Soloensis

Cara Merakit PC Gaming Untuk Pemula

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Saat ini membuat PC gaming kerap jadi alternative opsi buat anda pecinta games. Pasalnya perlakuan itu memberi rasa senang dan lebih gampang untuk dilaksanakan. Walau begitu, ini akan cukup susah buat anda yang pemula.

Namun anda tidak perlu resah, apa lagi jika belum terlampau memahami mengenai beberapa komponen yang diperlukan. Karena di pembahasan kali ini bokban.my.id memberikan edukasi seputar cara merakit PC gaming yang betul.

1. Pasang Processor

anda dapat mengawali cara membuat PC gaming dengan memasangkan prosesor ke motherboard agar mempermudah saat terpasang. Untuk memasangkan processor, anda harus tentukan terlebih dulu status pin 1 di prosesor dan soket prosesor di motherboard.

Biasanya dasar yang dipakai untuk memasangkan prosesor ada di sudut kanan, diikuti dengan lekukan atau pertanda titik. Selanjutnya angkat tuas pengunci soket ke atas supaya bisa terbuka.

Berikan Thermal Paste seperlunya di susunan atas prosesor. Samakan status kaki prosesor dan lubang soket, apabila sudah cocok lalu pencet prosesor sampai ke soket sampai rapat. Kunci kembali menggunakan tuas pengunci dan penempatan fan di atas prosesor selanjutnya mengencangkan.

2. Berikan RAM

Apabila anda telah memasangkan prosesor secara benar, karena itu tahapan membuat PC gaming setelah itu memasangkan RAM (Acak Akses Memori) pada motherboard.

RAM yang dipakai untuk membuat PC gaming dapat bervariatif bergantung keperluan anda. Pasalnya RAM sendiri mempunyai bermacam merk yang bisa disesuaikan dengan bujet yang diputuskan saat membuat PC gaming.

Untuk memasang RAM pada motherboard, anda perlu buka tuas pengunci. Selanjutnya samakan status lekukan pada slots dengan modul memory. Jika sudah cocok, pencet lalu pasang kembali tuas penguncinya.

3. Pasang Power Suplai

Sejatinya membuat PC gaming bukanlah hal susah bila anda ketahui ilmunya secara baik. Nach, jika ingin beli power suplai sendiri untuk membuat PC gaming karena itu anda harus memasangkannya pada bagian casing terlebih dahulu saat sebelum motherboard.

Mula-mula tempatkan power suplai di lokasi yang ada di belakang casing, selanjutnya mengencangkan status power suplai menggunakan skrup. Atur setiap kabel connector dari power suplai agar lebih gampang ditata. anda harus cermat dan sabar, karena membuat PC gaming memang membutuhkan dua hal itu.

4. Memasang Motherboard ke Casing

Bagi anda pemula, kemungkinan cara membuat PC gaming ini sedikit akan merepotkan. Oleh karena itu, anda harus memerhatikan buku panduan yang berada di pembelian motherboard agar tidak salah saat memasangkan port.

Langkah pertama yang perlu anda kerjakan dengan menyambungkan kabel connector IDE primary dan secondary di motherboard. Bila menggunakan motherboard non ATX untuk merakit PC gaming, karena itu pasang kabel port seri dan pararel pada connector yang ada di motherboard.

Lihat di bagian belakang casing, akan ada lubang yang diperuntukkan untuk memasangkan port tambahan tipe non slots. Membuka skrup pengunci plat tertutup lubang port, lalu masukan ke connector yang akan terpasang, janganlah lupa untuk memasangkan skrup kembali. Kemudian pasang kabel connector mouse dan keyboard di motherboard.

Supaya tombol reset, power, dan lampu tanda dapat berperan karena itu kabel connector yang berada di casing computer harus dihubungkan.

5. Hubungkan HDD atau SSD

Baik HDD (Hard Disk Drive) atau SSD (Kompak State Drive) mempunyai peranan penting dalam membuat PC gaming. Karena elemen itu berperan buat simpan semua file yang anda punyai. Beberapa cara yang bisa anda turuti ialah seperti berikut:

• Simpan HDD dan SSD di lokasi yang telah disiapkan pada casing, selanjutnya pasang skrup supaya drive tidak lepas.
• Lalu sambungkan connector kabel IDE pada driver, dan connector di motherboard (pakai connector primer lebih dulu). Jika kabel IDE tersambung di dua drive, karena itu seting jumper nya, yaitu drive pertama ditata sebagai master lalu satunya kembali jadi secondary drive.
• Dan konektor IDE sekunder di motherboard dapat dipakai untuk menyambungkan 2 drive tambahan, triknya dengan menghubungkan kabel power dari catu daya masing-masing di drive.

6. Jangan Lupakan Card Adapter

anda harus tahu bila banyak elemen yang diperlukan untuk membuat PC gaming. Satu diantaranya ialah card adapter seperti video card, sound card, modem, dan lain-lain. Tetapi komponen untuk membuat PC gaming ini benar-benar gampang terpasang.

Caranya dengan masukkan card adapter di slots yang telah ada pada motherboard. Selanjutnya pencet sampai connector betul-betul masuk ke dalam. Janganlah lupa berikan skrup sebagai penahan elemen untuk membuat PC gaming itu.

7. Harus Dirapikan

Telah yakin bila tiap elemen untuk membuat PC gaming sudah dipasang? Jika begitu, karena itu anda perlu membereskan banyak hal yang masih ada. Seperti management kabel dan aksesories tambahan lain seperti lampu RGB dan fan.

anda juga harus pastikan bila setiap socket atau kabel sudah dipasang secara baik agar saluran daya dari power suplai dapat mengucur sampai ke semua elemen.

Namun tidaklah sampai di sana saja cara membuat PC gaming, pasalnya apabila sudah selesai dibuat anda harus lakukan pengecekan dan pengujian pada program BIOS. Dengan demikian, perlakuan membuat PC gaming dapat betul-betul prima.

Nach, untuk melakukannya anda bisa ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pertama, hidupkan PC dan monitor. Lantas saksikan monitor monitor dan dengar suara yang keluar speaker.
2. Bila berpijar dengan prima, karena itu BIOS akan secara automatis mengetahui hardware apa yang sudah dipasang di computer saat anda membuat PC gaming barusan.
3. Selanjutnya kerjakan beberapa penataan buat memandang kemampuan hardisk dan boot sequence. Maksudnya untuk memasang mekanisme operasi pertama kalinya.
4. Jika sudah, taruh hasil penataan lalu keluar setting BIOS. Sesudahnya PC akan lakukan re-start dan cari boot sesuai penataan boot sequence di BIOS.
5. Masukkan CD Bootable yang didalamnya mekanisme operasi di drive penelusuran. Selanjutnya turuti setiap jalannya agar mekanisme operasi dapat dipasang dengan baik.

Tidak susah bukan anda untuk membuat PC gaming sendiri? anda dapat mendapati beberapa komponen yang diperlukan untuk membuat PC gaming di online shop atau off-line.

Seiring berjalannya waktu, beberapa komponen untuk membuat PC gaming ada dalam beragam merk dan kualitas. Tetapi saat sebelum pilih merk elemen tertentu buat membuat PC gaming, anda harus sesuaikan dengan keperluan atau budget yang disediakan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Candra Bi

Playmaker Panduanmenulis.com

Add comment