Soloensis

PASAR LEGI JATINOM

Pasar legi jatinom terletak di lapangan bonyokan jatinom klaten, pasar ini merupakan salah satu pasar tradisional di daerah klaten. Keistimewaan dari pasar legi adalah bukanya yang hanya di waktu legi dan tidak bukak selain legi, legi sendiri adalah nama pasaran dalam jawa ada beberapa pasaran selain legi yaitu wage, pon, pahing, dan kliwon.

Pasar legi jatinom terbagi ada 3 tempat yaitu pasar klithikan, pasar sapi, pasar manuk (burung) yang semuanya hanya bukak di waktu Legi. Di Pasar klithikan kita dapat menjumpai pedagang yang menjajakan aneka barang baru & bekas akan tetapi barang bekas lebih mendominasi rata-rata dagangan mereka. Tempat ini banyak dikunjungi oleh orang, tidak hanya orang jatinom atau klaten saja tempat ini juga banyak dikunjungi oleh orang daerah sekitar klaten seperti boyolali, solo, yogyakarta dll. Rata-rata orang yang

Datang ke pasar klithikan ini adalah untuk mencari seperpart motor dan pecinta barang antik.

Bagi para peternak pasar legi ini juga tempat yang bagus untuk mencari hewan ternak atau menjual hewan ternaknya, letak pasar burung dan pasar sapi tak jauh juga dari pasar klithikan, di pasar burung tidak hanya burung yang diperjualbelikan ada kelinci, ayam, bebek dan lain sebagainya di pasar sapi pun tidak hanya sapi tapi ada juga kambing dan alat perlengkapan untuk peternakan ini. 

Di era golobalisasi seperti ini pasar tradisional keberadannya sudah sangat tergeser dengan pasar online yang ada di internet. Banyak sekali situs-situs jual beli di internet yang dengan dengan mudah menjajakan dan membeli barang tanpa harus repot pergi kepasar atau mall. Kita sebagai bangsa indonesia sebaiknya melestarikan budaya jual beli dipasar tradisional agar budaya jual beli dipasar tradisonal tidak hilang.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    yogi indrawan

    mahasiswa jurusan komunikasi penyiaran islam iain surakarta

    View all posts

    Add comment