Soloensis

Kunjungan Prodi THP Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo ke PT. Yakult Persada Indonesia

Pada fieldtrip tahun ini mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian, fakultas Pertanian, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melaksanakan kunjungan industri ke Malang Jawa Timur.
Pada tanggal 18 April 2018 pukul 08.00 rombongan mahasiswa dan dosen THP yang berjumlah 41 orang mendapat kesempatan untuk melaksanakan program kunjungan industri ke PT. Yakult Persada Indonesia, tentu saja harapannya dengan adanya kegiatan kunjungan industri ini dapat menambah wawasan mengenai pengolahan beraneka macam makanan dan minuman.
PT. Yakult Persada Indonesia, yang berlokasi di Ngoro Industrial Park – Blok CC No. 1, Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur.
Yakult original pertama kali ditemukan oleh Dr. Minoru Shirota pada tahun 1930 di Kyoto Imperial University. Ia menemukan sebuah bakteri baik yang berguna bagi usus tubuh dan dinamakan sebagai L. casei Shirota strain. Bakteri L. casei Shirota strain mempunyai banyak manfaat bagi tubuh seperti, menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus, menjaga kondisi tubuh, dan memperbaiki sistem pencernaan tubuh. Banyak hal yang kami dapatkan dari kunjungan industri ini. Salah satunya kami dapat melihat proses produksi PT. Yakult Indonesia Persada secara langsung mulai dari proses fermentasi hingga pembuatan botol dan kemasannya dan akhirnya produk siap untuk dipasarkan.
PT. Yakult Indonesia Persada juga sangat menjaga kebersihan dan kesegaran produk Yakult yang telah dihasilkan dengan melakukan quality control, menyimpan bakteri pada ruangan higienis dan steril pada suhu 0-10oC, pengawasan mutu dan pengujian mikrobiologi secara fisika dan kimia.
Selain manajemen bahan baku, dijelaskan juga bahwa Yakult juga memiliki sistem distribusi produk yang bagus. Yakult melakukan distribusi langsung ke toko-toko yang telah melakukan pemesanan kepada pabrik Yakult, tanpa meminta bantuan orang kedua untuk melakukan distribusi kepada toko tersebut.
PT. Yakult Indonesia Persada juga menggunakan bantuan Yakult Lady yang terdiri dari mayoritas ibu rumah tangga untuk mengirim Yakult secara langsung ke tangan para konsumen yang sulit dijangkau oleh PT. Yakult Indonesia. Selain mengirimkan Yakult, Yakult Lady juga bertugas untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan tubuh, dengan salah satunya mengkonsumsi Yakult setiap hari.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment