Soloensis

MANFAAT INTERNET DALAM BIDANG PENDIDIKAN.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

INTERNET adalah salah satu penemuan paling berpengaruh sepanjang masa. Dengan internet orang dapat mengakses informasi dari berbagai server di seluruh dunia. Internet juga dapat menjadi media komunikasi antar pengguna di berbagai belahan dunia secara langsung maupun tidak langsung. Internet juga telah digunakan hampir pada setiap bidang tv online termasuknya bidang pendidikan karena yang saya bahas dipostingan kali ini adalah MANFAAT INTERNET DALAM BIDANG PENDIDIKAN.

 Dan tanpa kita sadari Manfaat Internet sekarang sudah berperan penting dan sudah dapat dirasakan oleh berbagai kalangan. Dan salah satunya Manfaat Internet sebagai salah satu media terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendorong majunya pendidikan masa depan.
             Oleh karena itu mari kita ingat sejenak Apa manfaat internet dalam bidang pendidikan itu?  dan Berikut beberapa manfaat internet dalam pendidikan.
            
1. Mempermudah Pencarian Referensi Internet mempermudah pencarian literatur. Hanya dengan mengetikkan kata kunci pada mesin pencari (search engine) maka akan tersedia daftar tulisan yang berkaitan dengan kata kunci yang dicari tersebut.

2. Menyediakan Fasilitas Multimedia Sebagai penyedia informasi, internet memiliki banyak kelebihan dari pada buku. Orang dapat membaca, mendengarkan, menonton video, bahkan menonton TV melalui internet.

3. Menyediakan Sumber Informasi yang Relatif Murah Seringkali orang membutuhkan informasi sesaat, dimana jika ia harus membeli buku maka harganya akan sangat mahal. Dengan internet orang dapat memperoleh informasi tanpa harus membeli buku atau majalah yang sangat mahal oleh karena itu internet dapat menjadi sumber informasi Alternatif live streaming yang dapat kita gunakan.

4. Menyediakan Sumber Pelajaran Tambahan Melalui internet, orang dapat mencari informasi tambahan dengan mudah melalui internet yang tidak diperoleh dari sekolah atau buku pelajaran.

5. Memudahkan Komunikasi Internet dapat digunakan untuk saling berkomunikasi melalui email, video, konferensi jarak jauh, forum, Media Social, dsb. Hal ini memungkinkan dilaksanakannya pendidikan jarak jauh. Banyak ahli di berbagai bidang yang menyediakan ruang konsultasi di situs pribadi mereka atau di situs resmi suatu lembaga untuk bertanya berbagai masalah.

6. Membantu Pemahaman Informasi yang kita peroleh dari guru terkadang sulit untuk dimengerti atau dibayangkan. Internet menyediakan informasi tambahan berupa gambar, contoh, animasi, dsb yang dapat membantu anda memahami informasi tsb yang terkadang sulit dimengerti.

7. Mendorong Penguasaan Bahasa Asing Banyak sekali informasi penting dan menarik yang tersedia dalam bahasa asing terutama bahasa Inggris. Hal ini akan memotivasi orang untuk meningkatkan penguasaan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

8. Mendorong Kreativitas Banyak hal yang dilakukan orang lain yang kita ketahui dari internet dapat memberi inspirasi dan mendorong kita untuk lebih kreatif dalam berkarya.

9. Menyediakan Metode Pengajaran yang Lebih Menarik Beberapa bentuk pengajaran dilakukan dalam bentuk permainan, kuis, permainan logika atau puzzle dll.

10. Sebagai media sarana untuk memperkenalkan secara luas melalui internet kepada orang-orang tentang lembaga pendidikan tersebut dengan membuatkan web tentang Pendidikan, dan juga dapat dijadikan sebagai media interpersonal dan massa.

11. Dapat digunakan sebagai sarana untuk mencari bahan materi ajar baru dan terupdate dari internet yang akan diberikan kepada anak didik.

12. Internet dapat di jadikan alat untuk berdiskusi dengan anak didik agar pengetahuan anak didik itu semakin luas.

13. Internet dapat digunakan untuk mempengaruhi peningkatan motivasi dan menguatkan pengajaran serta meningkatkan lingkungan psikologi pada anak didik.

14. Internet dapat dijadikan sarana Untuk merangsang dan memotivasi siswa atau mahasiswa dalam mengembangkan intelektualnya sehingga dapat mengembangkan penelitian dan pengembangan ilmu baik teoretis maupun terapan.

15. Internet dapat menunjang pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu agar tetap dapat menikmati pendidikan melalui media internet oleh karena itu internet dapat dijadikan pendorong majunya pendidikan masa depan.

Pencarian Referensi Menjadi Mudah

Yup buat kita yang kebingungan mencari refensi atau informasi atau literatur. Mungkin internetlah salah satu jalan keluarnya. Internet sangat mempermudah proses pencarian literatur. Hanya dengan mengetikkan kata kunci tertentu yang kita butuhkan pada mesin pencari (search engine) maka akan muncul banyak sekali daftar tulisan yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Namun, kita harus pandai memilah literatur-literatu tersebut, apakah sumbernya cukup bisa dipercaya atau tidak. Jangan cuma karena literaturnya menurut kita sesuai dengan apa yang kita cari kemudian kita bisa langsung percaya begitu saja. Mencari referensi atau literatur di internet sama halnya kita hendak mau belanja ke sebuah pusat perbelanjaan yang mengharuskan kita untuk bisa memilih dan memilah

Menyediakan Fasilitas Multimedia

Sebagai penyedia informasi, internet memiliki banyak kelebihan daripada buku. Kita dapat membaca, mendengarkan, menonton video atau bahkan menonton TV melalui internet. Contoh kecilnya saja seperti situs youtube. Banyak sekali video-video yang bisa kita tonton. Mulai dari hiburan semata sampai dengan video yang jenisnya serius seperti tutorial-tutorial yang kita butuhkan.

Menyediakan Sumber Informasi yang Relatif Murah

Seringkali kita membutuhkan informasi dalam waktu yang cepat, dimana jika harus membeli buku maka harganya akan sangat mahal dan memerlukan waktu lebih banyak. Dengan akses internet kita dapat memperoleh informasi tanpa harus membeli buku atau literatur tertulis lainnya. Dengan begitu kita bisa menghemat waktu dan kantong kita sendiri. Ingat, waktu adalah uang dan untuk mendapatkan uang itu kita harus mempergunakan waktu sebaik mungkin.

Menyediakan Sumber Pelajaran Tambahan

Melalui internet, kita dapat mencari informasi tambahan mengenai materi tertentu yang dipelajari namun tidak diperoleh di sekolah atau buku pelajaran, sehingga pengetahuan kita akan lebih luas. Sebagai contoh, disekolah guru kita hanya menjelaskan satu materi cuma sebatas pengenalan saja. Nah, dengan internet kita bisa menciptakan/menambah jam belajar kita sendiri. Cari lebih dalam tentang materi yang sudah diajarkan tersebut. Memudahkan Komunikasi

Internet dapat digunakan untuk berkomunikasi melalui banyak media, seperti email, video, konferensi jarak jauh, forum, media sosial, dll. Hal ini juga memungkinkan terjadinya pendidikan jarak jauh. Banyak ahli di berbagai bidang yang menyediakan ruang konsultasi di situs pribadi mereka atau di situs resmi sebuah lembaga untuk bertanya tentang berbagai macam masalah.

Membantu Pemahaman

Informasi yang didapatkan dari guru di sekolah terkadang sulit untuk dimengerti atau dibayangkan karena objeknya tidak mungkin dihadirkan dalam proses pembelajaran karena bentuknya abstrak, terlalu kecil, terlalu besar, dll. Internet menyediakan informasi tambahan berupa gambar, contoh, animasi, dan sebagainya yang akan menambah tingkat pemahaman.

Mendorong Penguasaan Bahasa Asing

Banyak sekali informasi penting dan menari yang tersedia dalam bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Hal ini akan memotivasi untuk meningkatkan penguasaan bahasa Inggris atau bahasa lainnya agar kita dapat menyerap informasi lebih banyak.

Mendorong Kreativitas

Terdapat berbagai macam hal yang dilakukan orang lain di belahan dunia lain yang kita ketahui dari internet, hal itu dapat memberi inspirasi atau mendorong kita untuk lebih kreatif dalam berkarya.

Menyediakan Metode Pengajaran yang Lebih Menarik

Beberapa bentuk pengajaran dilakukan dalam bentuk permainan, quiz, atau puzzle, hal itu dapat lebih menarik minat belajar siswa, karena proses belajarnya terasa lebih menyenangkan.

Mendorong Kemandirian

Orang yang fasih menggunakan internet cenderung dapat lebih mandiri dalam mencari informasi yang dibutuhkannya, karena dengan menggunakan internet kita dapat menemukan banyak sumber untuk informasi yang kita butuhkan.

Internet Sebagai Perpustakan Online

Bentuk khusus dari internet sebagai gudang informasi adalah tersedianya perpustakaan online, berupa kumpulan situs-situs web dari perpustakaan kelas dunia. Di situs ini, kita dapat membaca buku secara online maupun offline (isi situs diunduh atau disimpan di komputer terlebih dahulu, sehingga dapat dibaca tanpa memerlukan koneksi internet). Didalam perpustakaan online ini menyediakan berbagai jenis buku, mulai dari ensiklopedia, novel, buku pelajaran, teknologi, komputer, komik, dll.

Mungkin itu lah beberapa manfaat internet bagi dunia pendidikan kita. Semoga kita dapat lebih memaksimalkan pemanfaatkan internet untuk mengembangkan sistem pendidikan kita ke arah yang lebih baik.

 

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Arif Rahmat Shaumi

Add comment