Soloensis

Penting! Ini Posisi Duduk yang Tepat Saat Bekerja

Bekerja merupakan aktivitas yang paling lama dilakukan dalam satu hari. Ada macam-macam kegiatan yang dilakukan dalam bekerja. Salah satunya yaitu bekerja dengan komputer atau laptop atau kegiatan lain yang menggunakan meja dan kursi. Bekerja dengan posisi duduk berjam-jam di depan komputer atau mengerjakan sesuatu di meja ternyata sangat melelahkan, lho!

Meskipun kamu hanya duduk dan memandang ke depan, tetapi sesungguhnya badan kamu akan lelah. Hal ini dikarenakan saat duduk tubuh kamu memberikan tekanan yang besarn pada otot punggung, otot bahu, otot leher, dan tulang belakang.

Selain itu juga bekerja dengan duduk selama berjam-jam di depan komputer membuat kamu tidak bergerak selama berjam-jam. Akibatnya energi kamu tidak tersalurkan sehingga yang ada hanya rasa lemas atau pegal yang dirasakan pada tubuh.

Duduk selama berjam-jam di depan komputer memang menyebabkan badan menjadi pegal. Selain itu juga duduk berjam-jam di depan komputer dapat menimbulkan masalah kesehatan. Hal ini terjadi jika kamu tidak memperhatikan sikap atau posisi duduk kamu saat bekerja.

Posisi duduk yang salah saat bekerja hanya akan menimbulkan risiko baru menimbulkan masalah kesehatan. Bukan hanya membahayakan tulang saja, tapi juga penyakit lain yang berbahaya. Untuk itu berikut ini beberapa posisi duduk yang tepat saat kamu bekerja!

Punggung lurus dan bahu ke belakang

Posisi yang pertama yaitu duduk tegak dengan punggung lurus dan bahu ke belakang. Pada posisi duduk ini, pastikan paha kamu menempel pada dudukan dan bokong menyentuh bagian belakang kursi, ya!

Kamu juga dapat memilih furnitur kursi yang memang telah dirancang mengikuti bentuk postur tulang punggung manusia. Furniture kursi yang didesain seperti itu dapat membantu kamu untuk duduk tegak sehingga dapat mengurangi risiko mudah lelah dan pegal.

Memusatkan beban tubuh pada satu titik

Jangan bekerja dengan posisi duduk membungkuk! Posisi membungkuk hanya akan membuat pinggang kamu cepat lelah. Tarik kursi mendekati meja saat bekerja supaya posisi duduk kamu tidak membungkuk.

Duduk lah dengan posisi yang rileks. Duduk pada ujung belakang kursi, lalu membungkuk dalam-dalam. Setelah itu angkat tubuh kamu hingga membuat lengkungan dengan pusat pinggang kearah depan. Lalu kendurkan posisi tersebut sekitar 10-20 derajat. Itulah posisi duduk rileks yang dapat kamu coba.

Posisi lutut yang sejajar

Saat bekerja, jangan silangkan kaki kamu, ya! Menyilangkan kaki saat bekerja sambil duduk berjam-jam di depan komputer hanya akan membuat lutut kamu lelah. Sebaliknya, kamu dapat memposisikan lutut kamu sejajar dengan pinggul. Satu lagi, jangan membuat kaki kamu menggantung di kursi. Gunakanlah pengganjal kaki jika kamu membutuhkannya!

Istirahat 30-45 menit

Sebaik apapun posisi duduk kamu, jika kamu bekerja sambil duduk dalam jangka waktu yang lama tetap akan membuat kamu cepat lelah. Sebaiknya kamu meluangkan waktu untuk istirahat setiap 30 – 45 menit. Istirahat saat bekerja bukan berarti kamu beristirahat dengan menyelami sosial media ya!

Gunakan waktu istirahat untuk berdiri dan melakukan peregangan otot, atau bisa juga dengan berjalan-jalan di sekitar area kerja kamu. Hal ini dilakukan untuk membuat tubuh kamu segar kembali sehingga bisa berkonsentrasi saat bekerja.

Posisi tangan yang nyaman

Saat bekerja bukan hanya posisi kaki yang atau duduk yang harus diperhatikan. Kamu juga harus memperhatikan posisi tangan kamu, ya! Buat tangan kamu pada posisi yang senyaman mungkin saat bekerja.

Kamu bisa menggunakan sandaran tangan untuk mengurangi beban yang ditanggung oleh bahu dan leher saat bekerja. Dan satu lagi! Saat mengambil sesuatu di belakang kamu atau di samping, jangan hanya memutar punggung kamuy a! Putarlah keseluruhan badan kamu untuk menghindari cidera pada tulang punggung.

 

Posisi duduk saat bekerja memang sangat penting untuk kamu perhatikan! Jangan sampai posisi duduk yang salah menyebabkan gangguan pada kesehatan tulang atau organ tubuh kamu yang lain! Bukannya semakin produktif yang ada malah menghambat pekerjaan kamu. Selamat mencoba!

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Severina Ratih

    Just keep swimming~
    This is my second acc cus the first one is inactive.

    View all posts

    Add comment