendesak.

 

3.       Take action

Action adalah satu hal yang paling penting untuk mencapai goal yang kamu inginkan. Mungkin kamu masih ingat dengan salah satu tagline dari iklan sebuah rokok ”Talk less Do More”?  Tagline ini sangatlah tepat ketika kamu ingin berhasil dalam mencapai sebuah goal, sedikit bicara banyak bekerja ,say no to NATO (No Action Talk Only).

Ingat, semuanya akan sekedar menjadi pesan kosong jika tidak kamu kerjakan. Motivator Muda seperti Miss Merry Riana pernah mengungkapkan “jangan hanya mendoakan apa yang kamu impikan tapi juga kerjakan apa yang kamu doakan. “Action more powerful than talk.”

 

4.       Evaluasi berkala

Evaluasi sangatlah penting untuk mengkroscek sejauh apa kamu melangkah?. Sudah berada di titik mana kamu sekarang?

Terkadang kamu harus berhenti sejenak untuk bersyukur dan mengevaluasi diri, sudah sejauh mana kamu berada sekarang? Sudah sampai tahap mana tugasmu?

5.        Reward dan punishment

Ada pepatah yang mengatakan dalam Bahasa inggris  “celebration every winning“, sekecil apapun keberhasilan kamu harus dirayakan, contohnya ketika kamu telah berhasil menyelesaikan suatu tugas, tidak ada salahnya kan untuk mengapresiasi diri kamu? Misalnya dengan meminum segelas kopi dari Motivator muda wanita no 1 di Indonesia dan Asia yaitu Ms Merry Riana.

Karena beberapa waktu lalu ada kopi kekinian yaitu Kopi M by Merry Riana. Kamu bisa mencobanya karena sang pemilik adalah seorang Motivator muda yang tentunya kamu pun akan ikut termotivasi ketika harus #dirumahaja kan? Tanpa perlu keluar rumah, Kopi M juga bisa dipesan melalui Go Food & Grab food. Jadi rasakan kesegaran kopi dengan sensasi semangat berjuang #dirumahaja.Untuk punishment kamu bisa lakukan hal-hal yang tidak kamu sukai sebagai bentuk hukuman karena kamu tidak bisa mencapai target yang sudah kamu buat,misalnya kamu tidak boleh membuka social media atau main game selama 3 hari,dan ini butuh komitmen dari kamu supaya, kedepannya kamu lebih disiplin.

 

Kalau menurut kamu, hal apa yang harus kamu lakukan agar tetap produktif selama WFH?

Tulis di kolom komentar, yah!

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Rudi Harto

    - Passionate Runner
    - Training Specialist

    View all posts

    Add comment