Soloensis

Jenis Ikan Mas Untuk Konsumsi dan Hias Aquarium

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Jenis Ikan Mas Untuk Konsumsi dan Hias Aquarium – Sudah menjadi rahasia umum kalau ikan hias mas merupakan salah satu jenis ikan yang pasti ada di aquarium di rumah untuk menyegarkan mata. Dan ikan Mas sendiri menjadi ikan yang punya banyak jenis. Ada Ikan mas khusus hias aquarium, ada juga ikan mas biasa untuk keperluan konsumsi.

Untuk konsumsi sekalipun, diluar sana banyak sekali yang suka ikan mas, jadi ikan ini bukan hanya untuk hiasan aquarium saja, tapi memang enak juga dimakan. Untuk memudahkan kamu dalam mengenal perbedaannya, yuk simak informasi berikut mengenai jenis jenis ikan mas.

Ikan Mas Punten

Namanya puntent karena pertama kali mulai berkembang, ikan ini di desa puntent yakni di Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. Ikan mas yang satu ini punya bentuk yang pendek dan punggunnya sedikit lebar dan tinggi. Ikan mas ini salah satu ikan konsumsi yang paling populer.

Ikan Mas Majalaya

Sama seperti Puntent, Ikan Mas ini juga diambil dari nama daerah yakni Majalaya. Ikan mas Majalaya punya bentuk yang lancip ke arah punggung dan pada bagian moncong terlihat berbentuk pipih. Ikan mas konsumsi ini sangat baik karena rasanya yang lezat dan gurih, apalagi majalaya mampu menghasilkan telur yang banyak sehingga membuat ikan mas ini begitu disukai orang.

Ikan Mas Sinyonya

Tidak kalah dari Punten dan Majalaya, ikan mas sinyonya juga sangat digemari oleh masyarakat. Untuk mengenali ikan ini sangatlah mudah karena punya ciri yakni sisiknya berwarna orange, warna yang sangat identik dengan ikan mas. Selain itu ikan mas ini mempunyai ciri dimana mata menonjol dan akan berubah sipit saat ikan sudah mulai menua atau berumur.

Ikan Mas Lokal

Kalauyang ini pasti sering deh kamu lihat, hehe. Ikan mas lokal ini memang belum bisa digilongkan ke ras ikan mas tertentu karena memang warna dan tubuhnya memiliki bentuk bermacam-macam. Untuk rasa, ikan mas ini cukup lezat dan gurih untuk disantap.

Itulah beberapa jenis ikan mas untuk konsumsi, dibawah ini ada informasi mengenai beberapa jenis ikan mas untuk hiasan aquarium, diantaranya:

Ikan Mas Koki

Ikan mas koki sudah pasti sangat terkenal, ada banyak sekali jenis jenis ikan mas koki yang populer di kalangan masyarakat seperti oranda, mutiara, ranchu, lionhead dan masih banyak lagi. Untuk lengkapnya mengenai jenis ikan mas koki beserta ciri dan harga bisa kunjungi situs informasi ikan yakni situs EmberIkan.

Ikan Mas Kumpay

Selain koki, ikan mas Kumpay juga bisa dibilang sebagai salah satu jenis ikan mas populer dan disukai karena bentuknya yang unik, ketika bergerak, ikan kumpay bagian siripnya panjang dan berlumbai, sisiknya juga punya banyak warna.

Itulah informasi dari admin kali ini untuk jenis jenis ikan mas konsumsi dan hias, semoga artikel diatas bisa membantu sedikit untuk anda yag ingin cari tahu apa saja jenis ikan mas yang ada di Indonesia. Masih banyak lagi jenis ikan mas lain sebenernya.

Memelihara ikan mas memang sangat seru, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, dengan adanya aquarium dan ikan didalamnya, akan membuat kita menjadi lebih segar dan bisa untuk hiburan juga karena merawat ikan memang sangat seru. Yuk yang baru mau mulai memelihara ikan, pastikan baca info diatas ya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

sony gunawan

Seorang Mahasiswa dan Blogger, Tinggal di Bumi.

Add comment