Soloensis

Cara Membuat Acara yang Meriah dengan Konsep yang Kreatif

Anda mungkin sudah mengetahui atau menggunakan jasa event organizer sebelumnya. Biasanya, Jasa event organizer digunakan atau disewa untuk merencanakan sampai melaksanakan sebuah acara.

Namun tahukah anda membuat ide sebuah acara bukanlah hal yang mudah, Banyak hal yang dibutuhkan dari merancang sebuah konsep yang kreatif membuat anggaran acara yang efektif sampai bertanggung jawab mensukseskan sebuah acara. Cara Membuat Acara Event Organizer dalam artikel ini akan membantu anda memudahkan membuat acara dengan konsep terbaik.

 

  1. Menentukan tujuan adalah hal yang paling utama dalam membuat sebuah acara / event organizer. Ada beberapa jenis acara seperti corporate gathering, rapat kerja, product launching, sampai acara wisuda. Sebelum membuat sebuah acara pastikan dulu sudah merencarakan sebuah konsep seperti acara didalam gedung ruangan yaitu indoor  atau diluar yaitu outdoor.

  2. Pilih tema yang kreatif. 

Ada 2 poin dalam pemilihan tema

Yang pertama Keunikan yaitu Tema unik dengan pemilihan tema yang unik dan menarik perhatian, Pastikan Tema tersebut relevan dengan tujuan acara dan target audience.

Yang kedua Dekorasi yaitu buatlah dekorasi atau set acara dengan tema untuk menciptakan suasana yang menarik untuk mendukung sebuah konsep acara

  1. Rencanakan anggaran, buatlah semua daftar kebutuhan acara dan alokasikan anggaran untuk setiap kategori seperti vanue, catering, dekorasi, hiburan dan lainnya

  2. Pilihlah lokasi yang tepat, Pertimbangkan kapasitas dan fasilitas, pastikan lokasi dapat menampung semua tamu dan memiliki fasilitas yang memadai dan pilihlah lokasi yang mudah diakses oleh tamu anda.

  3. Buat timeline dan rencana kerja untuk mencakup dari awal hingga akhir acara dan pastikan tata letak tempat acara mendukung aliran yang lancar dan nyaman bagi tamu.

  4. Hiburan dan aktivitas, Pilih hiburan yang sesuai seperti Band live, MC atau pertunjukan seni sesuai dengan tema dan preferensi audience

Sediakan photobooth, permainan, atau workshop yang dapat melibatkan tamu secara aktif.

  1. Catering dan minuman. Sajikan makanan dan minuman yang tidak hanya enak tetapi juga sesuai dengan tema acara.

  2. Pelaksanaan acara Pastikan Anda memiliki tim yang siap membantu selama acara berlangsung..Buat sistem check-in yang efisien untuk menghindari antrian panjang.

  3. Kumpulkan feedback: Gunakan survei atau wawancara untuk mendapatkan umpan balik dari tamu.

Review kinerja: Evaluasi apa yang berjalan baik dan apa yang perlu diperbaiki untuk acara berikutnya.

 

Dengan perencanaan yang teliti dan eksekusi yang baik, Anda bisa membuat acara yang meriah dan meninggalkan kesan yang mendalam bagi para tamu.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment