Soloensis

4 Aplikasi Membuat Komik Terbaik di PC, Wajib Coba!

Membaca penjelajahan beberapa watak kecintaan di komik memang mengasyikan. Tetapi, lebih hebat kembali jika kamu dapat buat sendiri figur dan alur cerita seperti yang kamu ingin. Tidak perlu cemas, tanpa perlu repot harus sediakan alat, kamu dapat lihat referensi program membuat komik berikut!

 

Membuat suatu komik memang memerlukan ketrampilan khusus dan bermacam perlengkapan simpatisan. Kecuali imajinasi dan kekuatan menggambar oke, kamu harus mempunyai tools yang pas untuk menolongmu dalam membuat mahakarya komik yang kamu inginkan.

 

Beberapa komikus umumnya mempunyai sebuah studio khusus yang diperuntukkan menjadi tempat mereka berkreasi. Kecuali masalah tempat, perlengkapan yang dipakai harus juga oke dong. Apa lagi di jaman digital yang serba hebat ini, kamu dapat membuat komik cukup dengan bersenjatakan handphone dan program.

 

Jadi jika kamu telah senang nikmati penjelajahan jawara favoritmu di beberapa situs baca komik referensi ApkGooglePlay.com awalnya, saat ini kamu bisa juga membuat sendiri dengan referensi program membuat komik di PC ini. 

 

1. Clip Studio Paint Pro

 

Pilihan program membuat komik pertama di daftar ini ialah Klip Studio Paint Pro atau yang awalnya dikenali bernama Manga Studio. Software ini mempunyai beberapa pilihan contoh yang disokong dengan toolset dan feature terbaru, dan file compatibility yang besar.

 

Klip Studio Paint Pro telah mempunyai alat gambar berbentuk pencil, paints, markers, airbrushes dan shading tools. Semua tools itu akan memberikanmu kendalian penuh untuk ekspresikan kreasi dalam membuat watak dan background seperti bayang-bayangmu.

 

Kurang senang sama ukuran brush yang ada? Langsung buat brush kustom yang bagus untuk proses menggambarmu. Klip Studio Paint Pro juga cocok dengan bermacam piranti pen tablet untuk project menggambar kompleks dan hasil lebih alami.

 

Untuk menampung beberapa pemula yang baru mencoba dunia komik, Klip Studio Paint Pro juga diperlengkapi dengan bermacam template posisi dan watak siap gunakan, terhitung dalam mode 3D. Jadi kamu tidak perlu ketidaktahuan dan berusaha susah payah ketika akan mengawali membuat komikmu.

 

Bila kamu memang ingin serius memperdalam sektor komik, program ini menjadi opsi terbaik untuk menolongmu memulai profesi dan merealisasikan bermacam gagasan yang kamu punyai.

 

2. ComiPo!

 

Lanjut lagi nih, program membuat komik yang lain tidak kalah oke, ComiPo! Program yang dahulunya dinamakan Manga Maker ini ialah alternative untuk kamu yang ingin merealisasikan gagasan inovatif dengan membuat komik idaman.

 

ComiPo! secara eksklusif mengarah sasaran pasar orang pemula dan beberapa pemula yang masih belum eksper dalam membuat komik. Hal itu tercermin dari kosongnya drawing tools di program ini. Sebagai tukarnya, kamu cuman bisa pilih komponen yang telah ada dengan mekanisme drag dan turun.

 

Eits, tidak boleh cemas, malah jika kamu senang yang simpel-simpel, software ini bisa menjadi alat terbaik yang dapat menolongmu membuat komik cuman dalam beberapa saat. Dimulai dari pengerjaan watak sampai jadi komik penuh, kamu dapat habiskan waktu cukup sepanjang 10 menit saja loh!

 

Comic maker ini telah sediakan lima preset watak yang dapat kamu ganti seperti keinginan, seperti sepatu sampai warna rambut. Kerennya kembali, kamu tidak perlu repot mengendalikan gaya watakmu dengan manual, cukup tentukan dari 100 gaya dan gestur yang ada. Oke kan!

 

3. Clip Studio Paint EX

 

Masih dari 1 produsen yang serupa, program membuat komik di bawah ini ialah versus upgraded dari Klip Studio Paint Pro, yakni Klip Studio Paint EX. Walau berawal dari perusahaan yang serupa, program ini tawarkan beberapa feature tambahan yang lebih baik dibandingkan versus awalnya.

 

Keunggulan khusus yang dibawa oleh Klip Studio Paint EX ialah pada tambahan script tools yang lebih powerful dan jumlah frame yang tidak terbatas untuk proyekmu. Jadi kamu siap kerjakan buku komik yang lebih kompleks.

 

Scripting tools pada program ini mempunyai page manajer yang akan menolongmu mengendalikan dan menambah nomor halaman, batch process, ekspor dokumen, dan membuat lebih dari 100 halaman untuk menulis cerita ceritamu.

 

Sayang, versus ini belum diperlengkapi dengan feature spell checker untuk memeriksa tulisan. Jadi kamu harus tambahan cermat saat menulis langsung di kolom program atau meng-copy paste tulisan dari Microsoft Word. Faktor tulisan harus betul-betul kamu lihat bila ingin membuat buku komik yang berkualitas.

 

Bagi beberapa seniman professional, kamu akan nikmati proses pengerjaan komik di program ini. Kamu dapat mengendalikan drawing tools untuk bikin penampilan dan penekanan yang sesuai kemauanmu. Pustaka preset-nya oke sekali dengan beberapa macam komponen untuk komikmu.

 

4. Comic Draw

 

Next, kami ada referensi program membuat komik khusus bagi beberapa pemakai iPad, Comic Draw. Program comic maker garapan Plasq ini ada secara terbatas di iPad. Kamu dapat mengawali merealisasikan kreasi mimpi dengan bermacam tools yang ada di Comic Draw.

 

Baik itu pemula, sampai ke tingkat professional, Comic Draw ialah program yang pas untuk bikin komik dengan gampang cuman dengan bekal handphone. Menggambar watak dan komponen-komponen komik yang lain akan menjadi lebih ringkas dengan brush, ink colors, dan tools lain di program ini.

 

Apa lagi jika membuat menggunakan digital pen, hasil gambaranmu pasti menjadi lebih oke. Tool yang lain tidak kalah bermanfaat ialah script maker yang dapat menolongmu membuat dan mengganti diskusi untuk plot narasi.

 

Kamu bisa nikmati semua feature Comic Draw yang ada dengan gratis di versus free trial sepanjang 14 hari. Sesudahnya, kamu dapat beli versus penuh program dimulai dari harga Rp. 100.000 untuk program dasarnya. Harga ini terhitung murah loh bila dibanding dengan program semacam.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment