Soloensis

Menumbuhkan Rasa Cinta Terhadap Bahasa Indonesia melalui Sosialisasi Penguatan Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Ngargoyoso

WhatsApp Image 2024-06-14 at 21.35.09 (3) (1)
Sosialisasi Penguatan Bahasa Indonesia

Surakarta, 16 Juni 2024 – Dengan bangga team kelompok HIBAH MBKM UNS dengan SKIM Riset (ID 836) menyelenggarakan acara sosialisasi bertema “Penguatan Bahasa Indonesia” pada tanggal 8 Mei 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap Bahasa Indonesia di kalangan siswa sekaligus memperkuat penggunaan bahasa nasional yang baik dan benar.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh 59 siswa serta para guru dan staf sekolah. Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber yaitu Dwiana Nur Rizki, S.Pd. dari Duta Bahasa Jawa Tengah dan Kenes Ratu Pawestri sebagai Pengajar BIPA, yang memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya Bahasa Indonesia sebagai identitas nasional dan alat komunikasi sehari-hari.

Dalam sambutannya, Kenes Ratu, narasumber yang hadir dalam acara ini, menekankan pentingnya budaya dalam mendukung internasionalisasi bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia tidak hanya sebuah alat komunikasi, tetapi juga sebuah pintu gerbang untuk mengenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada dunia. Diskusi yang dipimpinnya menggali bagaimana nilai-nilai budaya dapat diterjemahkan melalui bahasa, memperluas pemahaman siswa tentang signifikansi bahasa Indonesia di tingkat global.

Sementara itu, Dwiana Nur Rizki, S.Pd, yang juga menjadi pemateri, memberikan pandangannya tentang pentingnya pembiasaan penggunaan bahasa Indonesia di lingkungan sekolah. Sebagai bahasa nasional, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar harus diterapkan dalam semua aspek kehidupan sekolah. Materi yang disampaikannya mengajak siswa untuk lebih peduli terhadap ragam bahasa dan konteks penggunaannya, baik dalam situasi formal maupun informal.

Antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan ini sangat terlihat sejak awal acara. Mereka tampak bersemangat dan aktif berpartisipasi dalam setiap sesi yang diselenggarakan. Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Ngargoyoso, Bapak Agus Sutomo., menekankan pentingnya menjaga dan melestarikan Bahasa Indonesia di era globalisasi ini. “Bahasa Indonesia bukan hanya sekedar alat komunikasi, tetapi juga simbol kebanggaan dan identitas kita sebagai bangsa. Melalui kegiatan ini, kami berharap siswa dapat semakin mencintai dan menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Bapak Sutomo.

Pihak SMP Negeri 1 Ngargoyoso menyambut baik kegiatan ini sebagai bagian dari upaya sekolah dalam memperkokoh identitas bahasa Indonesia di kalangan siswa. “Melalui sosialisasi seperti ini, kita tidak hanya mengajarkan bahasa, tetapi juga mengenalkan keberagaman budaya yang kaya di Indonesia kepada generasi muda,” ungkapnya.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan para siswa SMP Negeri 1 Ngargoyoso tidak hanya menjadi lebih mahir dalam menggunakan Bahasa Indonesia, tetapi juga semakin mencintai bahasa yang menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain untuk terus menggalakkan program-program yang membuat siswa bangga terhadap Bahsa Indonesia.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment