Soloensis

Berapa Ukuran Story Instagram yang Tepat?

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Instagram merupakan salah satu media sosial yang saat ini banyak digunakan untuk berbagai konten. Mulai dari foto liburan hingga video. Salah satu fitur yang disediakan dan bisa dimanfaatkan adalah instagram story. Ukuran story instagram berbeda dengan feed, karena hal tersebut jika Anda ingin mengunggah konten, Anda perlu mempertimbangkan ukurannya.

Lantas, Berapa Ukuran yang Tepat?

Jika Anda menggunakan instagram story, Anda memang bisa mengatur media yang Anda unggah di fitur tersebut, misalnya dibuat mengecil. Namun, jika Anda menggunakan template untuk instagram story, Anda bisa menggunakan ukuran 9:16.

Ukuran story instagram 9:16 ini, jika dirubah menjadi piksel adalah 1080 x 1920 px. 1080 px merupakan ukuran lebarnya sedangkan 1920 px adalah ukuran panjangnya. Jadi, media yang Anda buat tersebut memiliki posisi vertikal atau portrait.

Karena hal tersebut, jika Anda hendak membuat template instagram story, Anda bisa memasukkan ukurannya lebih dahulu. Dengan begitu, jika gambar atau video tersebut diunggah di instagram story, foto tidak akan terpotong.

Secara keseluruhan, ada 2 hal yang perlu diperhatikan saat Anda hendak membuat instastory baik untuk foto atau video yaitu seperti berikut:

  • Foto
  1. Piksel foto instagram story: 1080 x 1920 px atau ukuran portrait. Sebagai alternatif bisa menggunakan ukuran 720 x 1280 px, 450 x 800 px.
  2.       Aspek rasio: 9:16.
  3. Format foto instagram story dan ukuran: JPG atau PNG dengan ukuran maksimal 30MB.
  • Video

1.      Ukuran video: 1080 x 1920 px.

2.      Aspek rasio: 9:16.

3.      Resolusi minimal: 720p.

4. Format dan ukuran video maksimal: MOV atau MP4 dengan ukuran maksimal 4GB.

Selain itu, agar gambar yang Anda unggah tidak blur, ada beberapa tips dan triknya.

Ubah resolusinya dari yang awalnya hanya 1080 x 1920 px bisa Anda ubah ke bentuk square yaitu 1020 x 1020 px. Walaupun tidak full atau memenuhi layar seperti stories lainnya, namun setidaknya gambar tersebut tidak blur.

Merubah kualitas kamera ponsel ke pengaturan dengan hasil gambar terbaik. Dengan begitu, ketika foto Anda terunggah ke instagram stories, foto Anda tersebut tidak pecah. Gunakan aplikasi editor baik yang bisa digunakan di smartphone ataupun di desktop.

Cara Membuat Ukuran IG Story

Saat Anda hendak mengunggah file untuk instagram story, agar tampilannya bagus, maka Anda harus mengatur ukurannya lebih dulu. Salah satu caranya untuk mendapatkan ukuran story instagram di photoshop dengan memakai langkah yang ada di bawah ini.

1. Buka photoshop Anda terlebih dahulu. Jauh lebih mudah dan lancar apabila Anda memakai versi desktop.

2.    Pilih file > new  atau CTRL+N.

3.  Di bagian width, masukkan 1080 dan bagian height 1920. Jangan lupa untuk mengganti satuannya dengan pixels.

4.  Anda bisa mengatur yang lainnya, seperti background konten. Apakah Anda akan menggunakan yang transparan atau tidak.

5.      Jika sudah, klik ok.

6. Setelah itu Anda bisa membuat konten, misalnya gambar atau sekedar template untuk instagram story Anda.

7. Untuk menyimpannya, Anda bisa tekan CTRL+Shift+S atau file > save as. Lalu pilih format gambarnya. Apakah JPEG atau JPG atau PNG lalu ok.

Aplikasi Untuk IG Stories

Jika Anda tidak memiliki komputer atau Anda ingin lebih praktis, maka bisa memakai aplikasi ini. Sehingga Anda tidak perlu lagi bingung untuk membuat konten yang pas untuk diunggah ke instagram stories. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan dikutip dari semua tipe adalah sebagai berikut.

1.      Unfold

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang memiliki template dengan ukuran instagram story yang bisa Anda pergunakan. Jadi, Anda tidak perlu mengatur lagi berapa ukurannya. Bahkan Anda bisa langsung memilih template yang Anda inginkan dan mengeditnya, misalnya dengan gambar favorit Anda.

Setelah itu, Anda bisa menyimpan gambar tersebut. Kemudian mengunggahnya di media sosial seperti di instagram Anda.

Di unfload, Anda tidak hanya bisa membuat foto untuk IG Stories namun juga video. Anda bisa menggunakan efek vintage serta film deed untuk membuat foto dengan efek seperti menggunakan kamera analog.

Untuk kualitas eksportnya, Anda tidak perlu khawatir karena unfold memiliki kualitas gambar yang tinggi. Dengan begitu, gambar yang terunggah di media sosial Anda juga tidak akan pecah atau blur.

2.      Canva

Canva termasuk sebagai salah satu aplikasi yang bisa diinstal di android ataupun di iOS dengan beragam jenis template. 1 diantaranya adalah template untuk instagram, tidak hanya untuk stories namun juga untuk feed.

Anda bisa memilih jenis template mana yang tepat Ada banyak puluhan gambar dan template yang bisa dipilih sehingga foto Anda menjadi menarik.

Namun, pertimbangkan penggunaannya. Ini disebabkan karena ada yang gratis dan berbayar. Untuk yang berbayar, Anda akan mendapatkan template dengan jumlah lebih banyak. Keunggulannya, baik berbayar ataupun tidak, Anda bisa mengunduh file ke berbagai jenis format. Misalnya PNG, JPEG ataupun PDF.

3.      Insta Story

Sesuai namanya, aplikasi ini dipergunakan untuk membuat template atau media di instagram story. Ada banyak jenis template yang menarik yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Jika sudah diedit, Anda bisa langsung mengunggahnya ke instagram story Anda atau menyimpannya terlebih dahulu di smartphone Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengunggah foto yangs udah Anda edit tersebut di lain waktu.

Itulah informasi singkat mengenai ukuran instagram story yang perlu Anda ketahui. Sebaiknya buat instagram story sebaik dan seindah mungkin terutama jika berkaitan dengan bisnis Anda di instagram. Selamat mencoba dengan informasi yang kami sampaikan untuk Anda.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Nur Sholeh

Penulis lepas yang hobinya nulis, saya juga suka jalan-jalan, dan juga fotografi.

Add comment