Soloensis

Penguatan Bahasa Indonesia bagi Pelajar: Tim Hibah MBKM UNS Gelar Pelatihan di SMP N 1 Ngargoyoso

WhatsApp Image 2024-06-16 at 14.50.16

Tim Hibah MBKM UNS ID 795 mengadakan kegiatan sosialisasi penguatan bahasa di SMP N 1 Ngargoyoso, Karanganyar. Acara yang bertema “Pelatihan Penguatan Bahasa Indonesia Sejak Dini di Kalangan Pelajar SMP N 1 Ngargoyoso” ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia para siswa sejak usia dini. Acara berlangsung pada hari Rabu, 8 Mei 2024.

Dalam kegiatan tersebut, narasumber yang hadir adalah Dwiana Nur Rizki, S.Pd., Duta Bahasa Jawa Tengah, dan Kenes Ratu Pawestri, pengajar Bahasa Indonesia bagi penutur asing. Kedua narasumber memberikan materi yang sangat berharga mengenai pentingnya penguasaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mereka juga memberikan berbagai tips dan trik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa para siswa.

Dwiana Nur Rizki, S.Pd. menekankan pentingnya bahasa sebagai alat komunikasi utama yang harus dikuasai dengan baik. “Penguasaan bahasa Indonesia yang baik dan benar merupakan kunci sukses dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pendidikan dan karier di masa depan,” ujarnya. Sementara itu, Kenes Ratu Pawestri berbagi pengalaman mengajarkan bahasa Indonesia kepada penutur asing, memberikan perspektif yang menarik dan memotivasi para siswa untuk lebih mencintai bahasa nasional mereka.

Anggota tim hibah yang terlibat dalam kegiatan ini terdiri dari Eva Widya Arlini, Faqih Himawan, Rafika Usi Puspita Kusuma Sari, dan Yumna Zaul. Mereka bekerja sama dengan para guru di SMP N 1 Ngargoyoso untuk memastikan acara berjalan lancar dan memberikan manfaat maksimal bagi para siswa. Yumna Zaul, sebagai ketua Tim Hibah MBKM ID 795, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. “Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi inspirasi bagi para siswa untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan berbahasa mereka,” katanya.

Para siswa terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Mereka aktif berpartisipasi dalam berbagai sesi diskusi dan praktek yang diadakan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat lebih memahami dan mengaplikasikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini juga menjadi ajang bagi para siswa untuk menyadari pentingnya bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa dan alat pemersatu. Melalui penguasaan bahasa yang baik, diharapkan mereka dapat berkontribusi lebih baik lagi dalam masyarakat dan bangsa.

Acara ditutup dengan sesi ice breaking dan foto bersama antara narasumber, anggota tim hibah, dan para siswa. Semoga kegiatan positif seperti ini terus berlanjut dan memberikan dampak yang signifikan bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Penulis: Eva Widya Arlini, Faqih Himawan, Rafika Usi Puspita Kusuma Sari, Yumna Zaul

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Tim Hibah MBKM ID 795 Wayang Kulit

    Add comment