Soloensis

Solopos Wadah Pemberi Inspirasi

Hanyalah sosok pelajar SMA yang lahir sebelum tahun krisis moneter, menyukai dunia kepenulisan, seni dan public speaking. Kurang lebih satu tahun yang lalu, tepatnya awal semester 3, aku mengalami fase di mana aku merasa menulis merupakan moodbooster ketika aku mulai penat dengan seabrek materi yang selalu menghantui. Berlembar tulisanku hanya kumuat dalam sebuah buku note mini yang selalu menemani kemanapun aku pergi. Sempat terlintas di benakku bahwa kegiatanku terlalu sia-sia jika semua hasil hanya bisa kunikmati sendiri.
Hingga suatu hari, aku mendapatkan sebuah pesan mengenai wadah penampung bakat para jurnalis muda yang selalu diadakan oleh Solopos tiap 6 bulan sekali, yaitu program Wasis (Wartawan Siswa). Aku mencari tahu mengenai program itu, kemudian aku mulai mencoba menuangkan ide-ideku dalam sebuah tulisan berbentuk berita dan mengirimkan pada redaksi. Beberapa tes aku ikuti dan akhirnya hasil memang tak pernah mendustai usaha, aku berhasil menjadi salah satu diantara lima Wartawan Siswa yang diambil dari beberapa kota se-Karesidenan Surakarta.
Suka, duka, tawa bahagia akan suatu hasil dan cucuran peluh adalah sebuah gambaran rasaku menjadi seorang wartawan siswa. Betapa membanggakannya ketika jerih payah selalu menghasilkan sebuah karya yang mampu memberi inspirasi bagi kaum muda yang membacanya. Bergulat dengan ratusan orang dari berbagai kalangan dan berpacu pada sebuah deadline membuatku belajar menghargai betapa berharganya setiap detik waktu yang berjalan. Kebersamaan dan kekeluargaan yang kental serta belajar menjadi seorang rekan kerja adalah nilai paling berharga yang dapat kuambil dari pekerjaan singkatku ini.
Bersama Solopos, aku mengerti makna menghargai tiap tetesan keringat atas kerja keras yang sebenarnya, mengerti akan perlunya ketelatenan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan dan arti dari sebuah kekompakan. Bersama Solopos, hobiku tak lagi sekedar sebagai obat pelepas penat, tetapi menjadi sebuah karya yang bermanfaat bagi semua kalangan yang membacanya. Dan bersama Solopos pula, aku memiliki keluarga yang saling memberi inspirasi untuk mencapai prestasi.

Apakah tulisan ini membantu ?

DIkaAdityas

SMAN 2 Klaten - Wartawan Siswa XV

View all posts

Add comment