Soloensis

Tarif Pembicara Seminar Internet Marketing, Berapa Sih?

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

 

 

Apabila anda ingin menyelenggarakan sebuah seminar, ketahui terlebih dahulu apa saja yang harus dipersepiakan, mulai dari budget, lokasi dan lain sebagainya. Memanglah menyelenggarakan sebuah seminar tidak lah semudah yang terlihat, namun juga tidak sesulit yang dibayangkan.

 

Pertama – tama sebelum masuk kedalam pembahasan, kita perlu lebih mengetahui apa itu seminar. Secara garis besar seminar sendiri merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis baik itu diberikan dari pihak universitas maupun organisasi lainnya.

 

Seminar sendiri berbeda dari sekolah umum yang biasa kita jumpai untuk mendapatkan ilmu dari seorang pengajar. Pada seminar kita akan diberikan ilmu yang sesuai dengan topik yang ada, selain memberikan ilmu sang pembicara juga kerap kali memberikan pengalaman hidupnya yang mana digunakan sebagai motivasi untuk para pendengar.

Pembicara Seminar

Seorang pembicara seminar akan dihadirkan untuk mengisi acara yang ada, dan membagikan setiap ilmu yang mereka miliki. Setiap acara seminar yang ada biasanya memiliki topik atau tema yang berbeda, dan tentu saja pembicara yang dihadirkan juga berbeda sesuai dengan topik yang ada.

 

Seperti yang sudah kita ketahui, setiap orang memiliki peran dan kapasitasnya masing – masing, sehingga setiap individu yang ada bisa dikatakan unik. Seorang pembicara dalam seminar pun begitu juga, mereka emiliki ilmu yang kompeten dengan topik yang ada sehingga ilmu yang mereka bagikan dapat dipertanggung jawabkan.

 

Pembicara Seminar Internet Marketing

 

Salah satu pembicara seminar dengan topik Internet Marketing ialah Zamhari, pria kelahiran 14 Desember 1992 silam. Beliau mengawali karirnya didunia Internet Marketing, mulai dari Perintis Wisata Digital di Imogiri Bantul Yogyakarta, pengelola komunitas SEO Blogger dan WordPress hingga seorang penulis.

 

Karya tulisan beliau diwujudkan dalam bentuk buku dan juga tulisan pada media online, dengan jutaan keyword mulai dari low hingga high yang bertengger di Page One atau halaman pertama mesin pencarian. Dengan prestasi yang diraihnya, beliau juga dipercayakan mengisi berbagai seminar mengenai Internet Marketing dibanyak Universitas diseluruh Indonesia/

 

Seorang Muhammad Zamhari tidak pernah mematok tarif yang harus dikeluarkan oleh pihak panitia. Menurutnya menjadi seorang pembicara seminar Internet Marketing juga salah satu cara untuk belajar dengan orang – orang baru, relasi baru dan lainnya. Seperti kata pepatah manusia dilahirkan untuk belajar dari kecil dan akan berakhir ketika kehidupan mereka juga berakhir atau meniggal.

 

Tips Mengadakan Seminar

 

Meskipun seminar seringkali dianggap sebagai ladang pencarian uang atau memenuhi kuota tiket, namun sejatinya dengan adanya seminar suatu organisasi ingin menunjukan apa gagasan mereka kepada masyarakat. Berikut beberapa tips yang mungkin akan membantu kalian untuk membuat sebuah seminar.

 

·         Konsep

 

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam mengadakan sebuah seminar adalah konsep yang jelas dan matang. Karena seminar bertujuan untuk menyampaikan sebuah informasi, baik itu ilmu, gagasan, ataupun informasi – informasi lainnya.

 

Dengan konsep yang jelas tentu saja pihak konsumen akan lebih mengerti maksud yang hendak diutarakan oleh pihak penyelenggara, tidak hanya melulu soal kuota tiket ataupun bisnis yang menjanjikan.

 

Dengan begini para peserta seminar juga tidak akan merasa dirugikan dengan embel – embel iklan yang terlalu berlebihan namun pada kenyataannya tidak memuaskan para peserta seminar yang hadir.

 

·         Tema yang Diangkat

 

Setelah konsep hal berikutnya adalah tema, meski memiliki pengertian yang hampir sama namun dalam prakteknya berbeda. Tema sendiri menyangkut isi dari seminar anda, misalkan tentang Internet Marketing, maka dekorasi, pembicara yang diundang, dan hal lainnya harus kompeten dengan tema tersebut.

 

Menentukan tema seminar sendiri bisa berhubungan dengan identitas suatu kelompok atau organisasi yang menyelenggarakan. Selain itu tema yang diangkat juga bisa dari topik – topik panas yang sedang ada, sehingga para peserta seminar menjadi lebih tahu dan memahami.

 

·         Pembicara yang Relevan

 

Berikutnya yang paling inti adalah pembicara atau narasumber yang didatangkan untuk mengisi acara. Seorang pembicara tentunya memiliki keahliannya masing – masing, sehingga apa yang mereka sampaikan dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan kapasitasnya.

 

Misalkan tema seminar yang diangkat adalah Internet Marketing, masa seorang pembicara atau narasumber yang dihadirkan adalah pakar hukum. Memang hal itu tidak menutup kemungkinan sang narasumber tau tentang tema tersebut, namun masih banyak orang lain yang lebih kompeten untuk membicara hal tersebut.

 

·         Seminar Kit dan Konsumsi

 

Setiap acara seminar memang seharunya memberikan konsumsi dan juga seminar kit, apalagi seminar yang memiliki durasi cukup lama. Dengan durasi seminar yang panjang tentunya akan diselipkan waktu istirahat, sehingga para peserta bisa tidak merasa terlalu kelelahan ataupun jenuh, sembari menyantap konsumsi yang telah diberikan.

 

Seminar kit juga perlu diperhatikan, tidak perlu barang yang terlalu mahal ataupun murah namun memiliki arti tersediri. Dengan pemilihan seminar kit yang tepat, hingga seminar selesai barang tersebut masih sering dipakai atau bahkan menjadi pengingat acara yang telah mereka datangi.

 

·         Marketing

 

Tentunya sebuah seminar berhasil atau tidak nya dapat dilihat dari peserta yang ada, hal ini lah yang harus anda perhatikan dalam urusan marketing. Sesuaikan budget yang ada dan maksimalkan sedemikian rupa sehingga masyarakat merasa tergugah untuk menghadiri seminar anda.

 

Tarif Pembicara Seminar

 

Tarif seorang pembicara internet marketing itu relatif, bisa mulai dari jutaan bahkan hingga ratusan juta, tergantung dari sekompeten apa si pembicara tersebut. katakan saja seperti Zamhari, yang mana beliau tidak mematok harga untuk setiap seminarnya. Namun yang pasti dari pihak penyelenggara juga harus menghargai setiap pembicara yang mereka undang dengan memberikan harga yang wajar.

 

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tarif pembicara seminar, semoga dapat menjadi acuan anda apabila ingin mengadakan ataupun hanya sekedar ingin tahu.

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Zamhari S, Kom. I

Hanya manusia yang suka belajar

Add comment