Soloensis
Ilustrasi Gadget

Android Mematahkan Dominasi Apple, BB, dan Nokia

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Perkembangan gadget semakin hari semakin canggih. Harga juga semakin bersaing malah bisa dibilang semakin “murah”. Perang teknologi dan perang harga menjadi faktor mana yang bisa bertahan dan bersaing di pasar gadget dunia. Satu persatu pemain lama rontok. Seperti Nokia yang dibeli oleh Microsoft dan juga Blackberry yang sudah ngos-ngosan untuk mengaupdate platform atau sistem operasinya.

Ilustrasi Gadget
Ilustrasi Gadget

Saling kejar dan saling mendahului antara ketiga pesaing besar pasar gadget di dunia inipun terus berinovasi. Namun saya yakin tak lama lagi Android akan merajai dunia gadget. Kita bisa melihat bahwa Apple akhir-akhir ini meluncurkan Iphon 5S dan 5C yang notabene mempunyai tampilan yang hampir sama dengan ;pendahulunya, dan tidak mempunyai perubahan yang signifikan selain hanya sensor “sidik jarinya” yang baru.

Demikian juga BB yang tidak bisa mengupgrade OSnya ke versi yang lebih tinggi dan modelnya juga membosankan. Malah aplikasi BBM nya “fenomenal” di Indonesia akan dilepas dan bisa dinikmati oleh pengguna gadget Android.

Lain halnya dengan Nokia yang telah dibeli oleh Microsoft si raja Windows 8. Dengan menanamkan OS windowsphone 8 resmi Nokia menjadi milik Microsoft.

Android terus melejit. Dengan fitur yang semakin lengkap. Dengan OS yang “open source”, memungkinkan untuk dikembangkan oleh siapa saja. Demikian juga dengan aplikasinya yang sudah ratusan ribu dan terus bertambah. Pengguna Android dimanjakan dengan banyaknya aplikasi gratisan yang menjadi incaran para “kaum pemburu gratisan” seperti saya hehehe.

Walau terkesan murah, namun gadget android bukan “murahan”. Kenapa android bisa dijual murah. Karena setiap produsen yang menggunakan platform android tidak diharuskan membayar lisensi yang mahal kepada Google yang notabene sebagai pemilik android si “robot hijau” ini.

Pengembang program game dan aplikasi juga sangat mudah berkreasi dengan aplikasi pengembang yang juga “open source” seperti java eclipse yang sangat diminati oleh programmer pemula maupun mahir sekalipun.

Lain halnya dengan pengembang IOS pada apple harus membeli “Xcode” atau develover lainnya yang berbayar. Hal ini lah yang menjadi kelebihan dari Android. Sebentar lagi kita akan menyaksikan jika apple masih berkutat dengan “gengsi” tanpa mengembangkan teknologi dan inovasinya. bakalan akan ditenggelamkan oleh Android.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Admin Soloensis

Admin Soloensis

Add comment