Soloensis

PENTINGNYA PROFESIONALISME DALAM BEKERJA

 

Ketika memasuki dunia pekerjaan, yang saat ini sudah semakin ketat, maka setiap individu dituntut bersikap profesional. Sikap profesionalisme itu penting saat kita mulai memasuki dunia pekerjaan. Memang, bersikap profesional itu tidak semudah yang dibayangkan. Hal itu penulis alami saat bekerja. Di hari pertama saya bekerja saya merasakan kesulitan karena ini merupakan pengalaman pertama saya memasuki dunia pekerjaan.  Banyak hal yang belum saya mengerti. Namun penulis bertekad menjadi pekerja yang profesional. saya terus belajar,bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman agar  saya tidak kesulitan saat bekerja. 

 Pekerjaan yang saya dapat pada saat itu adalah menjadi  seorang kasir. Setiap hari saya terus belajar mendalami pekerjaan menjadi seorang kasir. Pekerjaan ini memiliki tanggung jawab yang besar. Kasir dituntut teliti saat berlangsung transaksi berlangsung. Selain itu, kasir dituntut memiliki sifat jujur. Setahun sudah berlalu, saya berkeinginan kuliah sambil bekerja. saya pun mendaftarkan diri di suatu perguruan tinggi. Ternyata, bekerja sambil kuliah bukanlah hal mudah. saya harus pandai membagi waktu untuk bekerja dan kuliah meskipun terkadang banyak tugas dari kampus. Tidak jarang, penulis merasa ngantuk tapi saya harus tetap fokus saat menjalankan tugas saya menjadi kasir.

Pada saat inilah penulis  dituntut menjadi pekerja yang profesional dalam menjalankan tugas sesuai dengan peraturan serta arahan yang diberikan oleh perusahaan. Sikap profesional sangatlah penting untuk setiap orang dalam pekerjaannya, untuk menjadi  profesional  bukanlah hal yang mudah karena untuk menjadi profesionalisme itu harus ada usaha yang keras dan niat yang kuat. Profesionalitas seseorang  dilihat dari kemampuan  bekerja sama dengan satu tim, memiliki  syarat- syarat wajib profesionalisme yaitu, mampu bekerja keras, royalitas, menguasai pekerjaan, mempunyai kebanggaan,memiliki visi, Mempunyai komitmen dalam bekerja, Mempunyai motivasi.

  Syarat  menjadi pekerja yang profesional, pertama skil merupakan kemampuan atau keahlian yang dimiliki dan kemauan bekerja keras,pantang menyerah dalam masalah apapun saat bekerja, kedua cerdas dalam menguasai  ilmu sesuai dengan pekerjaan . Ketiga  loyalitas kepada perusahaan, keempat Attitude, tidak sebatas pintar saja pekerja harus mempunyai etika atau sikap baik, sopan,serta ramah yang bisa diterapkan di lingkungan bekerja.dan yang paling penting dalam bekerja ialah memiliki sifat jujur.

Menjadi seseorang yang profesional tidak mudah harus memiliki ilmu pengetahuan yang luas, cara mendapatkan pengetahuan dengan bersekolah, sekolah mengajarkan berbagai hal agar seseorang dapat mudah untuk mendapatkan pekerjaan seseuai bidang yang kita miliki di sekolah mengajarkan berbagai hal mulai dari ilmu pengetahuan umum, ilmu agama, berkomunikasi, bekerja sama dengan teman, membangun jiwa kepemimpinan dan karakter diri. Selain itu kita juga harus menggali skil kita dengan cara mengikuti kegiatan ekstrakurikuler disekolah, mengikuti seminar, dan workshop.

Selain memiliki pengetahuan seseorang yang profesional harus memiliki sikap attitude yang baik dengan cara memperdalam ilmu agama, seseorang profesional yang mengerti tentang agama pasti akan memiliki sifat dan sikap yang baik,  selalu menjaga perilaku dan  perkataan, jujur dalam bekerja dan bersungguh-sungguh dengan apa yang dia kerjakan dan selalu fokus dengan pekerjaannya.

Dengan menerapkan syarat menjadi pekerja profesional dengan baik tentulah kita tidak perlu takut untuk bersaing dalam dunia pekerjaan namun profesionalisme pekerja harus diimbangi dengan  management ke perusahaan dan  royalitas ke perusahaan sehingga Perusahaan dapat memberikan kompensasi yang seimbang . Pekerja yang profesional harus terus mengasah diri dengan belajar,dan selalu fokus dalam pekerjaan serta niat dalam hati. Jika kita menjadi orang yang profesional dalam pekerjaan akan memudahkan  kita untuk bersaing di dunia pekerjaan dimana pun, dan kita dapat menjadi orang sukses yang berhasil dalam pekerjaannya.

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Cindi Ansari

    Mahasiswi fkm uinsu

    View all posts

    Add comment