Soloensis

5 Penyebab Haid Datang Dua Kali Dalam Sebulan

Kemungkinan ada beberapa wanita yang selalu mengalami haid dua kali dalam satu bulannya, akan tetapi ada lho wanita yang biasanya mengalami haid sebanyak satu kali sebulan dan tiba-tiba datanglah haid tersebut lebih dari satu kali, firasat haid tersebut tentu cukup menakutkan bagi para wanita.

Menurut Lakeisha Ricchardson yang merupakan Dokter kebidanan dan kandungan dari Amerika Serikat mengatakan bahwa siklus haid sendiri yang normal yaitu antara 21 hingga 25 hari dan berlangsung dari 2 sampai 7 hari. Jadi, jika kamu mengalami siklus yang pendek dengan jumlah hari yang pendek juga bisa besar kemungkinan haid dua kali dalam satu bulannya.

Akan tetapi, jika kamu tak memiliki siklus itu, besar kemungkinan kamu mengalami kesehatan atau lupa mengkonsumsi pil KB. Nah berikut penjelasan lengkap mengenai 5 penyebab haid bisa datang dua kali dalam sebulan.

1. Adanya Sel Pra-Kanker atau Kanker

Menurut Dokter Kebidanan dan Kandungan, Alyssa Dweck menuturkan bahwa tumor yang tumbuh pada serviks atau rahim ternyata dapat menyebabkan menstruasi yang tak teratur.

Satu studi juga menyatakan bahwa haid yang tak tertaur juga dapat menyebabkan kanker pada ovarium, kuncinya ada deteksi secara dini.

2. Stress yang Tinggi

Christine Mastersons seorang Kepala Layanan Summit Medical Group di New Jersey sendiri mengatakan bahwa tingkat stress yang cukup tinggi ternyata dapat menyebabkan haid semakin sering atau semakin jarang untuk terjadi. Hal ini karena hormon yang mengirmikan sinyal pada ovulasi juga dapat diproduksi pada bagian otak yang sama.

3. Karena Traveling

Jika kamu baru saja berpergian atau traveling ke luar negeri dengan berbagai jadwal yang padat ternyata dapat meyebabkan siklus haid menjadi datang dua kali dalamsatu bulan. Menurut Mastersons sendiri bahwa perjalanan yang dapat menggangu ritme sirkadian tubuh juga dapat menyebabkan perubahan hormon dan dapat mempengaruhi siklus kamu.

4. Tahap Awal dari Menopause

Menurut Mastersons sendiri, perimenoupause yang dialami di usia 35-an bisa menyebabkan siklus hadi jadi tak teratur, terlebih jika tanda tandanya yaitu sering berkeringat di malam hari, vagina kering dan sulit untuk tidur.

5. Berat Badan Naik Secara Drastis

Ketika kamu mengalami kenaikan atau penurunan berat badan secara cepat dengan cara olahraga ekstream ternyata dapat mempengaruhi hormon lho dan dapat mempengaruhi ovulasi juga.

Menurut Mastersons sendiri jika kamu melakukan olahraga berat dimana hal itu juga dapat membuat tubuh menghentikan proses ovulasi, selain itu jika berat badan menjadi naik secara drastis, maka itu dapat membuat menstruasi menjadi datang lebih sering atau malah jarang terjadi.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Astor Riyanto

    hanya seorang manusia biasa, kunjungi https://www.pantau.com dan https://astor.id

    View all posts

    Add comment