Soloensis

Inilah Teknik Sepeda yang Tepat di Berbagai Medan

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Bersepeda kini menjadi hobi baru yang menyenangkan dan juga menyehatkan. Kegiatan ini bisa dilakukan kapan saja, untuk mengisi waktu luang atau menjadi agenda rutin bersama keluarga. Bagi pesepeda pemula, ada beberapa teknik sepeda yang bisa digunakan agar nyaman ketika bersepeda. Teknik ini bisa dilakukan siapa saja, terutama Anda yang sebagai orang yang baru saja menyukai hobi bersepeda.  

Teknik Sepeda Bagi Pemula

Ada beberapa teknik sepeda yang bisa digunakan bagi pemula agar kegiatan bersepeda semakin nyaman, berikut diantaranya:

1. Teknik Ganti Gigi

Teknik Shifting atau ganti gigi adalah salah satu teknik yang perlu diperhatikan. Agar lebih nyaman, Anda bisa memilih sepeda dengan gigi yang bisa dirubah. Hal ini sangat berguna ketika bersepeda dengan kondisi jalan yang berbeda. Sehingga Anda bisa tetap mengayuh dengan ringan di berbagai medan. Irama mengayuh sepeda yang pas adalah 90 putaran per menit, artinya Anda melakukan 1.5 putaran dalam 1 detik. Agar mencapai 90 putaran per menit tentu kita sangat mengandalkan kekuatan kaki dan mengandalkan teknik mengganti gigi atau gear sesuai dengan medan yang Anda lalui.

Anda harus pandai melihat kondisi medan yang dilalui. Ketika akan melalui jalan menanjak, pilihlah kombinasi gigi sepeda yang besar pada bagian belakang dan gigi paling kecil di bagian depan agar kuat melalui medan menanjak.

2. Teknik Menikung

Teknik ini perlu diketahui bagi Anda yang menyukai kecepatan dalam bersepeda, terutama ketika mengikuti balap sepeda. Ada 2 teknik yang bisa digunakan ketika menikung pada lintasan sepeda. Teknik pertama adalah penggunaan rem. Lakukan pengereman terlebih dahulu sebelum Anda menikung, jangan lakukan pengereman secara mendadak ketika melakukan tikungan, karena hal ini bisa mengakibatkan tergelincir pada medan yang Anda lalui.  

Teknik kedua adalah penggunaan gigi yang efektif. Anda bisa memilih posisi gir yang dibutuhkan ketika Anda keluar dari tikungan, hal ini akan lebih efektif agar bisa menyesuaikan kekuatan kaki sehingga Anda bisa langsung mengayuh sepeda kembali.

3. Teknik Pengereman

Rem adalah salah satu bagian penting dalam sepeda untuk menjaga keselamatan pesepeda. Sebelum Bersepeda, pastikan terlebih dahulu rem berfungsi dengan baik. Pada sistem pengereman yang baik, rem akan berfungsi ketika Anda menekan tuas rem secara perlahan menggunakan satu atau dua jari. Ketika Anda bersepeda di jalan santai, lakukan pengereman kombinasi menggunakan rem depan den belakang agar lebih maksimal. Anda bisa menggunakan 85% penggunaan rem belakang dan 15% depan untuk menjaga keseimbangan. Jangan lakukan pengereman menggunakan rem depan secara mendadak, karena hal ini bisa membahayakan karena bisa memiliki risiko tergelincir lebih banyak.

4. Grup Sepeda

Kegiatan bersepeda akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama-sama. Terlebih jika menggunakan seragam sepeda yang menarik, tentu akan terlihat semakin kompak. Pembuatan baju sepeda custom juga tidak memerlukan waktu lama, sehingga Anda tak perlu lama menunggu. Setelah menggunakan seragam sepeda, Anda bisa gowes dengan keluarga, teman, atau sahabat. Namun Anda juga harus memperhatikan etika dan juga keselamatan ketika bersepeda. Jangan bersepeda sejajar bersama-sama, hal ini bisa mengganggu pengendara lain karena akan memenuhi badan jalan. Anda bisa bersepeda depan belakang agar lebih terlihat rapi. Perhatikan jarak antar pengguna sepeda, Anda bisa mengatur jarak dengan pesepeda yang ada di depan atau belakang dengan mengatur jarak 0.3 sampai 0.5 meter. Anda juga harus tetap fokus selama bersepeda, perhatikan pengendara di depan, sehingga bisa mengantisipasi tindakan atau gerakan mereka. Anda bisa sesekali melirik ke belakang untuk melihat teman atau kelompok bisa mengikuti ritme bersepeda atau tertinggal di belakang.  Apabila ada rekan yang tertinggal karena kelelahan, beristirahatlah sejenank sembari kembali mengumpulkan energi yang habis ketika bersepeda.

Itulah teknik sepeda yang bisa dilakukan, lakukan kegiatan bersepeda secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk Anda dan juga keluarga.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Nur Sholeh

Penulis lepas yang hobinya nulis, saya juga suka jalan-jalan, dan juga fotografi.

Add comment