Soloensis

Strategi Melakukan Investasi Reksa Dana yang Benar Biar Untung Maksimal

Strategi investasi reksa dana yang pas harus diputuskan dan dilaksanakan supaya kamu dapat mendapatkan keuntungan yang optimal. Walau pada intinya menabung teratur ialah langkah yang direferensikan untuk investasi reksa dana, rupanya ada banyak taktik yang lain.

 

Strategi itu dapat dicoba untuk tingkatkan keuntungan modal yang didapatkan. Apa saja strategi tersebut? Yok, simak beberapa strategi melakukan investasi reksa dana dari kami berikut ini.

 

1. Dollar-Cost Averaging

Menurut Investopedia, dollar-cost averaging ialah strategi investasi yang bisa dilaksanakan untuk reksa dana di mana investor membagi jumlah keseluruhan uang yang akan diinvestasikan secara rata untuk pembelian periodik. Taktik ini tidak berbeda jauh dengan angsuran, yakni bayar atau menabung jumlahnya uang yang serupa dalam masa teratur, umumnya satu bulan sekali tidak perduli apa saja yang terjadi.

Dollar-cost averaging ialah taktik yang pas untuk investor yang ingin melakukan investasi secara aman tanpa menyaksikan turun-naiknya harga saham. Taktik ini lebih cocok bila kamu berencana investasi reksa dana periode panjang untuk memperoleh keuntungan yang optimal.

Maka tidak boleh tergesa-gesa menarik keuntungan bila pilih taktik investasi yang ini. Bagusnya, taktik ini diaplikasikan dengan kombinasi investasi obligasi dan ekuitas untuk mengecilkan probabilitasmu alami rugi.

 

2. Market Timing

Mencuplik The Balance, market timing ialah strategi investasi reksa dana di mana bukannya memerhatikan nilai investasi, investor malah memprediksi peningkatan atau pengurangan harga yang tetap beralih-alih. Bila kamu ingin lakukan investasi dengan taktik ini, seorang investor harus mempunyai pengetahuan yang bagus berkenaan keadaan IHSG dan gerakan imbal hasil obligasi.

Yang perlu dicurigai berkenaan taktik ini ialah dorongan emosi yang berbuntut pada perlakuan yang ceroboh. Beberapa investor justru lakukan kekeliruan beli harga mahal dan menjualnya saat harga pasar sedang turun, hingga malah alami rugi.

Walau resikonya tinggi sekali, sekali atau 2x sukses saja, keuntungan yang kamu peroleh dapat besar sekali. Karena itu, taktik ini cukup terkenal terutamanya antara beberapa investor eksper.

Baca : Keuntungan Investasi Reksa Dana

3. Lump Sum

Trick investasi reksa dana dengan sistem lump sum dilaksanakan dengan lakukan 1x pembayaran dalam skala besar. Investor dapat lakukan taktik lump sum di awal investasi. Sesudah lakukan investasi dalam skala besar ini, tak perlu kembali menambahkan dana.

Taktik lump sum untuk investasi reksa dana dipandang pas untuk beberapa orang yang berpendapatan tak tetap, hingga tiap memperoleh uang, penghasilannya diinvestasikan untuk reksa dana. Taktik ini cukup memberikan keuntungan apa lagi bila dilaksanakan di saat yang pas, karena dengan demikian kamu langsung akan dapat memperoleh untung yang besar.

Seperti pasar timing, taktik ini juga perlu kepiawaian dalam menyaksikan keadaan pasar untuk tentukan saat yang pas untuk investasi.

 

4. Buy and Hold

Para investor pasif benar-benar menyenangi taktik investasi buy and hold untuk reksa dana. Mereka disebutkan investor pasif karena sesudah menyerahkan beberapa uang untuk investasi, beberapa investor ini akan mendiamkannya untuk periode saat yang lumayan lama.

Tidak perlu memerhatikan gerakan harga di pasar, karena umumnya cukup dengan simpan untuk waktu lama, nilai investasi akan naik terus dan bawa untung yang besar. Tentu saja, taktik investasi ini memerlukan kesabaran dan kendalian diri yang bagus.

Biasanya, investor yang pilih taktik buy and hold simpan asset investasinya minimum 15 tahun untuk meminimalisir resiko rugi. Buy and hold adalah taktik investasi yang termudah dan aman terutamanya bila kamu pemula.

 

Nah, itulah beberapa strategi melakukan investasi reksa dana yang umum dipakai para investor. Mana yang akan kamu tentukan? Janganlah lupa tulis di kotak kometar yaa. Mudah-mudahan artikel kali ini berguna dan terima kasih.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment