Soloensis

Bagaimana Cara Membangun Komunitas Grup Facebook Anda?

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komunitas online sangat berfungsi untuk mengumpulkan sekelompok anggota dengan ketertarikan yang sama. Kegiatan ini bermanfaat untuk mencari atau menyebarkan suatu informasi sesuai dengan minat anggota yang tergabung di dalamnya. Informasi yang akurat akan selalu dibutuhkan oleh setiap orang. Anda akan mudah mendapatkan informasi jika tergabung dalam suatu forum. Terbentuknya suatu komunitas dapat memberi dampak positif yang luar biasa. Dengan peluang inilah pembuatan grup facebook sangat berpengaruh dalam proses untuk menjalin interaksi sosial.

 

 

Grup dibangun berdasarkan minat atau tujuan yang berfokus pada bisnis. Tentu akan sangat menyenangkan jika melakukan kegiatan dengan target yang jelas dan memiliki minat yang sama. Media komunikasi secara virtual dilakukan melalui integrasi secara online. Kegiatan ini memiliki dampak yang luar biasa pada bisnis yang dijalankan secara digital. Dengan melihat peluang tersebut, adapun beberapa kiat yang dapat Anda gunakan untuk membangun komunitas yang terlibat dalam Grup Facebook Anda, termasuk:

 

1. Ketahui Tujuan Dibuatnya Grup Anda

Grup dibangun berdasarkan minat atau tujuan yang sama, seperti melakukan aktifitas sesuai hobi atau menginformasikan berita menarik yang berfokus pada bisnis juga. Umumnya, komunitas akan menyelenggarakan kegiatan sesuai jadwal yang telah disepakati bersama para anggotanya. Dalam komunitas, tentu saja fungsi utamanya adalah berbagi kegemaran yang sama. Orang-orang yang bertemu dengan kesenangan sama juga dapat menjadi sahabat dan mudah dalam menyatukan visi dan misi yang akan dicapai.

 

 

Kekompakan untuk mempererat hubungan antar anggota dalam suatu komunitas seperti mengadakan pertemuan rutin, tentu sangat diperlukan. Tujuan yang selaras antar anggota dalam suatu grup juga tidak kalah penting jika ingin bergabung didalamnya. Jika suatu komunitas sudah memilik

i ketergantungan satu sama lain, hal ini akan memudahkan penyelenggaraan atau kegiatan bertukar informasi yang akan berlangsung di dalam sebuah forum.

 

2. Tetapkan Aturan untuk Interaksi Grup

Sebelum melakukan penambahan anggota baru yang akan bergabung di dalam grup, ada baiknya jika membuat peraturan sebagai patokan untuk memperjelas aktifitas yang akan berjalan selama menjadi anggota dalam komunitas tersebut. Panduan mengenai komunitas dibuat untuk memperjelas kegiatan dalam melakukan interaksi yang akan atau sedang diadakan oleh anggota yang tergabung.

 

Kegunaan lain dalam menetapkan interaksi di dalam komunitas adalah memberi dukungan terhadap pemasaran digital yang sedang berlangsung ataupun kolaborasi antar anggota yang tergabung. Selain itu, memiliki aturan dalam grup juga dapat mencegah konflik atau review negatif. Memberikan perasaan aman kepada para anggota adalah tujuan utama untuk mencapai keselarasan selama menjalankan grup tersebut.

 

3. Prioritaskan Diskusi Setiap Hari

Bangunlah komunikasi yang lebih dekat di dalam forum Facebook Anda. Diskusikan topik sebagai bahan obrolan dengan moderator yang lain. Mulailah membentuk obrolan secara real-time. Tuliskan konten yang bermanfaat serta unik dan akurat. Misalnya berbagi tips yang sesuai dengan tema grup yang anda buat atau bahkan membuat pemberitahuan mengenai tercapainya pertemuan yang pernah dilakukan pada forum yang dibuat.

Lakukan obrolan berlanjut secara intens dan konsisten setiap harinya. Atur waktu dalam memulai setiap percakapan maupun berbagi informasi bersama audiens. Jadikan akun grup anda sebagai pusat dalam penerimaan dan bertukar informasi bagi para anggota. Setelah melakukan komunikasi dengan audiens yang potensial, diskusi antar anggota akan tercipta secara aktif. Proses inilah yang akan membantu komunitas Anda berkembang.

 

4. Undang  Audiens dan Promosikan Grup Facebook Anda

Gunakan halaman Facebook untuk mengiklankan komunitas yang anda buat. Lakukan promosi dengan menggunakan strategi yang efektif seperti menemukan kelompok dengan tujuan yang sama, sehingga penyampaian ide yang selaras dapat terlaksana dengan baik. Penambahan anggota dengan ketertarikan yang sama juga akan hadir ketika Anda memulai promosi dengan Langkah yang tepat.

Promosi dilakukan untuk menarik anggota dengan ketertarikan terhadap konten marketing yang disajikan. Kesamaan minat suatu anggota kelompok akan mempermudah mereka untuk mencapai fokus yang akan dituju. Kirimkan mereka penawaran melalui pesan yang bertujuan untuk menarik minat mereka dalam melakukan kegiatan yang relevan agar berlangsung secara baik.

 

Para pengelola komunitas/grup berbasis online biasanya akan melakukan kegiatan secara online. Maka dari itu tidak heran jika Facebook merupakan platform yang paling maju dalam membantu perkembangan suatu bisnis. Sebagai alat untuk berbagi informasi yang memberikan pengalaman belajar kepada orang lain melalui pertemuan atau komunitas yang melakukan kolaborasi secara online maupun offline.

 

Cobalah untuk menjalankan beberapa teknik yang sudah tertera diatas. Mulai jalankan metode ini selama setidaknya satu minggu untuk menarik beberapa audiens yang sudah ditargetkan. Ini bertujuan untuk memberikan pengalaman menarik terhadap klien sesuai kegemaran yang sama. Sehingga Anda dapat mengetahui dan memulai kegiatan di dalam grup dengan menyampaikan konten melalui video Facebook Live, maupun informasi melalui tautan Facebook.

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Algo Sea Biz

Algo Sea Biz menyediakan jasa dan layanan pembuatan website, manajemen media sosial, pembuatan konten dan pelbagai jenis layanan lainnya yang dapat membantu menumbuhkembangkan bisnis online.

Add comment