Soloensis

Wajib Tahu, Inilah 3 Ciri-ciri Ban Mobil Aman untuk Musim Hujan yang Bisa Digunakan!

Tekanan Ban Mobil Yang Tepat

Bagi Anda yang setiap harinya selalu beraktivitas dengan menggunakan kendaraan roda empat, maka sebaiknya perlu tahu mengenai apa saja ciri-ciri ban mobil aman untuk musim hujan. Ini penting dilakukan lantaran ketika musim penghujan tiba, biasanya kondisi jalanan akan terasa licin dan potensi bahaya di jalanan akan menjadi lebih besar. Oleh karena itulah, pastikan Anda menggunakan ban mobil yang tepat ketika musim hujan untuk meminimalisir terjadinya risiko bahaya di jalanan yang tidak diinginkan.

 

Apa Saja Ciri-ciri Ban Mobil Aman untuk Musim Hujan?

 

Ketika musim hujan tiba, sudah pasti hal ini akan mengakibatkan kondisi jalanan berubah menjadi lebih licin, berlubang dan cukup dalam sehingga bukan tidak mungkin risiko bahaya berkendara di jalanan akan lebih tinggi. Maka dari itulah, disarankan bagi Anda yang berkendara di jalanan ketika musim hujan tiba untuk lebih fokus dan berhati-hati. Berkaitan dengan hal tersebut, salah satu bagian paling penting untuk diperhatikan para pengemudi mobil ketika musim hujan yakni ban mobil.

 

Agar Anda lebih paham mengenai penggunaan ban mobil yang tepat untuk musim hujan, maka bisa menyimak beberapa ciri ban mobil yang aman untuk musim penghujan di bawah ini.

 

1.   Ban Mobil dengan Motif Kembangan Bergaris

Ciri-ciri penggunaan ban mobil yang aman digunakan untuk musim penghujan, yakni Anda bisa menggunakan ban mobil dengan motif kembangan bergaris. Adapun penggunaan ban mobil dengan motif kembangan bergaris ini sendiri, juga memiliki jarak tertentu yang harus Anda perhatikan baik-baik sebelum menggunakannya. Dimana, untuk jarak ban mobil tersebut yakni menengah, tidak terlalu renggang ataupun rapat.

 

Menggunakan ban mobil motif kembangan bergaris dengan jarak demikian, umumnya dikatakan memiliki daya cengkeraman yang lebih optimal. Selain itu, ban dengan motif kembangan bergaris ini juga dinilai jauh lebih mudah memecah air dibandingkan dengan ban bermotif kembangan rumit.

 

2.   Hindari Menggunakan Ban Mobil Slick Saat Berkendara di Musim Hujan

Yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan ketika menggunakan ban mobil yang aman ketika musim penghujan, yakni usahakan untuk tidak menggunakan ban mobil tipe slick. Sebab selain ban mobil bermotif kembangan tipe rumit, tipe slick ini juga tidak disarankan untuk digunakan. Sebab meskipun tipe ban mobil satu ini dinilai dapat mencengkeram aspal dengan maksimal, akan tetapi tipe ban mobil ini tidak cocok jika melewati trek basah.

 

Alasannya yakni karena memang penggunaan ban mobil tipe slick ini, karena memang cengkeramannya kurang signifikan. Selain itu, ban mobil yang baik juga sebenarnya bukan ban yang masih memiliki lapisan silicon. Akan tetapi, lapisan yang biasanya terdapat pada ban mobil baru ini akan menjadikan ban terasa lebih licin.

 

3.   Ban Mobil yang Memiliki Alur Unidirectional

Adapun ban mobil terakhir yang cocok digunakan ketika musim penghujan tiba, yakni ban mobil yang memiliki alur unidirectional. Disarankannya penggunaan tipe ban mobil satu ini, tentu saja bukan tanpa alasan dilakukan. Hal ini dikarenakan, ban mobil unidirectional sendiri memiliki kriteria berupa telapak berbentuk huruf V atau seperti anak panah yang mana dapat memecah air di jalanan.

 

Sehingga untuk menghindari terjadinya risiko yang tidak diinginkan di jalanan, maka pastikan menggunakan ban mobil unidirectional. Dengan demikian, maka Anda akan dapat berkendara di jalanan dengan aman dan nyaman.

 

Setelah melihat beberapa ciri-ciri ban mobil aman untuk musim hujan tadi, Anda tentu bisa lebih jeli dalam penggunaan ban mobil ketika musim hujan tiba, bukan? 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    getanmetodius

    Add comment