Soloensis

Bahaya Memakai Handphone Saat di Charger

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
7

Jika kita berbicara tentang handphone tentu semua orang sudah pasti mengenalnya karena handphone sudah ada sejak zaman dulu dan mengalami banyak perubahan di zaman sekarang. Nah sebelum,  kita membahas lebih lanjut tentang bahaya memakai handphone saat di charger. Ada baiknya, untuk kita mengetahui terlebih dahulu tentang definisi handphone dan fungsi-fungsi handphone.

Handphone adalah salah satu alat elektronik yang dapat menghubungkan komunikasi  seseorang dari jarak yang dekat hingga jarak yang sangat jauh. fungsi handphone yaitu sebagai alat komunikasi, dengan handphone kita bisa mencari informasi terupdate, dengan handphone kita juga bisa menyimpan file atau dokumen penting, handphone juga bisa menjadi penunjang penampilan kita sehari-hari.

 Saat ini, handphone hampir menjadi suatu yang wajib dimiliki semua kalangan dari yang dewasa, remaja, hingga anak-anak zaman now pun sudah mempunyai handphone sendiri. Apa lagi dengan semakin banyaknya jenis-jenis handphone canggih, maka masyarakat pun berlomba-lomba untuk memiliki handphone tercanggih dan terbaru untuk menunjang penampilannya sehari-hari.

Handphone sangat penting dan bermanfaat untuk membantu aktivitas kita, begitu juga untuk saya sendiri sebagai mahasiswa yang  sangat membutuhkan handphone untuk membantu tugas perkuliahan dan mendapatkan informasi tentang perkuliahan dan  lainnya. Untuk itu juga, kita harus pandai dalam menggunakan dan memanfaatkan handphone agar kita tidak masuk ke dalam golongan orang yang bergantungan pada handphone atau biasa disebut dengan kecanduan handphone. Karena itu, bisa berbahaya bagi diri sendiri dan dapat menimbulkan kematian.

Dari hasil penelitian, banyak orang yang sudah tahu tentang bahaya memainkan handphone saat sedang di charger. Tetapi, pasti diantara kita masih menganggap hal itu sepele dan mengabaikan bahaya main handphone sambil di charger begitu saja.Padahal, bahaya itu dapat menimbulkan kematian jika kita mengabaikannya.

           Kejadian itu sering terlihat di sekitaran saya termasuk diri saya sendiri pun masih sering memainkan handphone sambil di charger, sering juga saya lihat di kampus banyak sekali mahasiswa ketika di kelas, di kantin, dan juga di mesjid pun mereka masih memainkan handphone sambil di charger. Mungkin saja karena diantara mereka sedang berada dalam keadaan sangat penting sehingga harus menggunakan handphone terus-menerus ataupun memang sudah menjadi kebiasaan mereka setiap hari.

Walaupun kita dalam keadaan sangat penting dan mendesak harus menggunakan handphone terus-menerus. Tentu bukan berarti, ketika handphone sedang di charger harus kita digunakan juga. Karena ternyata, handphone yang sedang di charger memiliki banyak bahaya bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Ada beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan dari handphone yang sedang di charger, yaitu:

Bisa terjadi ledakan

Handphone bisa menjadi rusak

Mengurangi daya baterai

Kesetrum

Kebakaran

Dapat terjadinya gangguan jaringan otak

Dapat merusak jaringan telinga

Dapat menyebabkan kematian

Contoh kasus: Dilansir dari Liputan6.com, NTT- bocah 8 tahun asal Desa Hane ditemukan tewas sambil memeluk handphone dirumahnya pada tanggal 15 maret 2019.

Menurut Heribertus Sulis, Ada beberapa tips agar kejadian membahayakan tidak terjadi pada diri kita:

Jangan menggunakan baterai imitasi, dan usahakan gunakan baterai handphone dikeluarkan oleh perusahaan yang memproduksinya.

Jangan charging terlalu lama, cabut ketika sudah penuh.

Jangan melakukan isi ulang baterai di dekat bahan yang mudah terbakar, seperti Kasur/ranjang, apalagi bensin.

Hindari menelepon terlalu lama, ketika handphone terlalu panas, diamkan dulu sampai dingin baru digunakan lagi.

Jangan mengangkat telepon ketika lagi di charging.

Jangan main game sambil handphone di charging.

Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus kita hindari dan kita tinggalkan  saat sedang mencharger handphone, yaitu:

Jangan pernah mencabut handphone sebelum baterainya penuh.

Jangan pernah meletakkan handphone di atas kasur.

Jangan sampai handphone kita mengalami habis baterai apalagi sampai mati.

Jangan meninggalkan handphone semalaman  dalam keadaan di charger.

 Jangan main game atau telponan saat handphone di charger.

            Sudah saat nya kita meninggalkan kebiasaan buruk itu demi keselamatan diri kita sendiri dan juga orang-orang di sekitaran kita.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
7

Sri Mulyani

Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Add comment