Soloensis

DAMPAK PENCEMARAN LAUT

Laut adalah kumpulan air asin yang banyak dan luas di permukaan bumi.  Air laut tersusun atas campuran 96,5% air murni dan 3,5% material lain seperti garam-garaman, gas terlarut, bahan organik serta partikel tak terlarut.Berdasarkan sejarahnya, laut terbentuk sekitar 4,4 miliar tahun yang lalu, yang kadar air laut tersebut  sangat asam, dimana air yang mendidih dengan suhu sekitar 100°C,hal ini disebabkan oleh atmosfer bumi diisi oleh karbon dioksida yang banyak.keasaman inilah yang menyebabkan air laut hingga kini menjadi asin.

Pencemaran air laut terjadi akibat aktifitas manusia,terutama sampah dan limbah industri yang di buang sembarangan tanpa mendaur ulang kembali.pemcemaran laut di sebabkan berbagai jenis pencemaran diantara lainnya adalah pencemaran logam berat,pencemaran linbah rumah tangga ,pencemaran radio aktif,dan tumpahnya minyak.

Dampak pencemaran laut sangatlah banyak.mulai dari aspek ekonomi,ekologi,sosial,pertumbuhan trumbu karang dan terganggunya keseimbangan ekosistem laut.

Dari segi aspek perekonomian sudah sangat jelas bahwa,ketika air laut di cemari maka para pencari ikan di laut atau yang sering kita sebut sebagai nelayan ikan akan terganggu mata pencariannya,bukan hanya nelayan ikan saja bahkan para pencarikerang,kerang kepiting dan lain sebagainya atau mata pencarinnya yang berasal dari laut akan ikut terganggu ketika laut tercemar.Kemudian dampak sosial dari pencemaran tersebut adalah terganggunya aktifitas masyarakat pesisir karna tidak bisa melaut. Sementara dari ekologi banyak sekali ekosistem yang terganggu seperti terumbu karang yang rusak dan banyak ikan di lautan yang mati akibar pencemaran tersebur.

Pencemaran laut bisa terjadi dengan sengaja maupun tidak di sengaja,mulai dari pencemaran hal yang kecil sampai dengan pencemaran hal yang besar.

Salah satu contoh Pencemaran laut yang terjadi dengan tidak di sengaja yaitu insiden yang pernah terjadi di laut jawa karawang pada tanggal 12 juli 2019,penyebabnya terjadinya pencemaran tersubut adalah bocornya pipa dari pertamina yang tidak di sengaja oleh pihak pertamina.kemudian Pencemaran laut terjadi dengan senganja salah satu contohnya adalah pembuangan limbah pablik ke laut dan pembuangan limbah rumah tangga seperti sampah  pelastik.

Di kutip dari https://www.dictio.id/  Penanggulangan pencemaran laut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

1.Melakukan proses bioremediasi, diantaranya melepaskan serangga untu menetralisir pencemaran laut yang disebabkan oleh tumpahan minyak dari ledakan ladang minyak.

2.Fitoremediasi dengan menggunakan tumbuhan yang mampu menyerap logam berat juga ditempuh. Salah satu tumbuhan yang digunakan tersebut adalah pohon api-api (Avicennia marina). Pohon Api-api memiliki kemampuan akumulasi logam berat yang tinggi.

3.Melakukan pembersihan laut secara berkala dengan melibatkan peran serta masyarakat Usaha yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengurangi tingkat pencemaran laut diantaranya adalah :

a.Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya laut bagi kehidupan.

b.Menggalakkan kampanye untuk senantiasa menjaga dan melestarikan laut beserta isinya.

c.Tidak membuang sampah ke sungai yang bermuara ke laut.

d.Tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya seperti bom, racun, pukat harimau, dan lain-lain yang mengakibatkan rusaknya ekosistem laut.

e.Tidak menjadikan laut sebagai tempat pembuangan limbah produksi pabrik yang akan mencemari laut.

Saran saya sebagai penulis artikel ini  kepada pembaca adalah mari kita menjaga ke asrian laut dan ekosistemnya agar seimbang dan tidak berdampak buruk pada keberlangsungan hidup kita .

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Nurul Izzah

    Mahasiswa Fkm Uinsu

    View all posts

    Add comment