Soloensis

Ragam Bahasa Twitter yang Harus Kamu Tahu

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Di Twitter, kamu bisa dengan bebas berinteraksi dengan siapa saja, dan anak-anak Twitter dinilai cenderung lebih terbuka untuk bercanda-canda dengan orang-orang yang belum dikenal sekalipun.

Kata Klikjon.com saja, Twitter sendiri adalah salah satu platform media sosial paling popular di dunia, yang digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari selebriti, tokoh, pejabat, media berita, influencer, hingga rakyat jelata.

Kalau kamu anak baru di Twitter, pasti akan kebingungan ketika membaca berbagai kata-kata asing khas Twitter seperti “nder”, “sjw”, “ngab”, dan lain sebagainya.

Maksud dari ragam bahasa Twitter adalah kata-kata asing di kehidupan sehari-hari, tapi ternyata sangat popular di kalangan anak-anak Twitter.

Kata-kata ini sangat sering ditemukan di kolom komentar di sebuah postingan Twitter dari akun populer

Nah, kalau kamu merasa kebingungan, maka pantas saja kamu sampai di artikel ini, karena artikel ini akan membahas arti dari kata-kata asing tersebut.

Daripada kelamaan, berikut beragam kata bahasa Twitter yang mesti kamu tahu sebagai anak Twitter.

1. Tweet

Sama seperti status kalau di Facebook. Tweet adalah pesan teks yang diposting oleh pengguna Twitter untuk berbagi sesuatu.

Dengan tweet, pengguna Twitter juga bisa membagikan berkas lain selain teks, seperti gambar, GIF, video, tautan, dan bahkan bisa juga mengadakan polling.

2. Thread

Thread adalah tweet bersambung yang membahas suatu topik tertentu. Istilah ini sama saja dengan kata kultwit atau kuliah Twitter, karena berisi banyak tweet yang membahas satu topik.

Biasanya, thread bisa juga berisi kisah, informasi menarik, tips dan trik, dan lain sebagainya.

Pengguna Twitter biasanya suka berbagi kisah pengalaman hidup dengan membuat thread di Twitter.

3. JB

JB adalah singkatan dari “join bareng”. Atau, sebagian juga menggunakan kata JBJB yang berarti sama saja. Biasanya, anak-anak Twitter menggunakan kata ini ketika ingin ikut nimbrung dalam percakapan tersebut.

4. Acc

Kalau dalam bahasa Inggris, acc bisa berarti “accepted”. Tapi berbeda jika di Twitter, acc bisa berarti “account”. Dalam konteks yang sama, ada beberapa istilah lain yang berkaitan dengan ini:

·        PA atau personal account, yaitu akun pribadi dengan foto sendiri.

·        CA atau cyber account, yaitu akun palsu yang menggunakan foto orang lain.

·        FA atau fan account, yaitu akun yang digunakan untuk aktivitas fans dari seorang artis.

·        BA atau business account, yaitu akun yang memang diperuntukkan untuk kegiatan usaha atau bisnis.

·        RP atau roleplayer, yaitu akun yang digunakan untuk bermain layaknya cosplay.

5. Retweet

Retweet adalah satu fitur di Twitter ketika kamu ingin membagikan tweet orang lain dalam tweet kamu. Dengan retweet ini, informasi dari tweet tersebut akan muncul sebagai tweet kamu.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan quote tweet, yaitu untuk membagikan tweet tersebut dengan tambahan teks berupa komentar kamu tentang tweet tersebut,

6. Alter

Alter atau akun alter adalah sebuah akun yang memberikan citra lain yang berbeda dari sifat aslinya. Akun ini biasanya digunakan untuk menunjukkan sisi lain dari sifat penggunanya tanpa diketahui orang lain dari dunia nyata.

7. Mutualan

Mutualan adalah kata yang digunakan untuk mengajak seseorang untuk saling follow di Twitter. Kata ini juga nggak begitu asing di Twitter. Karena dengan mutualan, kitab bisa mendapatkan teman dengan mudah.

8. Salty

Kalau kata Ivan Lanin, seorang ahlu bahasa Indonesia, salty bisa dibilang di-salty-in yang berarti disindir, dicela. Sepertinya, kata asin bisa dimaknai sebagai sebuah celaan.

Tapi dari sumber yang lain, salty adalah bahasa slang dari garam menjadi geram. Istilah ini digunakan untuk menunjukkan rasa kesal terhadap suatu tweet.

9. Nder

Nder adalah kalimat sapaan dari sender yang artinya pengirim. Istilah ini adalah kalimat sapaan kepada pembuat tweet. Para pengguna Twitter sudah biasa memanggil si pembuat tweet dengan panggilan nder.

10. SJW

SJW adalah singkatan dari Social Justice Warrior, atau pejuang keadilan sosial. Istilah ini biasa digunakan untuk menyebut netizen yang selalu merasa benar sendiri secara berlebihan, dan menganggap orang-orang yang berlawanan selalu salah.

***

Nah, itulah kira-kira beragam bahasa Twitter dasar yang kudu kamu mengerti sebagai anak baru di Twitter. Bagaimana, sudah berasa anak Twitter banget, kan?

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Heru Cules

Suka menulis tentang social media.

Add comment