Soloensis

Screening kesehatan pelajar

Kegiatan penjaringan kesehatan anak sekolah (screening) dilakukan oleh UPTD Puskesmas Purwosari Surakarta, Selasa (20/15/15). Dilaksanakan kepada 60 siswa kelas X di SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Surakarta.

Secara bergiliran siswa diperiksa kesehatannya yang meliputi Pemeriksaaan kesehatan Umum, Pemeriksaan Kesehatan Gigi dan Pemeriksaaan kesehatan remaja. Mula-mula siswa-siswi yang hendak diperiksa takut, karena akan ketahunan kekurangan kesehatannya.

Seperti yang dialami oleh Wahyu Kusuma Jati, merasa berdebar-debar saat pemeriksaan diawali dengan ukur tinggi badan, berat badan dan test mata. Khususnya membaca huruf tekek, untuk uji atau tes buta warna. Namun setelah rangkaian kesehatan dijalani, merasa sangat senang dan bangga ternyata semuanya sehat dan lancar. “ aku sehat namun sayang saat ukur tinggi badan kelihatannya ada yang keliru,” ujar siswa kelas X A ini.

Tim kesehatan dari UPTD Puskesmas Purwosari yang datang terdiri dari Dr. Anita Windriani, Drg. Sri Maharani dan Winarni S.Kep. dengan dibantu seorang notulis. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menindak lanjuti Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang sudah rutin dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Surakarta. “ Dalam kesempatan ini siswa juga disodori kuisener yang harus diisi berupa riwayat kesehatan, informasi imunisasi, kesehatan keluarga dan lain-lain,” ujar Dr. Anita.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan setelah mengetahui manfaat dan faedahnya dengan mengetahui kesehatan sejak dini, siswa-siswi merasa senang dan puas. Bahkan ada siswa kelas lain yang tidak diperiksa merasa iri dan ingin ikut agar segera terdekteksi kesehatannya. (han)

Apakah tulisan ini membantu ?

Add comment