Soloensis

Jangan Asal Pakai, Berikut Pengertian dan Fungsi Globe Valve yang Perlu Diketahui

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

ketika anda mengetahui tentang pengaplikasian dari sistem perpipaan pastinya sudah tidak asing dengan istilah valve. Anda akan dapat menemukan berbagai jenis valve dimana diantaranya terdapat globe valve yang digunakan untuk memulai, menghentikan dan mengatur aliran. Berikut pengertian dan fungsi dari globe valve yang perlu dipahami

 

Mengenal Pengertian Globe Valve

Katup globe adalah jenis katup khusus karena dilengkapi dengan sebuah fungsi throttle. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka dapat disebut sebagai mencekik. Berdasarkan hal tersebut maka dapat diartikan bahwa valve globe ini perlu digunakan agar nantinya aliran dapat dibuka dan ditutup sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. 

Sistem penutup atau rana menghadap ke bawah, dan bagian yang melakukan rana biasanya disebut cakram atau disk. Dimana piringan katup isolasi bergerak ke atas dan ke bawah untuk mematikan aliran. Dengan kata lain, katup penutup dapat dibuka penuh untuk membuat aliran menjadi sangat kuat. Selain itu, Anda dapat membuka katup menjadi dua atau seperempat

Selain itu, anda juga dapat menyesuaikan ukuran bukaan katup untuk menciptakan laju aliran yang diinginkan. Fungsi mengatur bukaan katup ini disebut fungsi throttle dan membuat katup poppet menjadi istimewa. Sehubungan dengan pengertian dan fungsi katup globe, maka anda akan dapat mengetahui bahwa katup ini dapat digunakan untuk aplikasi throttle dan gerbang

Dengan begitu maka gerbang dapat kehilangan tekanan yang jauh lebih rendah daripada katup dengan aliran lurus seperti katup bola, katup gerbang, dan katup steker. Ini karena semua tekanan sistem yang diterapkan pada poppet ditransmisikan ke batang katup. Oleh karena itu, batas ukuran sebenarnya untuk katup isolasi atau globe ini adalah NPS12 atau DN300. 

Pengecualian katup katup globe yang melebihi batas ukuran ini. Semakin besar katup, maka semakin besar gaya yang diberikan pada batang. Tujuannya digunakan untuk membuka dan menutup katup di bawah tekanan. Saat ini, ada katup isolasi hingga NPS 48 (DN 1200). Katup dengan ukuran ini dapat digunakan di berbagai industri yang ada di seluruh dunia. 

Dari segi pengertian dan fungsi globe valve, katup ini juga banyak digunakan untuk kontrol aliran, meskipun desain katup itu sendiri harus diperhitungkan dalam rentang dari kontrol hingga penurunan tekanan. Dengan memilih desain yang tepat, kegagalan dapat dihindari dan fungsi poppet valve bekerja secara optimal dengan tekanan diferensial maksimum hingga 20 ° C atau kurang

 

Keunggulan penggunaan Globe Valve

Keuntungan utama dari penggunaan globe valve adalah bahwa katup penutup dapat digunakan untuk throttle seperti yang telah disebutkan. Jenis katup lainnya, seperti katup bola juga dapat digunakan untuk tujuan ini, tetapi tidak optimal untuk penggunaan throttle. Oleh karena itu, jauh lebih umum menggunakan katup kecil seperti globe untuk throttle. 

Selain fungsi throttle ini, valve globe memiliki banyak keunggulan lainnya yaitu dapat membuka lebih cepat daripada jenis katup gerbang. Hal ini dikarenakan jalur membuka disk jauh lebih pendek dibandingkan sistem pada gate valve. Dari pengertian dan fungsi globe valve juga dap diketahui bahwa katup ini lebih perekat dan dapat menahan kebocoran. 

Dengan banyaknya pemakaian globe valve ini pada sistem industri, banyak dari perusahaan jual globe valve, supplier dan juga distributor valve yang menjual type globe valve.

 

Kesimpulan

Pemahaman dasar ini bisa dijadikan sebagai informasi yang tepat untuk memahami fungsi dan pengertian dari globe valve. Jenis katup ini populer dan banyak digunakan karena sifat dan manfaat yang dapat diberikannya melalui berbagai fitur. Harganya sedikit lebih tinggi dari katup gerbang, tetapi keamanan dan fungsi throttle yang sangat baik sangat berharga.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Muhamad Ramadani

Add comment