Soloensis

8 Nama Bayi Berdasar pada Nama Tokoh Islam

Dibalik nama yang diberi orang-tua tentu tersisip doa. Sedapat mungkin, orang-tua akan menamai untuk anaknya dengan nama yang terbaik, salah satunya rujukannya dapat dari nama tokoh Islam.

Kecuali mempunyai makna yang baik, pasti ada satu narasi yang penuh akan nilai Islami dari tokoh itu. Dengan memberikan nama seperti nama tokoh Islam, diinginkan sang Kecil bisa menjadi anak yang sholeh, sholeha, serta bermanfaat buat keluarga dan agama.

Nama perlu di pertimbangankan sebelum betul-betul diambil sebab akan menempel pada anak Anda sampai dewasa kelak. Di bawah ini referensi nama bayi datang dari tokoh Islam yang sudah kami mengumpulkan untuk Anda.

1. Aisyah

Aisyah dari bahasa Arab berarti wanita yang feminin serta hidup. Diinginkan dia dapat jadi seorang yang nikmati kehidupan serta bersungguh-sungguh dalam jalani kehidupannya.

Tokoh yang namanya Aisyah yaitu Aisyah binti Abu Bakar, istri dari Nabi Muhammad SAW. Disamping itu dia adalah profil wanita Islam yang banyak diceritakan. Aisyah populer sebab narasi perjuangan serta idenya dalam soal beasiswa, sekolah, serta politik.

Nama Aisyah dapat jadi ispirasi untuk nama sang Kecil. Di bawah ini gabungan nama Aisyah dan berarti:

  • Aisyah Naziya Almahyra: Anak wanita yang tetap riang serta bisa menjadi satu ide dengan penuh peruntungan.
  • Aisyah Mecca Firli: Wanita penuh energi keceriaan serta baik hati yang patuh melaksanakan ibadah pada Allah serta memperoleh kemakmuran.
  • AisyahCameliaRahayu: Anak wanita pintar yang baik serta sopan, sejahtera dalam kehidupannya. 

2. Abizar

Abizar mempunyai makna ‘yang menebarkan’. Disamping itu makna dalama bahasa Arab nya bermakna tambang emas. Diinginkan dia jadi anak lelaki yang menebarkan kebaikan pada kesemua orang serta murah rejeki.

Nama anak lelaki Islami ini diambil dari Abizar Al Ghifari. Dia termasuk juga beberapa orang yang pertama masuk Islam tanpa ada desakan. Serta, dia ikhlas berjalan kaki ke Mekah untuk menjumpai Rasulullah. Dia dipercayai menebarkan Islam ke sukunya, suku Ghafar yang populer senang mencuri. 

Rangkaian nama yang dapat jadi pilihan, yakni:

  • Abizar Sarfraz Faizan: Anak lelaki yang dilahirkan untuk pimpinan yang tetap angkat kepala ke atas untuk mengingat Tuhannya, yang bernilai seperti tambang emas.
  • Abizar Arfan Raqqilla: Anak lelaki yang mempunyai kepandaian serta kebajikan untuk memberi rejeki pada seseorang.
  • Abizar Hibratul Asdaq: Anak lelaki pemberian Allah yang tetap menebarkan kebenaran.

3. Umar

Umar sendiri mempunyai arti yang baik, yakni melimpah serta panjang usia. Diinginkan nama ini akan memberi usia yang panjang buat sang Anak serta memperoleh rejeki dan kebaikan yang tanpa hentinya.

Tokoh Islam yang populer yakni Umar bin Khattab. Dia ialah khalifah ke-2 sesudah Abu Bakar Ash Shiddiq. Ciri-khasnya diketahui pemberani, tegas, serta berwibawa. Banyak yang memakai nama Umar untuk nama untuk bayi lelaki. Berikut pilihan namanya:

  • Umar Jaspar berarti bayi lelaki yang banyak harta serta tumbuh secara baik.
  • Kiral Umar Pertama berarti bayi lelaki kaya, baik serta bisa jadi pimpinan yang dermawan.
  • Fahim Umar Garry berarti lelaki yang bisa pahami perkembangan warga secara baik.

4. Ali

Ali bermakna tinggi atau mulia dalam Bahasa Arab. Nama bayi lelaki Islam ini banyak dipakai di Indonesia serta luar negeri. Diinginkan anak yang mempunyai nama Ali jadi orang yang mulia serta baik budinya.

Tokoh Islam yang namanya Ali yaitu suami dari anak Nabi Muhammad SAW, Fatimah. Ali bin Abi Thalib ialah sepupu serta menantu Rasulullah sekaligus juga khalifah paling akhir dalam Khulafaur Rasyidin. Dia diketahui pintar, kuat, serta kepemimpinannya benar-benar merakyat.

Berikut nama yang menggunakan gabungan Ali :

  • Ali Aryan Shawqi: Bayi lelaki yang terhormat sebab penuh kasih sayang, yang berani seperti pada pertarungan.
  • Ali Rayyan Rizky: Bayi lelaki wajahnya tampan yang berkedudukan tinggi serta tetap memperoleh rezeki yang melimpah.
  • Ali Fahima: Bayi lelaki yang pandai, pintar, berpendidikan, yang berani seperti pada pertarungan.

5. Khalid

Khalid bila disimpulkan mempunyai arti ‘kekal abadi’. Diinginkan kebaikan, pengetahuan, serta apakah yang dilakukan memberi faedah buat seseorang serta kebaikannya akan abadi. Tokoh Islam yang populer yaitu Khalid bin Walid. Dia adalah salah satunya panglima perang penting dari riwayat Islam. Di bawah komandonya, militer Arab untuk kali pertamanya berpadu.

Khalid jadi panglima semenjak kepemimpinan Nabi Muhammad, Abu Bakar, sampai Umar bin Khattab. Pemilik panggilan pedang Allah yang terhunus ini beritanya terjun di beberapa ratus pertarungan serta tetap menang.

Tidak tergerus oleh jaman, beberapa orang yang menggunakan nama Khalid, contoh-contoh gabungan nama Khalid yakni :

  • Khalid Abrar: Kebaikan/kebenaran yang abadi.
  • Wali Addin Khalid: Pembela agama yang setia.
  • Khalid Najammudin Zuhdi: Bintang agama yang abadi dan rendah hati.8. Tsabit

6. Khadijah

Khadijah dari bahasa Arab yang berarti bisa dipercayai. Diinginkan nama ini jadikan sang calon buah kesayangan jadi seorang yang bisa dipercayai.

Tokoh wanita islam satu ini tentu tidak asing lagi buat umat Islam yang perjalanan hidupnya dalam menolong Nabi muhammad SAW serta perjuangan islam sudah banyak diceritakan. Khadijah ialah istri pertama Nabi Muhammad SAW serta adalah istri yang benar-benar di cintai oleh Nabi.

Diperjalanan Islam, Khadijah adalah orang serta wanita pertama yang merengkuh agama islam. Nama yang dapat digabungkan dengan nama Khadijah serta mempunyai makna yang baik adalah:

  • Khadijah al Khadhiah: Mudah-mudahan meneladani Khadijah yang rendah hati.
  • Khadijah Talita Sakhi: Gadis yang murah hati.
  • Khadijah Shezan Nazaha: Nama anak wanita yang cantik serta jujur seperti Khadijah, istri Nabi Muhammad Saw.

7. Zainab

Zainab berarti baik, diinginkan dia jadi anak yang baik hatinya. Tokoh Islam diantaranya yaitu Zainab binti Ali. Dia adalah salah satunya cucu dari Nabi Muhammad SAW anak dari putrinya Fatimah.

Zainab diketahui untuk wanita pembela Islam serta pembela keluarga Nabi yang berusaha untuk selamatkan tahanan dengan pidatonya yang mengagumkan serta berkobar-kobar memaksakan khalifah untuk melepaskan tahanan.

Disamping itu, Salah satunya tokoh wanita islam yang lain yang punyai peran besar serta populer kecerdasannya pada era ke 14 ini ialah Zainab binti Ahmad. Dia adalah wanita yang punyai pendalaman baik di bagian hadist serta mengajar disekolah hanbali di Damaskus.

Zainab diketahui untuk seorang wanita yang pintar serta melahirkan banyak tokoh populer Islam di bagian pengetahuan. Dari perjuangannya itu ia diketahui untuk wanita islam yang memiliki keberanian, kesabaran, serta kebijakan.

Contoh Gabungan nama Zainab :

  • Zainab Eufenja: Anak wanita yang baik hati serta pakar dalam bagian seni.
  • Niessia Zainab Liany: Bayi wanita yang mempunyai hati yang bersih, baik hati serta calon penghuni surga.
  • Shasha Zainab : Anak wanita yang pancarkan aura positif dalam beberapa hal.

8. Fatimah

Fatimah berarti pendiam serta lembut hati, yang datang dari bahasa Arab. Diinginkan dia mempunyai hati yang lembut serta benar-benar memedulikan seseorang.

Tokoh Islam yang terpopuler yakni Fatimah az-Zahra, pimpinan wanita pada eranya ini ialah putri ke-4 dari Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam. Dengan kepandaian akalnya baginda dapat pecahkan masalah yang hampir jadikan peperangan di Makkah.

Banyak beberapa orang-tua yang ingin memberikan nama anaknya dengan nama Fatimah, ini ialah satu doa. Berikut contoh gabungan dari namanya :

  • Fatimah Nayyer Azahra : Anak wanita pintar yang tetap menyinari hidupnya dengan penuh kelembutan.
  • Fatimah Lalitha Azahra : Anak wanita pintar yang mempunyai kelembutan hati dengan penuh keceriaan dalam kehidupannya.
  • Fatimah Fahira: Anak wanita pintar yang mempunyai kecantikan seperti bunga.

Itulah kumpulan nama bayi yang indah dari beberapa tokoh Islam yang bisa jadi inspirasi untuk si Kecil. Jadi yang mana pilihan Anda?

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment