Soloensis

5 Ide Menu Nasi Kotak Untuk Syukuran Dengan Harga Murah

Masyarakat Indonesia dikenal sebagai orang-orang yang memegang teguh adat, tradisi, dan budaya yang diwariskan oleh nenek moyang. Walau ada beberapa diantaranya mulai tergerus zaman, namun beberapa tradisi masih sering dilakukan dalam kehidupan orang Indonesia. Salah satunya adalah tradisi syukuran. Syukuran atau yang oleh masyarakat jawa sering disebut sebagai selamatan ini adalah tradisi yang dilakukan dengan mengundang keluarga, kerabat, dan juga tetangga untuk berkumpul bersama guna melakukan acara doa bersama (pengajian).

Biasanya acara ini diadakan saat seseorang tengah menerima kebahagiaan, seperti menempati gedung atau rumah baru, berulang tahun, akan membangun rumah atau gedung, dan sebagainya. Tak hanya doa bersama dalam tradisi syukuran juga akan diisi dengan acara makan bersama. Jika dahulu biasanya  acara makan bersama diadakan dengan cara kembulan, maka kini banyak orang lebih memilih menyajikan menu nasi kotak untuk acara syukuran karena lebih praktis dan higienis.

Walau terbilang cukup praktis, namun sering banyak orang dibuat bingung dalam menentukan pilihan menu nasi kotak untuk syukuran yang akan dibagikan. Nah, berikut ini beberapa inspirasi menu nasi kotak yang cocok untuk disajikan untuk acara syukuran.

Nasi Daun Jeruk

Jika ingin menyajikan menu nasi kotak untuk syukuran yang spesial maka Anda bisa mencoba hidangan nasi yang saat ini sedang naik daun, yaitu nasi daun jeruk. Nasi daun jeruk ini memiliki kombinasi rasa gurih dan aroma harum dari daun jeruk yang membuat hidangan nasi kotak semakin terasa istimewa. Tambahkan lauk pelengkap seperti ayam panggang bumbu rujak, urap sayur, ikan wader goreng, dendeng balado, peyek udang, serta sambal daun jeruk maka citarasa nasi daun jeruk akan semakin sempurna.

Nasi Langgi

Indonesia memang dikenal dengan berbagai makanan daerah yang lezat dan memiliki citarasa autentik berkat bahan rempah-rempah yang digunakan dalam proses pemasakan. Salah satu makanan khas Nusantara yang cukup populer dan bisa dijadikan sebagai menu nasi kotak untuk syukuran adalah nasi langgi.

Nasi langgi merupakan makanan khas dari Jawa Tengah. Nasi ini dimasak dengan beberapa jenis bumbu rempah-rempah, santan dan juga asam Jawa. Sebagai pelengkap menu nasi kotak untuk syukuran ini, Anda bisa menambahkan lauk berupa osik daging khas Madura, serundeng pedas, kering tempe, udang goreng garing, telur dadar iris, kerupuk, serta lalapan dan sambal.

Nasi Pecel Madiun

Siapa sih yang dapat menolak citarasa gurih pedas manis bumbu pecel Madiun yang khas? Tak hanya cocok dijadikan untuk sarapan, nasi pecel Madiun juga bisa dijadikan alternatif mudah sebagai menu nasi kotak untuk syukuran, lho. Dan untuk menyempurnakan nasi kotak pecel madiun, Anda bisa menambahkan beberapa lauk pendamping. Misalnya saja seperti ayam goreng lengkuas khas Sumatera Barat dengan rasa yang gurih.

Perpaduan masakan dua daerah tersebut tentu saja menghadirkan rasa lezat yang autentik dan nagih. Selain ayam goreng lengkuas, Anda juga bisa menyempurnakan citarasa menu nasi kotak untuk syukuran ini dengan kering tempe, serta peyek udang atau peyek kacang. 

Nasi Ayam Bumbu Bali

Bila ingin menyediakan menu nasi kotak untuk syukuran dengan citarasa pedas namun masih dapat ditolerir oleh lidah semua kalangan, maka nasi kotak dengan lauk utama berupa ayam bumbu bali bisa menjadi pilihan. Untuk menyempurnakan rasa dari nasi ayam bumbu bali ini, Anda bisa menambahkan urap sayur serta bumbu urap, serta peyek kacang. Dijamin hidangan nasi kotak untuk syukuran Anda akan terasa semakin spesial.

Nasi Liwet

Nasi liwet adalah salah satu menu atau masakan khas Solo yang cukup terkenal. Pada mulanya nasi yang dimasak dengan beberapa jenis bumbu rempah ini dikenal sebagai nasi penolak bala atau penolak nasib buruk oleh warga setempat. Biasanya para warga akan membuat nasi liwet untuk dijadikan sesajen maupun hidangan makan bersama dalam beberapa acara adat.

Namun seiring berkembangnya zaman, menu nasi liwet pun kini bisa ditemukan di banyak rumah makan atau restoran yang menyediakan hidangan khas Jawa. Jika Anda memilih nasi liwet sebagai menu nasi kotak untuk syukuran, Anda dapat melengkapinya dengan lauk pauk berupa, ayam sisit bumbu opor, sambal goreng krecek, telur pindang, tumis jagung, serundeng, serta sambal bajak.

Itu tadi kelima ide menu nasi kotak untuk syukuran yang bisa dicoba sebagai sajian di acara spesial. Namun bila Anda merasa tidak memiliki waktu untuk menyiapkan masakan untuk syukuran seorang diri tak perlu khawatir. Pasalnya saat ini telah banyak jasa catering yang siap melayani permintaan menu yang sesuai dengan keinginan Anda.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Mikail Haykal

    Pecinta kuliner dan kopi

    View all posts

    Add comment

    Topic