Soloensis

MENCIPTAKAN YEL-YEL KELOMPOK: SARANA PENYAMPAIAN WACANA LISAN DI FESTIVAL LITERASI DAN NUMERASI

dokumentasi pribadi
siswa SDN Kusumodilgan dengan berdiskusi untuk membuat yel-yel kelompok

 

Di SDN Kusumodilagan, Surakarta, semangat untuk meningkatkan literasi dan numerasi tidak hanya ditanamkan melalui pembelajaran formal di kelas, tetapi juga melalui kegiatan yang kreatif dan mengasyikkan yang diadakan oleh tim Kampus Mengajar Angkatan 7 di SDN Kusumodilagan. Salah satu kegiatan yang dilakukan siswa adalah pembuatan yel-yel kelompok saat mengikuti Festival Literasi dan Numerasi.

Festival Literasi dan Numerasi adalah sebuah gelaran yang diadakan oleh mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 di SDN Kusumodilagan untuk mengembangkan keterampilan literasi, numerasi dan kreativitas siswa. Acara ini bukan hanya sekadar kompetisi, tetapi juga ajang untuk meningkatkan rasa percaya diri dan keterampilan komunikasi siswa.

Pada kegiatan tersebut setiap kelompok siswa diwajibkan unutk membuat yel-yel. yel-yel tidak hanya menjadi hiburan semata, tetapi juga sarana efektif untuk menyampaikan pesan-pesan penting dengan cara yang menarik dan mudah diingat. Setiap kelompok di SDN Kusumodilagan berkompetisi untuk menciptakan yel-yel yang unik dan kreatif, yang tidak hanya mencerminkan semangat kebersamaan mereka tetapi juga nilai-nilai literasi dan numerasi yang mereka pelajari.

Pada proses pembuatan yel-yel kelompok ini, siswa-siswa bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil untuk merancang yel-yel mereka. Mereka mempertimbangkan tema-tema yang relevan, memilih kata-kata yang tepat, dan menggabungkan gerakan atau tarian sederhana untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Proses ini tidak hanya mengasah keterampilan kolaboratif tetapi juga kreativitas mereka dalam menyampaikan ide dengan cara yang berbeda.

Melalui kegiatan menciptakan yel-yel ini, siswa belajar untuk bekerja dalam tim, menghargai kontribusi setiap anggota, dan mengekspresikan ide-ide mereka dengan percaya diri. Mereka juga belajar tentang pentingnya komunikasi efektif dalam menyampaikan pesan kepada audiens yang luas.

 

Festival Literasi dan Numerasi di SDN Kusumodilagan, Surakarta, tidak hanya merangsang kreativitas siswa tetapi juga memperkuat keterampilan komunikasi lisan mereka melalui kegiatan seperti menciptakan yel-yel kelompok. Inisiatif ini tidak hanya memperkaya pengalaman belajar siswa tetapi juga memupuk semangat untuk terlibat aktif dalam proses pendidikan mereka.

Dengan demikian, yel-yel kelompok bukan hanya menjadi bagian dari acara festival, tetapi juga menjadi simbol semangat dan kolaborasi dalam memajukan literasi dan numerasi di SDN Kusumodilagan.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment