Soloensis

Bayar Tagihan Makin Irit, Terapkan 5 Tips Mengurangi Tagihan Listrik Ini

Tagihan listrik naik terus setiap bulan? Jika benar demikian, Anda perlu menerapkan tips mengurangi tagihan listrik supaya makin irit. Sebenarnya, cara mengurangi tagihan listrik mudah dilakukan. Namun sayangnya kebanyakan orang tidak menyadari cara mengurangi tagihan listrik setiap bulan. Tidak usah panik, berikut 5 tips menghemat listrik yang dilansir dari bebasbayar.com :

1. Gunakan Penanak Nasi Hemat Daya

Saat Anda ingin memasak nasi menggunakan penanak nasi, kami biasanya suka mengisi air dengan air dingin. Lupakan rutinitas ini mulai sekarang jika Anda ingin menghemat lebih banyak pengeluaran atau tagihan listrik di rumah Anda.

Jika Anda ingin memasak nasi dengan penanak nasi, gunakan air yang sudah dipanaskan terlebih
dahulu. Karena dengan begitu proses memasak nasi akan semakin pendek karena proses pemanasan tidak menggunakan listrik. Proses memanaskan air menggunakan listrik akan membutuhkan jumlah listrik yang sangat besar.

2. Gunakan Setrika dengan Kontrol Suhu Otomatis

Tentunya hal semacam ini bisa Kamu jawab sendiri. Ketika kita menggunakan setrika yang tidak memiliki pengatur panas secara otomatis, listrik selalu mengalir sepanjang proses menyetrika. Sekarang kegiatan ini tidak termasuk dalam tips mengurangi tagihan listrik.

3. Gunakan Mesin Cuci Sesuai Kapasitas

Jika kita mencuci pakaian di mesin cuci dalam jumlah banyak pada saat yang bersamaan lebih praktisdan lebih cepat selesai. Tetapi tanpa kita sadari ketika kita telah membebani mesin cuci yang berada di luar kapasitasnya.

Banyak kerugian saat mencuci di mesin cuci melebihi kapasitasnya. Sebab ketika mesin cuci bekerja dengan beban di luar kemampuannya, mesin cuci akan bergetar hebat karena berat yang tidak seimbang.

4. Jangan Taruh Makanan Panas di Kulkas

Tidak disarankan untuk menaruh makanan panas di lemari es atau kulkas.

Tidak hanya itu akan menyebabkan makanan cepat saji basi, Anda tahu. Tapi, hal semacam ini juga akan berdampak negatif pada tagihan listrik Anda kan? Yap, bengkak. Sebab kulkas akan menyedot lebih banyak listrik untuk segera mendinginkan makanan atau minuman panas yang Anda masukkan.

5. Ventilasi Udara yang Baik

Ini merupakan tips sederhana untuk mengurangi tagihan listrik rumah. Jika Anda membuat ventilasi
udara yang baik untuk ruangan di rumah kamu, ini merupakan ide cemerlang untuk mengurangi
penggunaan perangkat elektronik seperti AC, kipas angin, dan lampu. Kontrol ini sangat membantu mengurangi tagihan listrik dan untuk penerangan yang efektif juga.

Jadi tanpa penerangan dari lampu, rumah kita akan selalu cerah, tetapi tetap nyaman. Nah begitulah tips mengurangi tagihan listrik sehingga Anda membayar tagihan listrik yang lebih efisien.  Terapkan 5 tips ini secara konsisten, maka Anda bisa melihat perubahan pembayaran tagihan
listrik bulanan Anda.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment