Soloensis

Cara Menjadi Dropshipper Sukses yang Dimulai dari Nol

Menurut Dictionary Cambridge, reseller adalah pribadi atau perusahaan yang beli produk dari pabrik/manufacturing untuk dipasarkan balik ke customer.

Karena itu sebenarnya reseller itu ialah saat Anda keluarkan beberapa modal lebih dahulu, baru dapat jualan. Sedang yang jual (nyaris) tanpa modal itu ialah dropshipper.

 

Sistem Bisnis Dropship

Apa Carrefour, Lazada, Matahari Mall dan lain-lain itu jual produk yang mereka produksi sendiri? Kemungkinan ada banyak produk yang mereka produksi, tetapi sebagian besar mereka jual produk dari perusahaan lain, alias jadi reseller.

Itu maknanya Anda tidak perlu ribet-ribet menghasilkan barang sendiri untuk dapat menjalankan bisnis dan punyai merek. Dan nikmatnya kembali, Anda dapat mengawalinya saat ini !

Berikut beberapa cara menjadi dropshiper yang sukses menurut terkreatif.com yang bisa kalian lakukan.

 

PASTIKAN PRODUK YANG MAU ANDA JUAL

Cara paling awal ini umumnya yang paling membuat bingung. Tentu saja Anda ingin jual produk yang karakternya sustainable dan berpeluang besar kan? Oleh karena itu, ada banyak persyaratan yang perlu diperhitungkan saat sebelum memutuskan:

  • JUAL PRODUK SEDIKIT DULU , TAMBAH KEMUDIAN
  • SPESIFIK
  • SUSTAINABLE
  • TINGKAT PERMINTAANNYA TINGGI
  • GAK MUDAH RUSAK
  • LEGAL
  • HINDARI PRODUK YANG PUNYA BANYAK KOMPETITOR BESAR
  • PILIH PRODUK YANG SIMPEL (MUDAH DIKIRIM DAN BERUKURAN KECIL)

 

TETAPKAN SASARAN PASAR PRODUK

Sesudah Anda pilih produk yang ingin dipasarkan, saat ini waktunya untuk tentukan siapakah sasaran pasar yang ingin Anda sasar. Tetapkan sasaran pasar secara detil, atau yang umum disebutkan dengan buyer Profile.

Dimulai dari umur, tipe kelamin, hoby, dan factor yang lain yang dapat digunakan sebagai pendekatan dan promo.

 

ANALISIS KOMPETITOR

Masih inget kan gan di point pertama saya ngomong pesaing besar? Tidak boleh senang dahulu jika rupanya pesaing Anda itu tidak ada atau sedikit banyaknya yang besar.

Walau pesaing dari produk dan sasaran pasar Anda itu tetap bertaraf kecil-menengah, bukan bermakna mereka bisa diacuhkan begitu saja.

Dalami langkah mereka lakukan marketing, apa yang keliru dari mereka, dan bagaimanakah cara menanganinya.

 

CARI SUPPLIER TERBAIK

Sesudah Anda betul-betul percaya dengan opsi produk, sasaran pasar dan keadaan pasar yang berkesempatan, karena itu cara setelah itu cari sumber penyuplai alias vendor. Cara ini cukup membahagiakan untuk saya.

Karena di sini saya seperti berlomba-lomba cari vendor pada harga paling murah, dan kualitas yang pas, di media online mana saja, dengan beberapa ribu reseller yang lain.

Cari Penyuplai lewat Onlineshop besar seperti Shopee, Lazada , TokPed dan lain-lain.

 

TENTUKAN HARGA JUAL

Harus dipahami, jika ada banyak vendor yang mengharuskan beberapa resellernya untuk jual produk pada harga yang telah ditetapkan. Arah intinya agar tidak jatuhkan harga pasar.

Tetapi itu tidak semua kok hanya beberapa, sedang yang memberi kebebasan, waktunya Anda tentukan taktik harga jual yang paling tepat. Saya tidak akan ulas pricing strategy selengkapnya di artikel ini.

 

ANALISIS DAN EVALUASI ULANG

Ini ialah sisi akhirnya step awalnya saat sebelum Anda mengumumkan bendera usaha (baca: merek) Anda sendiri sebagai dropshipper yang sukses.

Kerjakan riset dimulai dari step pertama tentukan produk sampai harga jual. Apa sampai di step ini Anda bisa penuhi kebutuhan pasar, customers’ needs and wants?

Apa produk yang ingin dipasarkan itu berkesempatan dalam internet marketing? Siapakah konsumen setia yang akan Anda layani? Figur seperti apa mereka? Apa yang mereka senang? Bagaimana karakternya?

Apa vendor yang telah ditetapkan itu sanggup bekerja bersama secara baik dan berkepanjangan? Telah penuhi syarat vendor yang bagus?

Saya merekomendasikan untuk meringkas step awalnya ini sebagai fondasi pertama Anda. Ulang dari step awalnya jika masihlah ada kebimbangan.

 

TENTUKAN IDENTITAS BRAND

Merek itu lebih dari sekadar simbol, design atau nama. Simpelnya, brand ialah pengalaman konsumen setia saat mereka beli atau lakukan usaha dengan satu perusahaan.

Sedang untuk identitas merek ini mempresentasikan “Seperti apakah sich merek Anda itu?”. Apa asumsi warga pada merek Apple? Tentu saja ‘mewah’ kan?

 

TENTUKAN NAMA BRAND

Supaya Anda memiliki merek yang lebih kuat kembali, karena itu harus disokong bernama merek yang tepat. Nama merek ini terus akan menempel sepanjang kita jadi reseller online. Terkecuali Anda membuat merek baru yang lain.

Oleh karena itu penyeleksian nama merek jangan dilaksanakan asal-asalan.

VISUALISASIKAN

Identitas dan personalitas merek Anda bisa dimengerti oleh sasaran audience, cuman bila Anda sanggup sampaikannya dengan pas (diantaranya dari sisi visual).

Visual branding itu tidak hanya sekadar simbol dan web, tetapi segalanya yang memiliki sifat visual yang ada dalam merek itu. Dimulai dari warna karakter merek, font web, tata bahasa, atau skema.

 

PILIH MEDIA

Di step ini, Anda mulai memperkenalkan dan membagikan kehadiran merek ke sasaran audience, pasti sesudah fondasinya siap ya.

Sedang, supaya pembagian itu berjalan dengan efisien dan efektif, karena itu perlu ditaruh pada media online yang tepat. Terutamanya untuk penebaran di media sosial, Anda harus sesuaikan apa konsumen setia kAnda itu memakai media sosial itu.

 

TONJOLKAN BRAND PERSONALITY DI SETIAP PROMOSI

Paling akhir, sesuai arah awalnya artikel ini yaitu jadi reseller sukses yang mempunyai merek populer, karena itu Anda perlu memperlihatkan kekhasan merek Anda itu ke beberapa konsumen setia.

Bagaimana triknya agar beberapa konsumen setia ‘ngeh’ dengan kekhasan merek Anda? Salah satunya triknya dengan tehnik copywriting dalam tiap promo.

Tidak boleh malu untuk share opini, anjuran, kritikan dan sharing di kolarom tanggapan ya.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment