Soloensis

5 Manfaat Kopi bagi kesehatan Tubuh

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Kita ketahui Bersama sesuatu yang serba terlalu itu tidak baik. Seperti terlalu addict minum kopi memiliki dampak yang kurang baik. Sudah menjadi rahasia umum apabila terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa mengakibatkan insomnia dan rasa cemas yang berlebihan. Eits,tunggu dulu,Jangan hanya dilihat dari sisi negatifnya saja, coba telisik manfaatnya. Ternyata, berdasarkan hasil penelitian menemukan manfaat kopi yang bisa menangkis beberapa penyakit berbahaya.

Kopi memiliki kandungan antioksidan yang baik dibandingkan antioksidan dari sumber lain, seperti buah dan sayuran. Dalam sebuah penelitian, manfaat kopi yang diminum dengan sedikit gula dapat memberikan efek positif lebih banyak dari efek negatifnya.

Minuman yang sedang naik pamornya ini, yang  wajib masyarakat Indonesia nikmati  sebelum memulai aktivitas di pagi hari ini. Ternyata mempunyai berbagai macam khasiat lho. Berikut adalah 5 manfaat Kopi bagi kesehatan tubuh yang dilansir dari situs https://doktersehat.com yang jarang diketahui.

 

1. Mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa semakin sering Anda meminum kopi tanpa gula. Semakin kecil kemungkinan terkena risiko diabetes tipe 2.Hal ini diperkuat dengan survey yang dilakukan oleh UCLA School of Public Health and Medicine yang melibatkan lebih dari 700 perempuan di tahun 2011. Hasil survey menyimpulkan, apabila wanita menopause meminum 4 cangkir kopi sehari mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 50 persen.

Pada tahun 2009, para peneliti Australia menemukan manfaat kopi untuk mengobati diabetes. Mereka menyatakan bahwa setiap tambahan satu cangkir kopi dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 7 persen. Penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal “Archieve of Internal Medicine”.

Khasiat kopi dianggap bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan glukosa yang penting bagi metabolisme tubuh, serta mencegah hancurnya proses produksi sel insulin. Selain itu, kopi meningkatkan kadar protein yang disebut hormone seks pengikat glabulin dalam darah (sex hormonebinding globulin/SHBG), yang memberikan perlindungan terhadap diabetes tipe 2 pada orang yang memiliki kelainan genetic.

2. Manfaat Kopi Untuk Melawan Kanker 

Kopi pernah diyakini sebagai penyebap kanker. Namun, peneliti tidak mempertimbangkan faktor lain,seperti kebiasaan merokok dan minum alkohol. Kini, manfaat kopi terbukti bisa melindungi tubuh dari kanker tertentu dengan memperbaiki DNA.

Penelitian lain mengatakan kalau minum kopi dapat melawan risiko kanker usus besar,kanker dubur, kanker mulut, dan kanker kerongkongan.

Kopi mengandung ratusan senyawa kimia, diantaranya senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat aktif, seperti methylpyridinium. Kopi espresso memiliki 2 sampai 3 kali lipat jumlah senyawa antikanker.

3. Menurunkan risiko demensia (pikun)

Kebiasaan meminum kopi hangat bisa menurunkan risiko tersebut. Para peneliti dari Swedia dan Denmark mengadakan survei terhadap lebih dari 1.400 orang dewasa yang mengonsumsi kopi setiap hari. Mereka yang minum 3 hingga 5 cangkir kopi perhari, 65 persen lebih rendah terkena risiko demensia daripada yang hanya meminum dua cangkir atau tidak sama sekali. Antioksidan dari kopi dapat bekerja untuk mengurangi bentuk demensia vascular.

Penelitian lain yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa kafein dalam kopi dapat meningkatkan efisiensi penghalang darah otak. Menggagalkan efek negatif dari kolestrol tinggi pada fungsi kognitif, serta kemungkinan meningkatnya energi yang membuat Anda lebih aktif

4. Melindungi tubuh dari penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson disebapkan karena adanya gangguan pada otak, yaitu sistem saraf pusat otak manusia yang mengalami kemunduran. Penyakit ini ditandai dengan ketidakteraturan pergerakan, kesulitan pada saat memulai pergerakan dan kekakuan otot.

Untuk itu, manfaat kopi membantu menurunkan risiko penyakit Parkinson bagi kaum pria. Pria yang mengonsumsi 2 hingga 3 cangkir kopi berkafein setiap hari memiliki risiko 25 persen lebih rendah terkena Parkinson.

Awalnya peneliti tidak yakin jika kafein cukup bermanfaat melindungi pria dari Parkinson. Namun,sebuah penelitian menemukan GRIN2A, yang tampaknya dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit ini.

5. Mencegah depresi

Khasiat kopi dapat menurunkan risiko depresi menurut beberapa peneliti. Para Ilmuwan dari Harvard School of Public Health melaporkan jika orang yang minum empat cangkir kopi atau lebih per hari memiliki risiko 20 persen lebih rendah mengalami depresi. Sedangkan orang yang mengonsumsi dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko 15 persen lebih rendah. 

Itulah 5 manfaat kopi bagi kesehatan tubuh.  Jadi, Tidak perlu khawatir asal pas porsinya justru Kopi memberikan berjuta manfaat.  

Beberapa waktu yang lalu ada kopi kekinian yaitu Kopi M by Merry Riana. Kamu bisa mencobanya. Kopi M juga bisa dipesan melalui Go Food & Grab food. Berbeda dengan kedai kopi pada umumnya. Kedai kopi milik Miss Merry Riana ini mengusung konsep revolusioner. Dimana revolusi hidup itu dimulai dari segelas kopi.Merry Riana (Entrepreneur, Influencer, Educator) ingin menunjukkan bahwa motivasi bukan hanya melalui sesi seminar saja. Bukan hanya melalui kata-kata saja namun memotivasi dapat dilakukan lewat bidang F&B. Karena sang pemilik adalah seorang Motivator muda yang tentunya kamu pun akan ikut termotivasi setelah meminum kopinya. Jadi rasakan kesegaran kopi dengan sensasi semangat berjuang.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Rudi Harto

- Passionate Runner
- Training Specialist

1 comment

  • Di masa pandemi corona saat ini pasti merasakan jenuh atau bosan karna #dirumahaja dan ga bisa kemana-mana ? inilah solusi yang tepat untuk anda dan bisa lsg buka di google,lalu search atau cari QQHARIAN guys. Karna disitu bisa usir rasa jenuh anda dgn bermain game online. lagian juga ada promo serta banyak hadiah yang Wow,tergila,tergokil,ternyala dan pastinya bukan kaleng2 guys.