Soloensis

Mengenal Burung Poksay Mandarin Lebih Dekat

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Burung Poksay mandarin atau seringkali disebutkan dalam bahasa latinnya (Garulax) Chinensiss adalah famili dari burung kuda-kuda yang kurang terkenal antara beberapa penghobi kicau mania. karena kuda-kuda kurang terkenal serta kurang demikian menarik, sampai tidak mempunyai kelebihan sama seperti yang dipunyai oleh familinya dari cina ini.

Sementara keberadaan dan kepopuleran suara burung poksay mandarin ini benar-benar diketahui beberapa orang, baik di beberapa penjuru dunia, serta beberapa negara spesifik terutamanya di indonesia ini.

Mengapa dikatakan sebagai poksay mandarin? Sebab burung ini asalmu aslinya datang dari negara cina. Burung ini termasuk burung yang banyak digemari oleh beberapa penggemar burung kicau, sama dengan serta seperti seperti burung hwa mei (wambi). Berikut kita baca penjelasan untuk kenal bertambah dekat burung poksay mandarin ini.

 

Habitat serta Ciri Burung Poksay Mandarin

Hutan primer serta skunder ialah lokasi yang terbanyak diketemukan, serta benar-benar disenangi oleh burung satu ini, dengan pohon-pohon yang teduh (lebat), semak belukar sebagai tempat hidup mereka. Khususnya rimba yang dekat sama sumber mata air, seperti di pinggir sungai, atau air terjun yang mengalir deras.

Burung ini bisa hidup, serta suka berkoloni atau hidup sendiri (soliter). Beberapa ciri burung poksay mandarin ini : mempunyai bentuk badan yang cukup besar serta warna bulunya hitam (abu-abu), makanannya voer, buah pisang, suara ocehannya yang merdu serta cukup besar (ngebas). Tetapi sangat gampang memperbedakan tipe betina serta jantannya bila dianalisa dengan dengarkan ciri-ciri suaranya. Bila poksay jantan keunikan suaranya bisa tirukan suara kucing serta ayam serta untuk tipe yang betina tidak dapat menirukannya.

Burung ini benar-benar suka bila waktu saat pagi hari dengan termasuk burung yang rajin mengeluarkan bunyi (gacor) namun di saat spesifik suara burung ini kadang monoton, tidak demikian banyak macam lagu yang didengar di saat pagi hari.

 

Makanan yang Diperlukan Burung Poksay Mandarin

Untuk makanan poksay mandarin / pakan alaminya berbentuk serangga besar, tawon madu serta buah-buahan. Tetapi terdapat beberapa kelebihan yang dipunyai burung ini, saat waktu berkicau seringkali menggerak-gerakan anggota tubuhnya seperti sayap, jambul serta kakinya yang bergetar bertepatan. Dengan buka sayap layaknya seperti burung garuda, kadang sekalian berpenampilan memutar-mutar badannya sekalian keluarkan suara kicauan yang benar-benar merdu serta bagus.

Namun ada kekurangan / kekurangan dari burung ini : bila keliru dalam perawatan, situasi fisik burung ini akan gampang drop (sakit) stress. Salah perawatan dari pemiliknya dapat mengakibatkan prilaku yang tidak baik, seperti salto loncat kebelakang serta leher kepala mendengak-dengak seperti terserang virus penyakit tetelo.

 

Cara Merawat Burung Poksay Mandarin

Panduan menjaga burung poksay mandarin ini, tetapi bila burung poksay ini telah dijaga oleh anda untuk pemiliknya, sebaiknya anda bisa memberi makanan berbentuk voer yang benar-benar baik untuk pakan penambahan untuk lengkapi nutrisi, mineral dan vitamin buat kesehatan burung itu. Dan anda dapat memberiakn pakan buah yang benar-benar disenangi olehnya seperti pisang kepok serta pepaya.

Pilih sangkar kotak yang dibuat dari kayu serta lumayan luas untuk ruangan gerak burung supaya semakin nyaman serta gesit, bikinlah 2 tangkringan yang sejajar seperti mempersiapkan kandang / sangkar untuk burung kacer.

Adanya lebih satu pangkringan ini, burung bisa banyak bergerak serta meningkatkan untuk rajin mengeluarkan bunyi. Supaya hasil perawatan bertambah optimal sebaiknya bila pelihara burung ini harus memiliki tipe kelamin betina (poksay betina) nya , yang diletakkan pada sebuah kandang.

 

Harga Burung Poksay Mandarin

Bila disaksikan dari populasi di alam, dengan adanya banyak keperluan untuk beberapa hobyis yang banyak yang berminat dalam menjaga burung satu ini, karena itu tidaklah heran tipe burung poksay yang berada di indonesia jadi jarang-jarang serta susah diketemukan. Dengan termasuk langka, harga poksay mandarin jadi mahal serta berniali tinggi.

Tetapi jika anda ingin tertarik pelihara burung yang ini minimal anda harus mengambil kantong kira-kira seputar 2 juta, serta harga untuk tipe poksay mantel ini yang termurah seputar 850 ribu, untuk harga poksay jambul seputar 1,4 juta-an. Tetapi yang sangat terkenal serta termahal dikelasnya ialah harga burung poksay hongkong seputar 3 juta-an.

 

Demikian info yang bisa kami beri, dengan bahasan sepintas mengenai burung poksay mandarin yang sangkanya bisa meningkatkan wacana anda di dunia burung kicau, mudah-mudahan berguna.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Candra Bi

Playmaker Panduanmenulis.com

Add comment