Soloensis

Trik Menyusun Menu dan Daftar Harga Nasi Kotak Agar Terlihat Lebih Menarik

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tak bisa dipungkiri jika usaha dibidang kuliner menjadi salah satu bisnis yang banyak diminati. Tak hanya bagi para pemula, mereka yang sudah lama terjun di dunia bisnis pun banyak yang tertarik untuk memulai usaha kuliner. Mengapa demikian? Hal ini tentu saja tak luput dari iming-iming keuntungan yang ditawarkan. Beberapa sumber mengatakan jika keuntungan yang bisa didapatkan di dunia kuliner dapat mencapai 200 hingga 300%. Jadi siapa yang tak tergiur dengannya?

Memang bisa dikatakan jika bisnis di bidang ini tak akan lekang oleh zaman, sebab berkaitan erat dengan urusan perut manusia. Namun dengan banyaknya orang yang ingin menggeluti usaha kuliner maka persaingan pun semakin ketat. Jadi selain menyediakan layanan terbaik dan jenis menu yang bervariasi, Anda yang juga ingin terjun ke bisnis kuliner, seperti catering harus pandai-pandai menyusun menu dan daftar harga nasi kotak agar terlihat menarik.

Untuk menginspirasi Anda, berikut beberapa trik untuk membuat tampilan menu dan daftar harga nasi kotak yang menarik yang dapat dicoba.

Golongkan Menu dari Jenis Nasinya

Saat ini untuk menu nasi kotak tak hanya untuk nasi putih saja, namun juga ada berbagai jenis olahan nasi yang dapat dicoba untuk ditawarkan pada konsumen. Sebut saja seperti nasi kuning, nasi liwet, nasi langgi, hingga nasi daun jeruk yang saat ini tengah populer. Berbagai pilihan ini tentu akan sangat menarik, dan menentukan apa saja lauk yang nantinya akan dipilih sebagai lauk pendamping.

Golongkan Menu Berdasarkan Jenis Lauk

Saat membuka usaha catering tentu Anda harus mengetahui apa saja menu lauk yang akan ditawarkan pada konsumen. Semakin banyak pilihan maka akan semakin bagus. Namun agar lebih memudahkan konsumen dalam menentukan lauk yang akan dipilih, maka Anda perlu menyusun menu dan daftar harga nasi kotak berdasarkan lauk olahannya. Contohnya seperti membuat satu daftar tersendiri untuk menu olahan ayam, kemudian satu daftar lain khusus untuk olahan dari daging sapi, udang, maupun sayuran.

Susun pilihan lauk yang ada di masing-masing daftar menu sesuai urutan alphabet, misalnya untuk menu olahan ayam, di urutan pertama Anda bisa menuliskan Ayam Asam Manis, kemudian di baris kedua Ayam Bumbu Bali, dan seterusnya. Dengan cara seperti itu, maka konsumen akan lebih cepat menemukan menu yang diinginkan. Oh ya jangan lupa juga untuk mendeskripsikan setiap menu masakan yang ada, agar konsumen dapat lebih mudah memahami menu yang ditawarkan.

Golongkan Menu Makanan Berdasarkan Cara Pengolahan

Selain penggolongan menu berdasarkan jenis olahannya, Anda juga bisa menyusun menu dan daftar harga nasi kotak berdasarkan cara pengolahan. Semisal, menyendirikan daftar untuk menu makanan yang dimasak dengan cara digoreng, dibakar, dan juga membuat daftar tersendiri untuk menu-menu berkuah atau dimasak dengan cara direbus. Anda juga bisa menambahkan pada daftar menu, jenis masakan bercitarasa pedas, maupun sambal pada bagian tersendiri sehingga bagi para pecinta pedas pun bisa menemukan menu favorit mereka dengan mudah tanpa perlu bertanya masakan apa yang memiliki rasa pedas.

Tidak Lupa Memberi Gambar Pada Setiap Menu

Agar tampilan menu dan daftar harga nasi kotak milik catering Anda lebih menarik jangan lupa untuk mencantumkan gambar atau foto menu untuk setiap masakan. Hal ini bertujuan agar konsumen dapat membayangkan bagaimana bentuk atau tampilan menu yang akan dipesannya. Alangkah baik jika gambar menu yang ada merupakan foto asli dari masakan yang Anda buat sendiri.

Agar hasil maksimal, Anda dapat meminta bantuan pada orang yang ahli dalam bidang ini seperti food fotografer misalnya. Selain memfoto, mereka biasanya juga akan membantu Anda untuk mengedit foto agar tampak menarik. Dan bila ingin tampilan menu dan daftar harga nasi kotak miliki usaha Anda terlihat profesional, Anda juga bisa meminta bantuan untuk mendesain buku menu pada jasa design graphis profesional.

Memiliki Menu dan Daftar Harga Nasi Kotak Paket

Tak jarang beberapa konsumen biasanya akan mencari jasa catering yang menyediakan pilihan menu paket untuk memudahkan mereka dalam memilih menu nasi dan lauk yang diinginkan. Jadi alangkah lebih baik jika di dalam menu dan daftar harga nasi kotak juga tersedia menu paket.

Anda bisa membagi menu dan daftar harga nasi kotak paket berdasarkan klasifikasi harganya. Contohnya, Anda bisa membuat beberapa menu paket seperti;

  • Paket Nasi Kotak Murah A yang berisikan nasi, satu jenis lauk olahan ayam, satu jenis sayur, satu jenis sambal, dan kerupuk.

  • Paket Nasi Kotak Murah B yang berisikan nasi, satu jenis lauk olahan ayam, satu jenis gorengan, dua jenis sayur, satu jenis sayur satu jenis sambal, dan kerupuk

  • Paket Nasi Kotak Murah C yang diisi dengan satu lauk olahan ayam, satu jenis lauk tambahan (udang,daging), gorengan, satu jenis sayur, sambal, dan kerupuk

Anda dapat membuat menu dan daftar harga nasi kotak paket sendiri sesuai dengan rancangan, yang tentunya disesuaikan dengan harga per porsi dari masing-masing paket. Biasanya para konsumen lebih tertarik dengan menu paket karena lebih memiliki harga lebih murah jika dibandingkan dengan memesan menu per item. Selain itu dengan memilih menu paket, konsumen juga tidak perlu repot untuk memadupadankan menu satu dengan yang lainnya.

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Mikail Haykal

Pecinta kuliner dan kopi

Add comment