Soloensis

Solopos Paket Lengkapku

Sebagai mahasiswi yang berasal dari luar daerah Surakarta bahkan Jawa Tengah, mengenal kota Solo dengan cepat merupakan hal yang cukup sulit. Meskipun sejak kecil telah familiar dengan nama Solo, tetapi sebelumnya aku belum pernah bertandang ke Solo sekalipun. Bahkan saudara di Solo pun tidak ada. Tidak mungkin aku bertanya satu persatu pada masyarakat Solo segala hal mengenai kota Solo dan peristiwa yang telah terjadi di Solo untuk mengenal kota ini lebih dekat. Solusi yang paling tepat menurutku adalah membaca tulisan yang selalu up to date mengenai Solo. Semenjak itu aku mulai akrab dengan harian umum terbesar di Solo Raya bernama harian Solopos.
Mengapa harian Solopos yang kupilih untuk mengenal Solo? Menurutku nama harian Solopos sangat merepresentasikan Kota Solo itu sendiri sehingga Solopos adalah pilihan utamaku untuk mengenal kota Solo lebih dekat. Namun demikian, aku dibenturkan pada sebuah permasalahan, “Solopos kan sebuah harian umum, sebagai anak kos budget untuk membeli koran setiap hari pasti sangat memberatkan”. Lalu aku memiliki sebuah solusi untuk terus mengetahui berita ter-update dan lebih mengenal Solo, yaitu rajin ke perpustakaan, baik perpustakaan fakultas maupun universitas. Setiap selesai kuliah atau ketika menunggu jam masuk kuliah, sembari mencari buku mata kuliah tertentu aku meluangkan waktu sejenak untuk membaca harian Solopos.
Lambat laun aku mulai nyaman membaca dan ketagihan akan informasi yang disajikan di Solopos karena informasi yang diberikan ringan (tersaji dengan bahasa yang mudah dipahami), aktual, dan lengkap. Mulai dari berita tentang daerah Solo Raya (Karanganyar, Sragen, Sukoharjo, Wonogiri, Klaten, Boyolali, dan Surakarta) terkini sampai berita nasional, internasional, gagasan, ekonomi bisnis, olahraga. Ada juga rubrik berisi lowongan pekerjaan dengan sebutan CESSPLENG (nama yang lucu dan aneh). Satu hal lagi yang membedakan Solopos dengan koran lainnya yaitu rubrik AH… TENANE. Pada bagian itu ada nama-nama yang nyeleneh, seperti Jon Koplo, Tom Gembus, Lady Cempluk, dan Gendhuk Nicole yang menghadirkan humor segar. Tanpa disadari informasi dari harian Solopos juga sering menginspirasiku tentang judul Karya Tulis yang hendak aku ikutkan dalam perlombaan. Terima kasih Solopos karena telah mengenalkanku lebih dekat dengan Solo, #SoloposPaketLengkapku #Soloensis

Apakah tulisan ini membantu ?

yuni153

Mahasiswi Administrasi Perkantoran UNS 2013

View all posts

Add comment