Soloensis

Berikut Fungsi Media Online Yang Perlu DIketahui

Fungsi Media Online – Media online artinya istilah umum untuk sebuah bentuk media yang berbasiskan telekomunikasi dan multimedia. Dalam hal ini pengertian media online dibagi menjadi dua , yakni pengertian secara umum dan khusus.

Untuk pengertian secara umum, pengertian media online ialah sarana komunikasi yang disajikan secara online di internet , mirip dengan situs web (website) dan perangkat lunak (app). Seperti misal perangkat lunak pesan WhatsApp dan Telegram juga termasuk media online pada pengertian umum.

Media online ( dalam jaringan ) disebut media online pada pengertian umum yakni semua jenis atau format media yang cuma dapat dijangkau lewat akses internet yang berisi text, photo, video, dan bunyi (audio). dengan istilah lain, media online dapat disimpulkan menjadi media yang dapat dijangkau lewat internet.

Dengan mengetahui pengertian media online secara awam ini dan menggunakan jasa rilis murah, maka dari itu  e-mail, mailing list, web, dan sosial media masuk dalam kelompok media online. Selain itu media online juga memiliki beberapa fungsi, tanpa berlama-lama langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Berikut Fungsi Media Online

1. Fungsi Pengawasan

Media online adalah sarana yang bisa dipakai untuk melakukan pengawasan pada kegiatan masyarakat. Misalkan pemberitaan soal bahaya melanggar peraturan lalu lintas. Kabar berita ini sebagai tindakan preventif supaya masyarakat mematuhi peraturan lalu lintas.

2. Fungsi Social Learning

Media online adalah media paling efisien dalam melakukan guiding dan pendidikan sosial ke semua masyarakat. Misalnya pendidikan politik. Dengan menyebarkan informasi soal pendidikan politik, dalam hal ini masyarakat diharapkan belajar dan memahami sedikit mengenai dunia politik.

3. Fungi Penyampaian Informasi

Media online digunakan sebagai sarana untuk penyampaian informasi yang cepat, serta tidak terbatas ruang dan waktu. Misalkan masyarakat Indonesia dapat mengetahui peristiwa terbaru yang terjadi di Amerika Serikat. Begitu halnya masyarakat negara lainnya yang dapat mengetahui informasi terbaru tentang Indonesia.

4. Fungsi Transformasi Budaya

Peranan media online ini juga berarti media online jadikan penghubung untuk beberapa keperluan, seperti politik, agama, hukum, perdagangan, militer, dan yang lain. Contohnya media online dijadikan perantara untuk memperkenalkan kebudayaan suatu daerah ke seluruh wilayah di Indonesia, bahkan juga dunia Internasional.

5. Fungsi Hiburan

Fungsi media online ini memungkinkan pemakai internet untuk mencari hiburan di media online. Misalkan membuka Youtube, Facebook, Instagram, atau situs lainnya yang berisi konten hiburan, seperti film, video, dan musik.

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang fungsi media online pada artikel kali ini. Jika Anda sedang mencari jasa untuk keperluan publikasi media online, Anda bisa mengunjungi jasa press release murah. Terima kasih sudah berkunjung, semoga ulasan di atas bisa menambah wawasan dan pemahaman tentang fungsi dari media online.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment