Soloensis

MODUS PENIPUAN KEPADA DRIVER OJEK ONLINE

Kemajuan teknologi di era modern masyarakat di zaman modern semakin mempermudah aktivitas manusia. Selain itu, muncul beragam profesi yang dihantarkan melalui teknologi digital.

Salah satu profesi yang berkembang belakangan ini adalah pengemudi ojek online (Ojol). Kehadiran jenis transportasi online yang membuat masyarakat lebih mudah dan tak perlu repot mencari moda transportasi, cukup modal smartphone dan jaringan internet saja.

Grab adalah aplikasi transportasi online yang sudah tidak asing dan menjadi temen keseharian masyarakat. Apalagi promo yang diberikan membuat masyarakat lebih memilih tranportasi online dibandingkan konvensional.

Namun belakangan ini, layanan transportasi online seperti Grab seringkali dijadikan sebagai aplikasi yang digunakan sebagai modus penipuan dari penumpang atau orang yang tidak dikenal kepada driver.

Padahal ojek online adalah pekerjaan yg mulia dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat, namun dibalik itu masih ada saja yg ingin memanfaatkan para driver dengan modus penipuan meminta verifikasi data/kode OTP melalui percakapan singkat, dan oknum yg mengaku dari grab.

Tapi sekarang driver grab tidak perlu khawatir karena pihak Grab telah memberikan dan menghadirkan fitur keamanan dan kenyamanan bagi driver maupun pengguna.

Salah satunya adalah fitur penyamaran nomor telepon, guna melindungi data pribadi pengguna, baik pelanggan maupun mitra pengemudi, dari praktik pencurian saldo ataupun pelecehan seksual secara verbal.

Maka dari itu baik driver atau pun pengguna tetap waspada karena di zaman yg semakin modern ini, pasti ada saja modus modus baru yg dilakukan kepada korban nya.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Mhd. Angga Sabda

    Add comment